Belajar membuat tas

Kira-kira 2 bulan yang lalu aku isenk membuat tas. Caranya liat di bukunya Deena Beverley ‘”20 Tas Unik Nan Cantik” yang aku beli di Gunung Agung. Memang waktu itu aku lagi kepengen bikin tas, cari-cari buku, eh dapet buku ini. Isinya recommended loh, tas-tas yang dipajang di buku bener-bener cantik, bikin semangat bikinnya. Sampai sekarang aku masi suka ngubek2 cari buku ‘membuat tas’ lagi, tapi belom ketemu yang bagus. Ngincernya sih yang buku punya luar (terjemahan) soalnya tas-tasnya bener-bener cantik, kaya beli di toko gitu hihihi. Anyway.. ini hasilnya TARAAAA… tas pertamaku :cool:

 

tas bunga
 
tas bunga

¬†Bikinnya bener-bener perjuangan… Aku pikir bikin tas gini cuman 2-3 hari, ternyata seminggu lebih bok! Soalnya aku jahit pake tangan, gak pake mesin jahit. Sebenernya aku buta dunia jait menjait, yang aku tau tuh cuman jait jelujur biasa. Untungnya di halaman paling belakang buku ini ada beberapa petunjuk berbagai macam tusuk (jelujur, selip, dll). Dan thanks juga buat seorang temanku lulusan fashion design yg berbaikhati mengajariku apa itu ‘tusuk selip’ hehehhe.

Sekarang daku lagi bekerja di proyek tas kedua. Yang ini ketunda-tunda terus deh.. Smoga cepet selese dan bisa aku pajang lagi disini :)

About these ads

41 thoughts on “Belajar membuat tas

  1. Hai mbak
    weh.. baguuuuuus banget tuuu tassss.. wah ngiler deh ngeliatnya.
    bahan nya dari apa aja mbak.. kebetulan aku ada mesin jahit, tapi gak bisa jait :(
    but daripada nganggur pengin iseng bisa bikin tas bagus kaya mbak.

    • Dear Abdellah,
      Bahannya:
      – 2 macam kain (1 buat lapisan dalam, 1 buat lapisan luar tas – disini aku pilih kain yg bertekstur kasar & bercorak indah)
      – Bahan pengeras / fiselin (disetrika ke lapisan luar tas supaya keras)
      – Benang jahit
      – Pita dan mutiara untuk hiasan korsase
      Untuk lebih jelasnya, lengkap dengan ilustrasi pembuatannya, coba lihat di buku 20 TAS UNIK NAN CANTIK karangan Deena Beverley terbitan Gramedia. slamat mencoba ya!

  2. lam kenal..tasnya cute bgt..kebetulan aq jg lagi pengen coba2 buat tas gimana..searching googledapet nyonya kecil..thx for d info yah..and god luck with your nu project..nti sharing lg ya..

  3. mb…tolong dunk ajarin aku buat tas sendiri….
    bahan and cara yang lengkap gmn..??
    aq pengen bgt kayak mb bs buat tas sendiri….

  4. bagus bgt tasnya, aku pgn bgt buat tas lucu2 dan assesoris, kira2 ada ga tempat kursus untuk buat tas lucu dan assesoris?

    • Mbak lokasi dimana? kalo di semarang setahu saya ada di Satria, toko bahan-bahan kerajinan di jl.Pemuda. belajar otodidak lewat tutorial2 di blog bisa juga lho :)

  5. Saya ingin belajar membuat tas dari A to Z,apakah ibu bisa membantu saya? Info lokasi yang bisa saya kunjungi dimana?

    Terima kasih

  6. waaaaaaaaaah hebat mbak!! 4 thumbs up for you! :). Nggak sangka jahitan tangan. Saya pengen banget bisa buat tas sendiri, saat ini cuma bisa jahit lurus dengan mesin. Tapi nggak bisa masukin benang ke jarum mesin :(….(kalau mau pakai mesin harus minta tolong tetangga sebelah untuk pasang benang). Lihat hasil karya mbak Stefanie, semangat ikutan dengan cara manual. Saya baru dapat buku “Kreasi Tas dan Dompet buatan sendiri” lengkap dengan tutorialnya keluaran DEMEDIA (ada di Gramedia). Basicnya bisa dilihat dibuku ini, tinggal kreasi padu padan saja. Sebelumnya saya mikir lamaaa gimana caranya buat tas, kalau masukin benang ke jarum mesin aja nggak lancar-lancar. Tapi begitu saya browsing eh nemu blognya mbak…semangat lagi deh! Saya juga coba menghubungi ibu Irma untuk ikut kursus dengan kekurangan saya ini. Karena pengen cepat praktek, saya ikut cara mbak dulu….thank’s a lot for share yah mbak..ditunggu posting selanjutnya ;)

    • oo bagus skali klo bisa ikut kursus mbak Irma, beliau di jakarta ya? Saya di semarang sih, jadi jauh :D
      Klo soal masukin benang ke mesin, kadang2 klo saya udah lamaa banged ga pake mesin trus lupa caranya, saya baca aja buku manual mesin jahitnya lagi. Ilustrasinya lumayan simpel dan jelas hehehe. Kalo buku manual kamu uda hilang, minta diajarin tetangga caranya trus catet aja di buku pake gambar, biar ntar bisa diliat lagi klo lupa :D

      Thanks Alia, salam kenal ya, moga2 jadi tas nya trus bisa diposting di blog (err bikin blog dulu ya!). Semangat!

  7. Ping-balik: Hobi Baru di Hamil Kedua | Nyonya Kecil

  8. Mbak…supaya tasnya kaku pakai apa ya.Pake busa yang jenisnya gimana? dab pake kain kerasnya yang tipe gimana?..apa kain keras yang buat jahit kerah baju itu ya mbak!…..Makasi udah bagi2 ilmunya ya mbak.

    • pake kain keras namanya fiselin. Bisa pilih sendiri ketebalannya di toko kerajinan tangan. Kalo kerah baju aku gatau soalnya ga pernah jahit baju. Ada tas bikinanku yg pake kain keras saja, ada yang pake kain keras didobel busa biar kesannya kokoh tapi lebih empuk

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s