Tutorial Tas Handmade Pink Bunga

Karena banyaknya permintaan dari para pembaca blog, maka kucoba bikin tutorial dari tas di postingan yang ini.

Karena uda aga lama bikinnya, dan waktu itu ga banyak moto2, maapkan ya kalo tutorialnya agak sulit dimengerti. Tapi aku harap pembaca yang pinter-pinter ini tetep ngerti dan bisa berimajinasi sendiri (maksa). Hehe mari dimulai..

Bahan:
- kertas karton
- kain katun motif bunga (untuk luaran)
- kain katun polos warna merah (untuk daleman)
- kain keras
- 1 ristluiting
- 1 selang plastik
- 4 gasper kuningan

Alat: gunting, benang, jarum, setrika

Cara:
1. Buatlah pola terlebih dahulu di kertas karton. Untuk tas ini dibutuhkan 3 pola, ukuran pola sebenarnya terserah, tergantung ingin membuat tas yang besar atau kecil. Sebagai perbandingan, kucantumkan ukuran pola tas yang kubuat.

- 1 trapesium untuk sisi depan (A) dan sisi belakang (B) -> atas: 8,5cm; bawah: 31,5cm; kanan-kiri: 18,5cm 
 - 1 persegi panjang untuk sisi kanan-bawah-kiri (C) -> 65 x 12cm
- 1 persegi panjang untuk sisi atas: kanan ristluiting (D) dan kiri ristluiting (E). -> 33 x 5cm

Gunting pola yang sudah jadi.

2. Rentangkan kain pink bunga di atas ubin, dengan corak menghadap ke bawah. Lapisi dengan kain keras diatasnya. Lalu setrika supaya kain keras menempel di kain pink bunga. Sekarang kain pink bunga sudah menempel dengan kain keras di baliknya.

3. Salin pola karton tadi di kain pink bunga yang sudah menempel dengan kain keras. Gunting sesuai pola.

Lakukan yang sama dengan kain merah polos (tidak ditempel di kain keras).

4. Dengan sisi bagus saling berhadap-hadapan, jahit A dengan C, lalu C dengan B. Membentuk sebuah kantong tas dengan terbuka di atas.

sisi jelek

sisi jelek

sisi bagus

Lakukan yang sama dengan kain merah polos. Sisakan bagian yang tidak dijahit, biarkan berlubang kira-kira 10 cm, ini namanya ‘lubang sisa’.
Kalau suka, bisa tambah jahit kantong di bagian dalam. Kantong ini dari kain merah dilapis kain keras.

kain merah dilapis kain keras untuk membuat kantong

5. Jahit potongan kain pink bunga berlapis kain keras (ukuran 5 x 3cm) ke badan tas. Ini untuk cantolan gesper.

6. Untuk sisi atas, D dan E akan disatukan oleh sebuah ristluiting. Dengan sisi bagus berhadap-hadapan, jahit D dengan ristluiting, lalu ristluiting dengan E.

7. Gunting dua buah persegi di kain pink bunga berlapis kain keras. Namakan ini F dan G. Lipat F lalu jahit di masing-masing ujung D dan E, lipat G lalu jahit di ujung yang lain dari D dan E.

8. This is the tricky part.. Di balik sisi bagus ristluiting (sisi D dan E dan ristluiting yang sudah menyatu, mari sekarang kita sebut ‘sisi atas’), jahitkan sisi kain merah polos (yang sama persis ukuran dengan D) di ristluiting bagian bawah. Lalu jahitkan kain merah polos (yang sama persis ukuran dengan E) di sisi ristluiting yang satunya lagi.

Jahit ‘sisi atas’ ini dengan daleman kain merah polos, dengan sisi jelek di luar dan sisi bagus saling berhadapan.

9. Jahit sisi atas ini dengan kain pink bunga (yang sudah berbentuk tas terbuka), dengan sisi bagus menghadap ke dalam.

10. Melalui ‘lubang sisa’ kain polos merah yang tadi tidak dijahit, tarik dengan hati-hati seluruh kain tas. Sehingga sisi yang bagus akan berada di luar. Tahapan ini namanya ‘membalik tas’. Setelah dibalik, maka akan jadi seperti ini:

11. Jahit ‘lubang sisa’ tadi dengan tusuk selip sehingga tertutup dan tidak ada lubang lagi. Masukkan daleman kain merah ke bagian dalam tas.

12. Mari kita membuat handle tas. Handle ini terbuat dari selang plastik seperti ini:

selang plastik

Lalu lilitkan kain pink bunga di selang plastik, lipat kelim masing-masing sisi dan jahit. Biarkan beberapa cm di ujung lepas tanpa dijahit. Potong selang sesuai panjang handle yang diinginkan.
Selipkan ujung selang berlapis kain di gasper. Jahit.

handle tas

Jadilah sudah: tas pink bunga ala stefanie ;)

tampak luar

tampak dalam

Sekian. Smoga membantu para pecinta tas handmade yah :)

PS: Kayanya ini postingku dengan foto terbanyak deh hahaha!

About these ads

102 thoughts on “Tutorial Tas Handmade Pink Bunga

    • Ngga ada, Mel. Tapi kalo ada kain keras dengan efek busa, aku mau dunk! Soalnya klo kain keras doank emang kurang soft, klo busa doank kurang keras. Di project tas setelah ini (belum dipost) aku pake kain keras+busa hehehehe.

  1. eh eh aku baru baca, :) aku kemaren pake kaen keras, terus tempelnya ke busaaaaaaaaaa :D berhasil ko. coba deh, tp ya ga bisa tempel di kainnya, agak pe-er jg utk biar ngepas di kain, tp gpp, efeknya lebih enak.
    cobain dehhhh…..
    kain keras yg ada efek busa itu kalo di luar negri adaaaaa, di sini aku blm nemu :( ngakal2in aja dulu

    terus yg tutorial itu pake kain keras+busa yg spt apaa??
    ayo upload doong, ntar lagi aku upload jg punyaku yaaa….sering main2 ya, update jg sering2 doong jeng…*toyor kepala sndiri*

    • hehe oh gitu ya? punyaku juga kain keras + busa. kainkerasnya sih nempel pake setrika biasa, trus aku selotip busa ke kain kerasnya hehehe :D kira2 sama ya? Blom aku post, masi kurang handle nya nihh. Dan bukan tutorial loh, soalnya aku terlanjur ga foto2in waktu proses bikinnya. Ntar nge post barang jadinya doank.

      iya sering2 berkunjung ya.. ntar aku tengok juga tas mu :D asik2 jadi semangat

  2. waaah… senengnya, akhirnya ketemu nih web, dulu sebelom aktif nge-blog aku pernah terdampar disini deh, waktu itu postingan ttg tas ini tapi belom ada tutorial-nya.. trus aku lupa lagi alamat blog-nya apa.. eh, akhirnya berjodoh juga dengan nyonyakecil.
    TFS ya say.. salam kenal :)

  3. Kenalan dunk ..

    saia juga seneng jait tas dari bahan blacu dan pengen banget kursus khusus jait tas kaen .. tapi ga ada
    ada ga ya buku yg bisa dipelajari otodidak yg mudah di pahami?
    info in ya ..
    trimakasih seblumnya

    - saudah ummu uwais -

    • halo salam kenal mbak Saudah,
      ini ada buku bagus yang ngajarin bikin tas dan simple : buku oleh Deena Beverley judulnya ”20 Tas Unik Nan Cantik”. Coba deh dicek di Gramedia ato TGA masi ada gak bukunya. sy belajar otodidak dari sana kok :)

      • Nyonya Kecil ..

        Kebetulan buku yg di rekomen … ak sudah punya .. tapi polanya minim skali ya … ak lum bisa memahami … : (

        Hmm … emang ga ada ya, kursus khusus njait tas?
        Nyonya Kecil tinggalnya jauh? Kalo deket, ak mo minta di ajarin njait tas .. : D

  4. salam kenal mba .. ,
    aq mau tanya lem keras sama kain keras itu sama ga?
    kain keras yang di pakai untuk tas sama ga dengan yg biasa untuk kerah baju? kemarin aq beli kain keras tapi pedagang tokonya ga ngerti , aq jelasin yg biasa untuk pelapis kain yg di strika , pedagangnya bilang itu lem keras , akhirnya aq beli itu udah di potong2 sama penjualnya ukuran 1m , tapi pas aq pake nempel c tapi ko g kaku ya?

    Aq juga punya buku deena beverly , tapi aq malah bingung , aq lebih ngerti liat tutorial di blog ini

    • salam kenal juga mbak Indah,
      kliatannya beda yah. Kalo kain keras ini mirip (atau sama) dengan fiselin. Fiselin itu kain keras pelapis kain tas, yang ada perekatnya sehingga nempel waktu disterika. Kalo untuk tas pink bunga ini aku pake kain keras yang ga ada perekatnya, jadi emang ga bgitu nempel pas disterika, cuman kan abis itu dijahit jadi tetep nempel, kalo kurang nempel sih aku pake selotip perekat bolakbalik hahaha :D
      Biasanya dijual di toko craft gitu yah, kain keras ada yang tipis banged/lemes sampe paling tebel/keras. Untuk tas ini aku pilih yang paling keras dan kaku.
      Mudah2an jelas ya..

    • Berhubung waktu bikin tas ini saya ga pake mesin jahit dan cuma jahit tangan, saya ga brani masukin barang terlalu berat dan banyak. Tapi kalo pake mesin jahit saya percaya jahitannya cukup kuat untuk membawa banyak barang dalam tas :)

  5. Salam kenal mba..
    Wooowww… kereeennn….. Saluuuttt.. mba.. Bikin tas gini pake mesin juga susah.. eh pakai tangan…

    Tks mba tutorialnya.. aku juga lagi pingin belajar bikin tas kayak gini

  6. baguus tasnya , pengen bikin aah xD
    tp ngga semudah yg dibaca, mski tutorialnya udh jelas banget .hehehe
    mbak, bingung step 7 sampe 11 :(
    buka kursus ngga mbak …?

    • hehe iya memang aga susah ya jelasin lewat foto + tulisan doank. mungkin bisa sambil coba-coba dulu jahit yang simpel dulu.
      maap sy ngga buka kursus, hehehe salam kenal ya

    • pake yang kaya karton. soalnya klo kain kerasnya yang tebel banged, biasanya emang ga ada lem nya. klo yang tipis baru ada rekatan/lem nya. itu di toko yg biasa aku beli sih gitu Mbak :)

  7. Sist, untuk mendapatkan semua bahan itu dimana ya…di jakarta adanya di daerah mana? Atau klo boleh rekomen nama toko dan alamatnya…krn saya belum menemukan tempat untuk membeli bahan-bahan membuat tas.
    ♥·♡☺•.•ŤћªªŇќķ•.•ўººU•.•☺♡·♥……

  8. Sist, apa kabar???
    Sist mau tanya, tempat untuk mendapatkan semua bahan itu dimana ya??? Kalau di jakarta di daerah mana? Atau mungkin bisa rekomendasikan ke saya nama toko dan alamat penyedia bahan2 itu.
    Terima kasih sist…

    • Tika maaf ya, saya domisili semarang jadi tidak bisa rekomen daerah jakarta karena sy sendiri nggak tau daerah jakarta. Coba search di google, siapa tau dapat info. mudah2an dapat yaa :)

  9. Baru ngeh ternyata pake selang juga yaa? Hehehhe…selang dibungkus busa lebih empuk x yaaa…..makasih ya ilmunyaa…Lg nyoba2 bikin tas batik nih…

  10. Bagus banget tasnya…tpi aq gak tau yg di maksud kain kerasnyA..biasanya belinya di toko apa…butuh berapa meter ya untuk bahan semuanya…

  11. haloo sist ,lucu bangeet tasnya!
    Oh iya mau tanya2 dong,kan kalo tas itu kadang ada pelapis kayak plastik biar tahan air gitu yg dijait langsung ma kainnya . Nah itu namanya apa sih ??
    Thankyouu ,salam kenal sebelumnya :)

    • hmm bisa ya klo kaennya cukup atau mau beda motif. selang aku beli di toko plastik selang gitu sih. Ukurannya ada banyak, aku pilih yang paling kecil

  12. Keren………… untuk pegangannya, sesudah kain dijait baru masukin selangnya, ato selangnya yg langsung dililit kekain baru dijait, mohon penjelasannya mbak.

    • selang dililit ke kain trus dijait. tapi jait kainnya ditekuk masuk ke dalam, sehingga ga ada sisi jelek kain yang terlihat. dan jaitnya pake tangan, makanya bisa masuk-masukin kaennya :)

  13. Ping-balik: Hobi Baru di Hamil Kedua | Nyonya Kecil

  14. Terharu baca tutorial ini…hiks, penasaran lihat orang2 bisa buat tas bagus banget, tanya gimana cara buatnya ngga ditanggepin…eeehhh blog ini malah kasih gratis tutorialnya !!! Ada hikmahnya juga ngga ditanggeoin oleh mereka, jadi tanya sama mbah google, dan ketemu ini akhirnya…Jeng Steph, terima kasih mau susah2 berbagi ilmunya…salam kenal ya.

  15. Wah mbaaakk tasnya bagus bangeet.. pgn cb praktekin..aku jg suka jait tangan, smoga bs jd jg yah hehee… oiya kl liat ukurannya itu bnr ga ya yg A dan B sisi atasnya kok cm 8,5cm? Kyaknya itu ga beda jauh sm yg 31,5cm disisi bwhnya. Ap yg bnr 18,5cm atau 28,5cm ya? Hehe.. critanya mo bkin ukuran beda mah takut kalo ga bs pas hihiii… tengkiu mbak….

  16. Mba .. Salam kenal ya Rini di kota Tarakan KALTARA ni.. Tasnya kerennnnn bgt … Saya masih bingung pasang resleting nya heeheeeheee
    Dan kl pakai kain keras ♈ãΩģ berlem g apa2kan mba ? Hehehe
    Tapi nanti saya cb2 lagi n pelajari lagi ….
    Makasii banyak … Post ♈ãΩģ sangat bermanfaat

    • Halo salam kenal Rini :) thank u yahh uda maen kemari

      iya sy pake kain keras berperekat, jadi klo disetrika baru nempel ama kainnya, tapi kadang ga nempel2 amat juga sih.. Klo ga nempel2 juga gw tambahin pake dobel tape dipinggir2nya hahahah
      Pasang restleting gampang kok, jahit jelujur aja di pinggirannya dengan kain dibalik.. susah dijelaskan tapi muga2 fotonya membantu yaa

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s