Pelajaran Memaafkan Hari Ini

Gimana sih rasanya ketemu mantan?

Hehehe baru-baru ini daku ktemu -well, mantan HTS tepatnya- di sebuah acara pernikahan. Jauh-jauh hari waktu undangannya nyampe, aku tau pasti bakal ktemu doi, soalnya yang nikah sodaranya sih. Kalo dikilas balik, uda ampir 5 tahun kita ga pernah ktemu setelah kejadian ‘itu’. Kejadian dimana memporakporandakan hidup dan hati daku (cieh bahasanya). Singkat cerita, waktu itu kira-kira 8 bulanan HTS an ama dia, uda HTS plus Long Distance pula! Komplit deh! Suatu hari di awal Januari 2005, ketika daku SMS ke HPnya, secara mengejutkan dia telpon interlokal dan bilang klo mantannya marah-marah karna mantannya baca SMS ku. Yang lebih shock lagi, kok bisa dia lagi di rumah mantannya (dia gak tinggal sekota lho sama mantannya)? Dan knapa pula mantannya marah-marah? Dan setelah semua itu menghantam otakku, dia bilang dia lebih memilih mantannya. Berbulan-bulan setelah itu, setelah acara tangis menangis sampai pagi, setelah berulang-ulang menghayati lagu Manusia Bodoh (lagi tren pas itu), setelah menangis di tepi Darling Harbor bareng seorang temen, finally I’m getting over him🙂

Setelah otakku ‘beres’ akhirnya daku sadar, selama ini aku terlalu naif. Mungkin sudah banyak kebohongan manisnya yang aku percaya. Bahkan mungkin selama ini dia tidak pernah putus dengan ‘mantannya’ (kalau emang cuma mantan, kenapa dia marah?  iya kan). Mungkin justru aku orang ketiga diantara hubungan mereka, entahlah aku tidak pernah tahu sampai hari ini. Dia tidak mengontakku enam bulan setelah itu. Tapi di tengah-tengah pemulihanku, Tuhan mempertemukan aku dengan seseorang yang baik, seiman, dan pelan-pelan aku mulai jatuh cinta dengannya, dialah sang misua tercinta hehehehe.

Dulu aku berpikir, suatu hari nanti kalo aku berpapasan dengan Mr. X, aku tidak akan menyapanya. Begitu bencinya aku pada dia dulu, sehingga aku sempat berdoa pada Tuhan dan memohon supaya aku tidak kepahitan dengan orang ini. You know, I’ve never hate someone like that before… No one hurt me like he did before. Tapi Tuhan baik, mama si Mr.X (aku juga kenal) juga sangat baik, sehingga hatiku pun sembuh seiring waktu berjalan. Beberapa hari lalu ketika kami bertemu, setelah 5 tahun tidak pernah berjumpa, aku bisa tersenyum menyalaminya dan memperkenalkannya pada misua. Aku juga sempat melihat pacarnya (masih yang sama dengan 5 tahun yang lalu itu) walau tak sempat dikenalkan. Tapi rasa cinta itu sudah tak ada, begitu pula rasa benci, yang ada adalah rasa bersyukurku sebagai seorang teman, bahwa dia juga bahagia saat aku bahagia. Dengar-dengar dia akan menikah tahun depan dengan pacarnya, dan aku turut happy kalau mereka juga bahagia🙂

Sekarang setelah aku melihat masa laluku, aku tidak menyesal karena pernah mengalami semuanya. Aku bersyukur pernah jatuh cinta dan sakit hati.

Kalau aku dulu tidak patah hati dengannya, bagaimana aku bisa bertemu dengan misua ku yang sekarang? Kalau aku tidak down berat, bagaimana aku bisa merasakan kedekatan dengan Sang Pencipta? (trust me, He is always there when no one is there). Jadi pada akhirnya, semuanya itu baik, indah pada waktu Nya😉

Satu lagi, pengalaman mengajarkan banyak hal. Tidak ada yang sia-sia. Aku belajar untuk menghargai orang di sisiku. Aku bisa share dengan teman-teman yang mengalami patah hati, diselingkuhi, dst karena toh aku pernah mengalaminya.. Aku bisa membagikan penghiburan+harapan buat mereka. Dan yang terpenting untukku, aku belajar untuk memaafkan.. Forgive and Forget is easy to say, but never easy to do.

QUOTE:

Sometimes God allows us to meet a few wrong people before meeting the right one, so that when we finally meet the right one, we will know how to be grateful.

Tinggalkan Balasan

