BS oh BS…

Aku bingung pilih babysitter itu kok kaya pilih anak aja ya? Ribetnya itu loh…

Hari ini aku janjian ktemu ama yayasan Babysitter. Critanya beberapa hari lalu, misua telpon yayasan minta babysitter dengan kriteria: berpengalaman, pokoknya smua dah bisa, kita bisa serahin total 100%. Dasarnya karna kita berdua nge blank soal ngrawat baby… Sempet sih terlintas di pikiranku, hmm serahin total 100%? kagak lah yaww.. cuman kalo emang dapet yang pinter ya gak nolak deh.

Nah hari ini kita berdua bergegas ke yayasan itu. Deg-deg an sih, abis aku gak pernah seumur-umur nginterview orang, apalagi pembantu or babysitter.. Bingung mo nanya apa ajah. Mo ajak mami, misua bilang gak usah, he insist to choose himself dan (katanya) dia pinter liat orang😀

Eh akhirnya kita dipertemukan sama BS yang dijanjikan. Umurnya 21, udah pengalaman 4 tahun, dan dia cman mau pegang baby baru lair doank, biasa setela 1 tahun dia akan kluar. Dia gak mau pegang balita (males kali klo balita nya nakal?). Yah kita nanya-nanya A,B,C blablabla… trus pamitan pulang untuk diskusi dulu dan janji mo ngabarin sorenya.

Begitu nyampe mobil, aku dan misua berpandang-pandangan. Mata kami berbicara: “Gimana menurutmu?” dan kita sama-sama ga sreg. DoH! Alasannya sih simple yet unreasonable..

Misua: “.. abis mukanya galak gitu”

Aku: “.. mukanya sok tau”

Ya, hanya karena ‘ga cocok sama muka nya’.. Aku jadi bingung mesti ngomong apa nih ke ibu yayasan tadi. Masa aku mesti bilang: “ga sreg karna mukanya galak, jutek, dan kayanya sok tau, Bu”..

Nah abis itu kita berdua mulai survey tanya orang-orang yang udah pengalaman punya baby. Pertama, Cici Ipar!

Cici Ipar : “Cari yang pengalaman aja dan umurnya agak tua. Kalo yang muda gitu, malem-malem suka ga bangun, akhirnya kita sendiri yang bangun malem-malem 2-3 jam sekali, trus percuma donk bayar BS mahal-mahal kan”

Temen A : “Pake babysitter pemula. Soalnya aku gamau serahin smua ke BS. BS ku cuman aku suru cuci baju dan botol dan beresin kasur. Gendong baby juga ga boleh. Soalnya aku kurang percaya klo serahin ke babysitter, maunya pegang sendiri. Jadi aku pilih yang pemula aja, toh ga butuh yang experienced. Oh ya kalo yang uda experienced gitu, bisa-bisa masukin obat tidur dicampur ma susunya loh.” <– tambah nakut-nakutin aja

Temen B : “Ga usah pake babysitter, tapi pake pembantu yang sayang anak kecil aja. Jadi bayarnya gak mahal. Anak, kita pegang sendiri, pembantu cuman untuk cuci-cuci doank.”

Temen B: “Aku ga pake babysitter. Soalnya ribet pake BS. Kalo pilih yang tua, nti susah dibilanginnya, kan dia udah pengalaman sedangkan kita masih ibu pemula. Kalo pilih yang muda, nti bodo, apa-apa ga ngerti. Lagian aku ASI eksklusif, jadi ga perlu pake BS.”

Lha nanya sanasini malah makin pusing deh. Smua ada kekurangan kelebihan. Aku sudah mikir-mikir untung ruginya, semakin dipikir semakin mau amsyong rasanya.

Knapa aku ga tanya mamiku? Karena dia cukup ngotot supaya aku pake BS tua yang udah dipekerjakannya bertahun-tahun, BS ini pegang aku dan adik-adikku waktu masi baby. Sedangkan misua gak setuju aku pake BS tua ini, alasannya sih karna kayanya susah dibilangin (ya iya lah, wong aku aja dirawat dia waktu baby, masa sekarang aku ngajarin dia ngrawat anakku? kalo aku ga stuju cara dia, pasti bisa ribet debatnya). Selaen itu aku juga ga yakin dia masih kuat gendong-gendong baby sih secara umurnya dah mo 50 gitu.

Dua hari lalu aku sempat gabisa tidur juga mikirin masalah babysitter ini, waktu itu sih bingungnya karna kamar pembantu udah penuh. Mo ditaro dimana BS ini nantinya? Tapi sekarang itu udah beres, cman tinggal cari BS yang cocok. Dan cari BS yang cocok ternyata gak gampang. Sekarang aku menetapkan kriteria:

mo pengalaman ato pemula, dua-duanya boleh yang penting mukanya baik (kriteria apaan nih??!)

Hm itu aja sih, kalo cara kerja kan baru tau setelah dia masuk kerja.

Misua yang optimis di awal soal pemilihan calon BS ini malah menyerah duluan. Belom-belom dia bilang: “Say kamu aja deh yang ngurus BS nya.. Aku pusing pilih yang mana, aku percaya kamu saja deh ya.” Yee.. dari awal juga aku udah pusing, tampangmu bilang.. ‘serahkan saja padaku’. Sekarang puyeng juga kan kamu? hahaha

PS: dilema ku ini mengingatkanku sama salah satu cerita di blog-book: GokilMom – diari seorang mami dodol. Ada satu cerita disitu soal BS yang.. gokil yet so true about babysitter. Baca deh.🙂

Any suggestion para ibu?

17 thoughts on “BS oh BS…

  1. Duh..puyeng juga yah masalah BS inih..cocok2an pula.

    Temen gua ajah ada yang 1 bulan bisa ganti 10 BS gara2 gak cocok, katanya ada yang BB lah, ada yang males lah, ada yg genit suka pacaran ama satpam lah, ada yg ketuaan sampe sakit2an mulu lah, macem2 deh :p *nahhh..tambah pusing deh lu wkakak*

    Good Luck ya!
    Smoga akhirnya dapet BS sesuai kriteria🙂
    btw jd tertarik pengen baca GokilMom, tar cari ah..

    • Dohh! Gua mesti bau-bau in BS nya dulu donk bwat ngecek BB ato gak?? wakakak

      iya bagus tuh bukunya, lucu banged, gua uda baca berkali-kali juga tetep ngikik kalo baca😛

  2. daku bukan ibu2…jadi ga bisa kasih suggestion… :p
    tapi kalo gw mah enakan cari yang mudah diajar…terserah deh mau tua atau muda, yang penting mau en mudah diajar…😀

  3. gua bukan ibu2 tapi boleh ngasih suggestion juga kan? hehe. kalo gak boleh ya gpp sih… gua bakal tetep nulis anyway. huahahaha.. maksa…😛

    kalo menurut kita, karena ini adalah first experience dan kita nya gak tau apa2 dalam hal merawat bayi (ya ortu/mertua emang punya pengalaman tapi kan udah lama, lagian gak bisa kan mereka bantuin kita 24/7), jadi untuk bayi baru lahir sebaiknya pake bs yang tua yang berpengalaman.

    negatif nya dari bs tua dan pengalaman itu adalah mereka sok merasa lebih tau dari kita! jadi bakal ada aja yang menyebalkan, karena kita dianggep remeh ama bs, dianggep dia lebih jago ngurusin anak, padahal kan itu anak kita ya.. hehe.
    gak apa, didiemin aja dulu. yang penting selama ada bs yang berpengalaman ini, kita kudu belajar! dan harusnya kalo bener dia berpengalaman, kita emang bisa belajar banyak. inget, jangan semua dipasrahin ke bs. kita kudu belajar untuk nanganin sendiri. intinya bs boleh bantu tapi kita jangan sampe depend banget ama mereka. karena kalo kita udah ada ketergantungan (apalagi kalo anaknya yang tergantung), bs nya jadi gede kepala, lebih rese, lebih banyak minta (demanding gitu) karena dia tau dia sangat diperlukan. kalo dia cuti/pulkam, kita yang repot.

    jadi kita kudu belajar. gimana mandiin, gimana nyusuin, gimana ngediemin anak, giaman gendong, dll.

    sekitar 6 bulan setelah kita udah lumayan jago ama bayi dan bayinya juga udah lebih gampang diurus karena udah lebih gede, pecat bs nya (karena biasanya pasti kita juga udah fed up kesel ama tingkah lakunya yang sok tau hahaha), trus ganti bs yang lebih muda dan gak terlalu pengalaman. kita yang ajarin gak masalah. kalo bs baru yang gak gitu pengalaman biasanya lebih nurut, karena dia gak gitu pinter kan. hehehe. tapi ya kudu diawasi.

    yah itu sih pertimbangan kita pas dulu pake bs. balik lagi nyari bs itu ya jodoh2an juga. kalo emang bisa dapet yang pengalaman dan baik hati, rajin, pinter, gak ngelunjak… ya bagus dah! hehehe.

    moga2 helps ya…🙂

    oh ya, kita akhirnya pake bs nya cuma sampe andrew 9 bulan (karena ya resiko kalo pake bs gak pengalaman itu ya bego! hahaha. nurut tapi bego! mungkin juga kita gak hoki dapetnya ya…). setelah itu berhubung esther juga gak kerja, ya pake pembantu aja lah buat bantu2in. toh anaknya udah gede ini…🙂 malah jauh lebih ngirit… hehehe.

  4. Trimakasih infonya ya Man, bisa buat pertimbangan gua nih.. Gua pikir lu ga sempet pake babysitter2an karna tinggal di luar.. cman ternyata lu belom pindah ya waktu Andrew lahir? Hehe moga-mogaaa dehhh jodoh gua BS sperti yg lu bilang: pengalaman, baik hati, rajin, pinter, dan ga ngelunjak! Amennn. Sekarang lagi nunggu dikabarin sama orang yayasan lagi nih.

    PS: eh gua suka kagum lho dengan kecepatan & ketelatenan lu meng-komen postingan orang.. cepet banged dan gak pendek2 alias niat, hahahah thanks🙂

    • kita pindahnya setelah andrew umur 2. jadi emang pernah mengalami punya bs. hahaha. tapi ya itu sampe 9 bulan trus esther udah gak tahan. dia bilang makan ati ama bs2 itu. hahaha. jadinya trus pake pembantu aja, dan kalo pergi2 ya kita bertiga aja.😀

      PS. hahaha. gak selalu komen gua panjang kok. tergantung postingnya. kalo emang ada yang perlu dikomen panjang ya panjang, kalo gak ya pendek2 aja. hehehee.

  5. hi mom! lam kenal y:) kapan nih due datenya? moga ntar abiz lahiran gak ribetzz kek gw ya:)

    hmm…kalo soal BS emang ribet, musti ati2 juga, biasanya kalo feeling udah gak ok, mendingan jgn deh!. Sreg2an juga soale. Menurutku cari yang berpengalaman aja, dan memang bener kata si Arman, mungkin akan sedikit ngeselin, krn dia akan ngerasa lebih tau. Tapi dari BS yang berpengalaman, banyak yang bisa dipelajari. Tapi jangan percaya 100% juga, soale perawatan baby terus berkembang, coba aja browsing di inet, kali aja ada ilmu2 baru…, contohnya; dulu wkt anak pertama, masih ribet pake gurita, skrg udah nggak. dan masih banyak lagi…

    Oya! satu hal lagi, kalo mom adalah wanita karier, yg nanti akan balik ke dunia kerja, coba cari yang keliatan tulus menjaga anak kita dan keliatan sayang. insting seorang ibu pasti gak bisa dibohongi…jadi sebelum back to work, coba deh plototin bener2 tuh BS hehehe:)….

    Semoga dapet yang bener2 oke ya.

    • Thank you Sarie,
      Jadi mending yang pengalaman ya.. Kmaren sih interview yang uda ada pengalaman, cuman ya itu.. kok ga sreg sama mukanya.. kliatan galak gitu *duh pilih2 banged ya gua*
      Gua pinginnya yang mukanya lembut dan welas asih gitu.. Walo ada pepatah ‘dont judge book by its cover’ tapi tetep ajah… GA SREG
      hahaha

      Due date nya 22 oktober, doakan lancar yaah🙂 salam kenal

  6. Uhm.. gue mau bagi pengalaman juga. Tapi kalo urusan pegang bayi sih, kebetulan gue udah biasa megang anak kecil, jadi ga kagok. Mandiin juga sendiri dari pas umur 4 hari. hehhee.. malah emak gua yang kagok. Terus kalo lu mau pake BS yang dulu megang elo ama adik lu, coba di check dulu, selama waktu kosong dia ga jagain lu dan adik, dia ngapain aja? Tetap pegang bayi atau nganggur, karena kalo udah lama ga pegang bayi, kagok lho. Mami gue juga kan anaknya tiga, tapi ga berani tuh mandiin anak gua.

    Nah, saran gue sih untuk awal jangan pake pembantu ya, sekalipun dia ngakunya pengalaman. Soalnya cara kerja pembantu dan suster tuh beda banget deh. Setiap kali BS gue brenti, pasti gue kepikirannya pengen ngambil pembantu supaya lebih murah, tapi ternyata, kerjanya pembantu ga ada yang cocok (tapi ini dari sisi aku ajah lho).

    Terus untuk BS, uhm.. ini memang harus sistem kejujuran dari pihak yayasan ya. Soalnya kan ada yang masih pemula baru lulus, tahu2nya ngakunya pengalaman 4 tahun. Setahu gua, untuk jadi BS itu, mereka harus ikut ujian. Coba ditanya, ada sertifikatnya ga. Kalo ada, coba minta liat, kan jadi ketahuan dia udah jadi BS berapa tahun. Sebaiknya sih cari yang umur 25 – 30an. Kalo udah 40 ke atas, banyakan judes. Merasa sok pinter. Orang kampung mah rata2 di bawah 20 udah punya anak. Kalo umur 21 masih gadis, biasanya orangnya jutek (soale perawan tua, wakakkaa…., dia sirik ama kita krn udah pny anak, sedangkan dia belum, makanya judes).

    Dari Axel kecil, gua pertama pake BS umur 33, anaknya 3 udah SMP. Yang kedua pas Axel abis ultah pertama, gadis umur 20, baru kemaren merit. Yang sekarang ini, huhuhu.. kali ini gue sih bener2 pengen ambil pembantu ajah karena Axel udah 2 tahun, tapiiii… huhuhu.. sekali lagi, kerjaan pembantu beda ya ama BS. Akhirnya ngambil BS lagi deh lebih aman. Kebetulan yayasan BSnya sebelahan ama rumah gua, jadi kalo BS ga cocok, tinggal buka jendela dan tereak aja. wakkaka… Jadi dia juga ga berani sembarangan ngasih gue BS. So far sih cocok semua ya. hheehehe….

    Kesulitan paling utama dengan BS berpengalaman lawan ibu muda minim pengalaman adalah cara pikir yang berbeda. Tapi ini ga cuma terjadi dengan BS kok. Sama ortu sendiri juga bisa ada perbedaan pendapat tentang cara merawat anak, soalnya kan gaya hidup jaman dulu ama sekarang udah beda dan yang agak tua2 kayanya ga mengikuti perkembangan jaman deh.

    wohoo.. call me BAWEl. emang iyahhh!! wakkkaka….

    • Thanks Elsie,

      wah kok bisa yahh uda biasa pegang anak? Gua nge blank banged, cman tau teori dari buku + inet

      BS tua itu dari dulu ikut keluarga mami gua, dan sampe sekarang juga masih.. Waktu kita udah ga butuh dia lagi, kita ga tega mecat, karna dia uda bertahun2 ikut. Jadinya kita tetep pekerjakan dia, tapi suruh masak2, nyetrika, n ngatur pembantu yang laen aja.. Sama skali ga pegang bayi sejak kira2 15 tahun lalu (sejak adek gua yang paling kecil). Gitu deh makanya gua juga ga yakin dia masih mampu..

      Point lu yang ‘cara pikir dengan ortu pun beda’, itu bener banged.. Belom lair aja gua uda beda pendapat ma mami soal baby hoehoehoe..

      Oh bagusan yang 25-30 tahun ya *catet*. Yang kmaren gua interview itu umur 21 blom menikah, pantesan rada judes yak, menurut teori lu kan.. wakakak

      Salam kenal yak!

  7. Hi salam kenal yah dr mommy na Olivia

    gw setuju ama Arman, dan ingat juga jangan pernah pasrahin baby 100% ke BS. Coba deh cari2 buku ttg mengasuh baby bagi pemula, jadi sedikit banyak kita juga tau ga blank. Kadang cara BS suka ngaco even yang sudah pengalaman.

    Dulu gw juga pakai BS super pengalaman, cuman yah itu balik lagi ke sok tau dan adat na jelek. Mentang2 gw ga mommy baru, dianggap ga becus padahal gw uda ingetin ke tuh BS, kl gw tetep sebagai ibu dr Olive jadi, BS tetep harus ikutin peraturan na gw…tp bikin gw mo marah melulu, ditahan2in akhir na ga tahan juga gara2 tuh BS kasar ama Olive. 3 bulan doank, stelah itu cari BS yang pengalaman na sedang2 saja, dan emank mimik muka na baik (tp jgn juga jd patokan loh..hehehe) nah yg ke dua mau di ajak kerjasama dan mau ikutin aturan yg gw terapkan..bertahan cukup lama smapai BS ke dua pulang krn mo nikah..abis itu gw pake maid…hehehehe

    sorry yah bu, baru pertama komen uda panjang lebar, abis gemes gw ama urusn BS/PRT…

    • komen panjang sangat sangat welcomed kokk🙂

      wah iya nih urusan baby dan BS ini dunia baru buat new mommy seperti gua.. Iya gua juga bakal rajin2 baca buku baby deh. Selaen itu, paling enak emang share di inet n ask mr.google hehehe.
      Thanks sharingnya ya maya! salam kenal🙂

    • Huah barusan dateng hari ini BS nya! moga-moga dia kerasan deh, orangnya sih kliatannya baek.
      Harusnya lairan bsok kamis, tp kok belom ada tanda2 yahh.. -_-‘

Tinggalkan Balasan

