Am I that Fat?

Hiskkk..

Ceritanya kemaren aku ke gym, mau ikut kelas Latin. Blom siap untuk aerobik, kebayang ngos-ngos annya, jadi pengen ikut kelas yang ringan macem dance gitu. Tujuannya sih apalagi klo gerah dengan body bengkak abis melahirkan. Hahaha. Sbenernya dulu aku ga brani olahraga dulu, karena ada yang bilang kalo sedang menyusui ga boleh olahraga. Katanya ntar nutrisi yang kita makan yang harusnya untuk produksi ASI akan kebuang untuk olahraga. Tapi… setelah disabar2in dan pasang tampang cuek, akhirnya gerah juga.

Pertama, sedihnya kalo mau pergi, baju ga ada yang muat. Busettt ternyata dari ukuran XS aku jadi L loh! Dipaksa2 masuk yang ada aku kecepit gabisa masuk dan gabisa keluar. Plus 2 baju sobek *ups* Trus kalo pergi kondangan, tambah sedih pulaa… ga ada baju pestaku yang ga kutungan. Lagian pinggangnya juga gamuat, seseggg smuah. Akibatnya jalan satu2nya akhir2 ini aku sering nongkrongin rumah mamih, pinjem baju2 nya tentunya (eh bahkan mamiku lebih langsing 10 kg loh daripada aku!)

Kedua, tadinya misua selalu bilang: kamu ngga gemuk ahh.. biasa aja kok menurutku. Cuman dia kan liatnya aku pas pake daster lebar yah. Setelah aku coba pake baju-baju lamaku, dia ngeh juga klo istrinya ini jauhhhh lebih melarrrr. Terakhir dia nanya, ehm kamu nyusuin sampe kapan sih? Lebih bagusan kalo kurusan dikit deh, biar bisa pake baju yang sexy. Waks dia mulai gerah juga dengan body istrinya..

Ketiga, tatapan orang sekitar. Tiap ketemu orang pasti pada terkaget-kaget dan bahkan beberapa nanya: “Teph kamu isi lagi yah?” Aku jawab dengan senyum manisss, “Ngga kok. Cuman lagi nyusuin, jadi blom boleh diet n harus makan banyak.” Dalam hati sih teriris-iris. Dulu aku suka dateng kondangan. Kapan lagi bisa makan enak, liat penganten hepi-hepi, plus pake baju bagus dan dandan cantik? Hahaha. Tapi sekarang males banged pegi kondangan. Pertama, bikin stres cari baju yang muat. Kedua, malessss banged nanggepin pertanyaan orang “Gemukan banged yaa?” atau “Kamu isi lagi yaa??” Huiks mendingan di rumah deh ama baby Wesley yaaa..

Eh ngelantur.

Balik lagi ke gym. Aku jauh-jauh uda liat nih temenku. Tapi aku liatin kok dia diem aja yah, kaya ga kenal gituh. Setelah deket, aku sapa dia. Dia bingung dikit trus baru ngeh kalo ini aku.

“Cikk, gemukan yaa?” *pertanyaan standart*
“Iya nih hehehe” *udah ga usah dibahas deh*
“Kok bisa sih cik?? Dulu pas hamil kan cici kurus banged. Ga kaya orang hamil.” *tampang penasaran abis*
“Oh iya aku lebih gemuk setelah melahirkan. Soalnya menyusui jadi tiap abis nyusuin laper, jadi makan terus deh.”
“Ohh.. pantes. Dulu pas hamil ngga gemuk kok, aku liat cici pas 9 bulan aja cman perutnya yg gede, ga gemuk sama sekali. Klo sekarang ..*peragaain pake 2 tangan ke mukanya dia, maksudnya chubby banged* ”
“Aku tadi sampe ga mengenali cici lohh” *huhuh ganti topik, shall we?*

Udah susah2 ganti topik, datanglah 1 temenku lagi. Tadi pas di ruang ganti sih aku dah liat dia, cman ga yakin. Abis aku liatin, dia kaya ga kenal, jadi aku pikir mungkin salah orang. Sampe deket aku, aku sapa dia. Dia kaya bingung juga sebelum akhirnya sadar bahwa ini aku! Dia juga bilang klo aku gemukan banged sampe dia pangling dan tidak mengenali.

Blom lagi mbak yang jaga gym (untung yang satu ini masih mengenaliku).

“Udah lama ya non ga kesini.”
“Iya uda setaon lebih. Soalnya aku kan hamil trus melahirkan, Mbak.”
“Oh udah berapa bulan anaknya?”
“4 bulan Mbak”
“Ohh abis ngelairin yah.. Pantes dulu kayanya kecil gitu kok sekarang.. *ga dilanjutin*”

Huee parah deh, masa sih 2 temenku ga mengenali daku?

Segemuk itukah aku?

Setelah ngaca di rumah, iya sih emang gemuk banged. Sigh.

Kalo ada yang tau caranya tetep nyusuin tapi bisa langsing, teach me how ya.

Udah nanya ke DSA, katanya ibu menyusui bole2 aja kok olahraga. Makanya langsung tancep tenes dan gym seminggu sekali *tapi tiba-tiba aku males ke gym deh, males ketemu orang-orang dan explain the same thing*

Sbenernya aku juga ga full ASI  loh, lagi ikut program relaktasi supaya bisa full ASI. Aku dikasi semacem obat buat ningkatin hormon prolaktin. Dan aku konsumsi obat macem2 pula bwt perbanyak ASI (tapi rasanya blom ngefek tuh). Apa obat2an ini yah yang bikin aku jadi melar? Huee… suka iri deh sama temen-temen yang bisa ASI eksklusif, anaknya ga ada masalah menyusui, dan lagi ibunya langsing ceking aja tuh. Kok bisa yah susunya banyak? Aku yang uda makan macem2 (domperidone, asifit, molocco, daun katuk, kacang ijo, susu dele, pare, daun kacang, labu, wah banyak deh you name it lah), susunya klo diperah jumlahnya tetep segitu. Tapi tetep bersyukur lah, masih bisa kasi ASI di usia 4.5 bulan ini. Moga-moga bisa sampe 6 bulan dan bahkan lebih..

Ehm bobot aku sebelom merit, sekitar 48 kg. Sekarang 58-59 kg. Dari hamil sampe melahirkan cuman turun 5 kg jadi 57 kg, trus abis aku ciak po dan nyusuin jadi naek beratnya. Ada yang bilang ciak po bikin badan melar, gatau bener ga. Hehehe masih 10 kg lagi nihh, any solution bwt yang pernah nyusuin dan tetep langsing? Supaya baby happy, misua happy, dan me happy juga tentunya :P

20 thoughts on “Am I that Fat?

  1. Alow Steph, salam kenal🙂
    Daku juga nyusuin, dan bb turun banyak malah gara2 nyusuin lho..
    Benernya nyusuin itu ngefek banget buat mangkas bb abis lahiran.
    Tapi asupan kalorinya kudu tetep dijaga. Makan normal aja, trus minimalisir gorengan, ice cream, coklat, manis2..
    Dulu malah gue gak makan karbohidrat (nasi) banyak2, tapi makan lauknya yang banyak😀.
    Kalau laper, ngemil edamame aja satu tepak. Itu gak bikin gemuk, dan bernutrisi tinggi buat ASI lho🙂

    • Edamame masaknya gimana ya? gw taunya beli di resto tapi gaperna bikin sendiri hehehe, mo gw coba ah
      Iya kayanya kesalahan gw dulu adalah makan nasi banyak2 karna gw pikir kan makan bwt 2 orang, jadi menggila deh makannya
      Kayanya kelebihan makan deh gw huhuhu. Thanks advice nya ya Windy🙂

  2. HI Steph, salam kenal ya
    kata orang kasi ASI bisa bantu ngurusin koq… sabar yaaa…
    mungkin kurangin nasi dan bakmie, kali?
    sorry gak bisa bantu banyak…soalnya gue abis lahiran kurus sendiri walau makan banyak…cacingan kali ya?

    • ehm mungkin karna gw ciak po (makan ayam arak, ginjal, dll) waktu sebulan abis lairan kali ya?
      gw gendutnya 2 bulan stelah ngelairin malahan. mungkin krn gw pengen asi nya banyak jd kalap makan sebanyak2nya hhuehue
      Iya temen2 gw yg kasi asi banyak yg kurus ceking.. heran gw dehh

  3. met kenal juga🙂
    aku link yaaaaaaaa ..
    gpp sis, nanti aja kalo udah selesai ngelahirin baru kurusin all the way!😀

  4. halo, met kenal ya..
    olahraga sendiri aja di rumah biar gak dengerin omongan orang hehe..aerobik+sit up+makan spt biasa but no ngemil (ngemil buah aja)+pump 1 jam abis nyusui (buat nambah produksi asi) entar kurusan kok. aku naek banyak waktu hamil (32 kg), 7 bln dah balik normal gara2 metode gini, dan masih bisa full asi sampe 14 bln. good luck ya..

  5. allo..salam kenal ya..aku dedek🙂
    waktu hamil aku naik 20 kilo ajah hehe, dari 60 kg jadi 80 kg :p
    sekarang anakku setahun 3 minggu, masih full asi belum pake susu tambahan lain, dan beratku udah (hampir) balik lagi, 60.5 sekarang🙂

    bener kok nyusuin bisa bikin kurus…ngemilnya buah atau protein aja, jangan yang karbo-karbo..
    soal produksi ASI biar bisa banyak, aku belajar banyak dari milis asiforbaby..tapi percaya deh, hasil pompa itu nggak menggambarkan banyaknya asi yang sebenarnya..bayi kan lebih jago nyedotnya daripada kita merah🙂

    mampir2 ke blogku ya..ada artikel juga soal breastfeeding yang kadang2 aku tulis

    http://www.d3d3k.com

    • aloo nice to know u dek, suka blog kamu deh🙂
      huwaa hebat deh bisa ASIX setahun lebih!
      iya aku juga berusaha untuk ngurangin ngemil gag penting dan brusaha makan buah lbih banyak. trs juga pengennya sit up tiap ari hehehe
      aku juga member milis asiforbaby, bener2 pencerahan tuh buat breastfeeding mom. sayang taunya telad *harusnya baca pas lagi hamil!*

  6. aloo there,
    haha…aku ketawa ketiwi baca ini…Kayaknya kamu nulis tentang aku deh..haha.Ember, pas hamil ..yang perut gede, dibilang badan gak kelihatan gede, tapi pas bayi keluar, dibilang gemuk lah, dibilang hamil lagi lah…haha..
    Anak petama, naek 17kg..turun 1,5taon kmudian…diet aja banyakan..
    Anak kedua, naek 16kg,..turun…kurang lebih 1taon..an..rada cepet, karena ngurus anak..gak pake pembantu…cuapek bok!!

    • waduh2 alamat gw juga setaonan lebih dunk?? jangan donkk, gw pake baju apa nih? *masi keukeuh nyimpeni smua baju lama ukuran S*

  7. huehehehe, lucu bacanya, jadi kayak baca cerita sendiri….

    orang2 kalo nyusuin jadi kurus aku jg gak kurus2:P, gara2 mo cepet kurus, aku coba kurangi nasi bykin sayur, yg ada malah ASI jadi turun, untung baby udah 8 bln, klo gak bisa nyeselnya minta ampun. Biarin aja ndut dulu, ntar jg kurus lagi kalo dah gak ASI, aku skrg cuek bebek aja kalo ada yg bilang, kok skrg NDUT bgt, sebodo lah. Kalo dipikirin malah stress, dah gitu ASI tambah gak keluar deh.

    Kemaren aja disekolah Nathan, hampir semua mamah2nya bilang gini, wah! hamil lagi ya? (padahal dah pake korset tuh, padetnya minta ampun lagi) tetep dikirain hamil. owalah hehehehe.., trus ketemu ama yg lagi hamil, perutnya doang yg melendung, badan emaknya langsing bener, ampe bingung, kok bisa hamil langsing, kalo aku sekali hamil naek 26kg….hiks

    • wihihi tnyata ada yg senasib ya *seneng* hehehe
      aku sempet nyoba mau rutin olahraga, tapi kok ga jalan tuh, sibuk mulu ngurus anak, kaga sempett
      klo aku justru pas hamil jg langsing, abis lairan 2 bulanan gitu baru lama2 mlendung. soalnya pengen asi nya banyak jadi makannya dibanyak-banyakin.. alhasil sekarang malah sulit turun lagi dehhh
      heuheue gapapa deh blajar menerima diri apa adanya😀

Tinggalkan Balasan

