Welcome to GTM world…

Suatu siang yang terik tapi ga terik-terik banged, tiba-tiba anakku melakukan Gerakan Tutup Mulut (GTM) nya yang pertama. Entah belajar dari mana, kayanya sih otodidak, tiba-tiba dia ngemut makanan yang di dalam mulutnya. Makan sesuap, lalu didorong pake sesendok air putih, baru ditelan. Dan hari-hari besoknya si bocah ini makin lihai ngemutnya, didorong pake aer juga ga mempan lagi! Makan sesuap – diemut – suapan kedua – diemut juga – didorong air – dicembengin semua di mulut.. Dan dia betah berlama-lama sambil nimbun makanan dalam mulutnya. Geli campur jengkel liatnya, pipinya uda penuh aja kaya ikan kembung. Pertamanya masi bisa dislimur ama buah, karena dia doyan buah. Jadi bubur aku campur ma pepaya, lama-lama dia mulai nelen pepayanya tapi nahan bubur nasi nya, ehhh trs besokannya pepaya juga gamau. Then it’s getting worse, buah macam pisang pepaya yang biasanya dia doyan banged jadi gamau juga. Baru liat slaber n sendoknya aja uda memalingkan muka dan jerit-jerit..

Mamahnya di dapur mulu. Pagi, siang, malam, menunya beda smua. Tiap kali makan aja mamahnya nyiapin 2 macam menu – haiyah nak nakkk.. Udah masak yang enak punya macam MAC n Cheese (dapet resepnya dari milis mpasirumahan@yahoogroups), sop tomat, dari yang ga ada rasa sampe yang gurihh, dari yang encerrr sampe keras (saking desperatenya aku cobain nasi sekalian), dari yang panas sampe dinginnn (cobain yoghurt), entertain dia dari jalan2 digendong sampe pergi ke restoran. Hayaaa tanpa hasil bok! Semua sukses diemut. Tiap malam maminya tidur dengan stres mikirin besok mau bikin apa lagi supaya my little boy mau nelen makanannya.. Pernah lho sehari dia pagi-siang-malam ga makan sama sekali karena suapan pertama uda diemut selama-lamanya. Kalo uda bosen ngemut trs dilepeh, ato kadang terpaksa kita yang ambil lagi makanannya karena kelamaan di mulut kaga ditelen. Oh well, setelah 5 hari anakku dalam kondisi GTM akut, mamahnya mulai menyerah.

Terpaksa melakukan trik Menghadapi GTM yang terakhir, yaitu.. mempuasakan anakku. Sbenernya ini last option, tapi karna dah mentok, kayanya smua uda dicoba ga berhasil smua, kuputuskan untuk mencoba trik extreme ini. Tidak menawari anakku makanan selama 2 x 24 jam. Dari pengalaman anggota milis sih ada yang berhasil, cman ga langsung berhasil ke porsi semula sebelum GTM, paling mulai mau separo trus lama kelamaan porsinya bertambah jadi normal lagi.

Anakku puasa makan satu stengah hari, tapi air buah dan susu jalan terus. Kadang juga kutawari biskuit meski dibuang sama dia (hisk). Akhirnya bsok siangnya kutawari kembali ia makan (ga tega klo dua hari euy!) sambil harap-harap cemas. Wow ternyata dia mau! Meski ngga habis sih, cman separo, tapi at least dia ga ngemut dan ngambeg kaya dulu. Phiuhhhh leganya hati ini..

Sampai hari ini, aku ga bisa bilang makannya sukses terus sih. Aku sadar dia mulai ngerti rasa dan pilih-pilih mana yang dia suka. Kadang dia ga abis, kadang juga ngemut tapi sebentar. Semoga dia gak GTM akut lagi kaya kmaren, dan aku juga janji sama diri sendiri, gak akan maksain dia makan atau menghabiskan makanannya. Kalo trauma galak bener euy, ga mau makan samsek, akunya yang repot😦

Hehehe stelah lepas dari GTM akut, mamahnya tetep bingung nih mikirin resep masakan. Analisaku kayanya dia suka buah-buahan dan ga doyan nasi tim. Kalo air apel, air pir, air pepaya, pisang, lancarrr, kalo nasi tim, kentang, labu – pasang tampang sedih saat makan (mamahnya jadi ga tega). Lah kalo nasi tim campur buah kek nya ga nyambung yah?? Paling banter nasi tim campur apel, tapi buah lain mana ada yang cocok? Fuhh mesti rajin browsing resep bayi di inet nih..

Padahal pas 6-7 bulan apa aja dimakan lho, cepet, 5-10 menit dah abis. Sekarang susahnya…

Pikir positipnya, mungkin mau tambah pinter kali yaa.. hahahha. Dia lagi seneng rembetan sekarang. Oh well, ayo makan yang pinter ya nak!

2 thoughts on “Welcome to GTM world…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s