Pernikahan (ternyata) nggak gampang

Bukan tentang aku ya

Cuman belakangan ini denger, si itu tuh uda pisah ama suaminya, si itu lagi proses perceraian, si anu mau cerai dan masih banyak lagi. Celakanya salah satunya adalah keluarga dekatku. Memang dari dulu kami tau pernikahan mereka tidak harmonis, bahkan sudah tidak berbicara satu sama lain selama 7 tahun. Si istri pengen cerai, si suami uda punya WIL. Bukannya kami tidak pernah berusaha mendamaikan, kami berusaha tapi lama-kelamaan kami sudah terlalu capek. It’s too complicated. Kalo kita dengar dari pihak istri, kita merasa iya si suami yang salah. Tapi ketika kita dengar dari si suami, kita merasa si istri juga ada salahnya. So? What should we do when there seems no solution? Yes we did pray, but sometimes we didn’t have faith anymore on their relationship. There seems no hope.

Salah seorang teman suamiku juga dalam proses perceraian. Penyebabnya karena si pria tidak sayang, menafkahi sangat sdikit, dan main tangan. Anaknya dua, dan herannya selama mereka pisah 6 bulan, si suami ini tidak pernah mencari atau berusaha bertemu anak-anaknya. Bukankah ada mantan istri, tapi tidak ada mantan anak? Kenapa rasa cinta itu lenyap bahkan ke anak-anaknya?

Seseorang lain yang aku tau juga dengar-dengar udah pisah rumah dengan suaminya. Bahkan dia sudah membawa PIL baru ke rumahnya. Padahal anak-anaknya sedang beranjak remaja. Padahal secara finansial mereka sangat kaya, bukankah biasanya perceraian paling banyak karena perkara uang?

Tidak memungkiri ya, kita yang baru 3 tahun menikah ini saja, kalo bertengkar bisa gelap mata dan kata ‘cerai’ itu terucap. Yah cuman emosi sesaat dan tidak serius. Tapi kita sadar, bahwa buat kita aja – yang notabene saling cinta dan melalui masa pacaran 3 tahun – merasa pernikahan itu nggak gampang, apalagi buat mereka yang pacarannya cman 3 bulan, ato yang MBA, ato yang dipaksa orangtua. Buat kita aja – yang tau Firman Tuhan – kadang masi suka ego dan ngotot-ngototan, apalagi mereka yang gak tau Firman. Kadang abis bertengkar dengan pasangan, aku baca lagi Amsal 31:10-31. Dari situ aku instropeksi, bahwa memang aku masih jauh dari ‘istri yang bijak’. Kadang aku diingatkan: “Tunduklah kepada suamimu sama seperti kepada Tuhan”. Ya memang itu tuntutan seorang istri: taat pada suami. Yang mana kalo lagi bertengkar, susyehhh banget, bawaannya kepengen bantah, ga kepengen iya-iya, hehehe.

Kesimpulanku, memang benar pernikahan harus bertiga menyertakan Tuhan. Karena kalo cuman berdua, ngandalin feeling dan rasa cinta, rasa itu akan memudar seiring banyaknya ketidakcocokan selama hidup bersama. Tapi dengan Tuhan, ada yang namanya perjanjian (covenant) dan commitment. Relationship start with love, but growing with commitment.

Dulu aku pikir kawin cere cuman di televisi. Karena pernikahan papa mama ku yang tergolong harmonis, aku kaget ketika melihat kenyataan beberapa keluarga lain ternyata tidak demikian. Setelah aku dewasa, mamaku kadang ‘curhat’ soal pertengkaran suami-istri mereka, well ternyata tidak seharmonis yang kubayangkan dulu. Ternyata pernikahan itu nggak gampang. Dibutuhkan komitmen dan usaha. Skarang aku merasa seharusnya tiap pasangan perlu merayakan anniversary kawin perak (25 tahun) dan kawin emas (50 tahun), karena sungguh luar biasa lo bisa bersama-sama selama itu. Suatu hal yang merupakan anugrah dan patut disyukuri🙂

PS: tapi kayanya aku bakal second honeymoon pas anniversary 10 taon deh, gak sabar nunggu 25 taon wakakak

6 thoughts on “Pernikahan (ternyata) nggak gampang

  1. Setujuuuu!! Emang bener banget pernikahan itu ga cuma berdua tp bertiga. Menjadikan Tuhan sbg pusat di pernikahan kita itu penting bgt. Namanya hubungan (pernikahan) pasti akan ada ributnya, arguenya. Cuma tergantung msg2 pribadi gmn ngeresponinnya. Dan bener bgt tunduk ama suami tuh ga gampang ya, apalagi kalo kita tau kita ga salah hehehe. Tp tetep ya kita istri harus belajar untuk punya hati yg lembut. Dan yg penting juga nih supaya bisa jadiin Tuhan sbg pusat di pernikahan kita carilah pasangan yg seiman dan punya value yg sama.

    Anyway, Thanks for the sharing🙂

    • bener, harus punya hati yang lembut *walo susyeh klo pas emosi tinggi wakaka*
      “Dan yg penting juga nih supaya bisa jadiin Tuhan sbg pusat di pernikahan kita carilah pasangan yg seiman dan punya value yg sama” — setuju😀
      Iya bener, dulu aku juga nyarinya yg seiman. klo dipikir2 skarang, yg seiman, punya value2 dan pandangan hidup yang sama aja, masih ada yang diributin. lha apalagi klo sgala2nya beda ya? ga ngerti dah haehehe..

  2. Waktu.itu suamiku syok waktu denger cerita bhw tetangga ibunya ada yg cerai di bln ke-2 pernikahannya. Walah walaaaah…. Pernikahan ama pacarannya lbh lama pacarannya…

  3. Hai teph.. Aku pembaca baru nih. Baru nemu blog mu dan suka banget sama gaya nulismu.. hehe.. suka topik2nya juga.. dan kadang2 menginspirasi.. Seneng bgt sama tulisan ini sampe pengen komen :p Iya ya ga gampang menikah.. Ga bs ngandelin berdua doank.. Ak akan segera married nih.. selama persiapan aja udah berantem2.. dan bener bgt. Kalo lagi berantem, ngoyo bgt ga mau setujuin *walau dlm hati bener juga sihh* musti ni belajar lebih nurut lg sm suami.. hehe.. Salam kenal yahh.. Blog aku masi baru juga, kalo mau berkunjung ayukk hehe..

    • wah thank you ya dan salam kenal. seneng deh kalo tulisannya berguna hehehe
      Congratulations ya, smoga persiapannya lancar2 semua sampe hari H. Emang ya kata orang kalo mau merit itu banyak tantangannya, mungkin juga karena udah ngelibatin 2 pihak keluarga. Smoga semuanya lancar yaa ^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s