Penyakit, pergilah jauh-jauh

Kali ini mau crita tentang liburan long wiken tgl 24 maret kmren. Jadi tanggal 21-26 Maret kmren aku ke Singapore. Sbenernya ga bener-bener berlibur, tapi mriksain anak ke dokter spesialis alergi di Mt. Elizabeth hospital. Nama dokternya Lee Be Wah, terkenal banged ni di antara pasien-pasien Indonesia.

Jadi si Wesley itu 3 bulan blakangan sering banged batuk-batuk. Tadinya cuma batuk tiap pagi, aku anggap alergi. Eh lama-lama batuknya kok random, bisa pagi / siang / malam. Jadi batuk hebat stengah jam – 1 jam, trus abis itu ilang seharian. Dan itu terjadi hampir tiap ari. Eh lama-lama batuknya ada suara ngikk.. ngik.. dan dibarengi sesek napas. Sebagai penderita asma, aku ketar-ketir juga jangan-jangan asmaku nurun ke Wesley. Tapi aku sembuh sendiri saat SMP-SMA.

Nah dia pertama kali batuk hebat trus berbunyi gitu pas lebaran kmren (Agustus 2011), persis sehari sebelom aku berangkat ke Sydney, Australia. Panik donk, mau liburan kok mala persis kurang 2 hari dia pilek, batuk, trus mengik. Di pesawat yang 6 jam itu udah rasanya kaya seabad.. Takut banged klo ada apa-apa. Apalagi kita berangkatnya bertiga doank. MamaPapa dan adik2ku uda berangkat duluan sminggu sebelomnya.

Eh disana ya ternyata Wesley justru cepet ilang mengiknya, batuk pileknya juga trus sembuh. Padahal waktu itu aku cm sangu obat batuk pilek aja lo, obat mengik ga punya. Lha wong mengik (sesek napas) gitu baru sekali kejadiannya. Malem sebelom berangkat ke Sydney, kita pan uda di Jakarta, kita sempetin ke dokter di PIK lo beberapa jam sebelom pesawat kita boarding. Tapi duilee antrenya 1 jam, ga keburu, jadinya batal. Klo aku pikir sih, mungkin karena udara di Sydney masih bagus ya, dingin dan ga polusi, jadi Wesley sembuh sendiri. Seingetku juga pas aku kuliah n kerja di Sydney dulu, jarang banged kena sakit batuk pilek.

Nah setelah itu bulan Oktober 2011, dia lagi maen terlalu heboh, loncat dari ranjang atas ke ranjang bawah, manjat lagi n loncat lagi. Eh tiba-tiba ada suara mengiknya n diikuti batuk kemudian. Dokter mulai mencurigai ke asma. Apalagi dengan sejarah aku dulu asma, dan suami dulu bronkitis.

Setelah itu bulan Desember, Januari, Februari tiap bulan dia kena serangan asma. Ada yang gara-gara batuk randomnya itu yang ga brenti2 dan akhirnya jadi sesek, ada yang ketularan ngkong nya yang lagi batuk. Tapi 3 bulan itu dia sesek lebih parah tiap kali kambuh. Dua kali terakhir kita ampir nginap di RS, tapi batal karna ga dapet kamar, dan dokter ngijinin untuk rawat jalan aja. Lagian rumahku cman 10 menit dari RS.

Ngeliat anak sendiri lagi sesek, tersengal-sengal cari napas, sungguh bikin hati tersayat. Mulai dari parno, mempertanyakan apa aja yang salah, makan apa tadi, tadi ngapain aja, deket orang sakit gak, sampe protes ke Tuhan juga. Padahaal aku dah kasi ASI 2 taon, karna aku tau aku dulu alergi macem-macem dan asma. Aku ga pengen itu nurun ke Wesley. Eh tnyata skarang setelah disapih kok ya tetep kena😦

Blakangan aku baru tau kalo kata mertuaku, dia sendiri dulu ya sesek, misua juga nurun dia, ada sesek napas.. tapi sih ga separah aku. Ga sampe nginep RS. Klo aku dulu tiap berapa bulan sekali opname di RS gara-gara asma kambuh. Malem-malem jam 3-4 pagi bisa dibawa UGD sama mamipapiku. Pernah baca di majalah katanya klo salasatu ortu punya asma, kemungkinan nurun 40%, klo dua-duanya ada asma, kemungkinan nurun jadi 75%.

Klo diinget-inget, smuanya bermula dari bulan Agustus, depan rumahku ada pembangunan. Wesley tiap ke taman, kluar bintik-bintik merah di tangan dan badan, trus menghilang klo dia masuk rumah. Bisa alergi debu, serbukbunga, ataw kringet buntet karna panas. Stelah sembuh, dia batuk-batuk tiap pagi. Yang makin lama batuknya smakin random.. Aku pikir apa gara-gara depan rumah lagi dibangun ya? Debunya kemana-mana. Mana sekarang ada 4 rumah yang lagi dibangun di depanku.. huaaa hisk hisk. Sampe sempet kepikiran lo, apa daku pindah Aussie aja. Tapi misua ga stuju, mau cari duit apa dia disana. Kalo aku sih kan Permanent Resident jadi masi bisa cari kerjaan hehehe. Aku jadi sadar, betapa mahalnya harga udara bersih di Indonesia ini😦

Nah singkat crita, ktemu si Dr. Lee Be Wah ini, orangnya ramah dan sabar. Aku uda siapin list pertanyaan 2 halaman, yah maklum ktemu dia kan ongkosnya mahal, harus kumanfaatkan semaksimal mungkin donk yah. Intinya dia bilang anakku bukan alergi, tapi karena dia mulai skolah bulan Oktober ini, jadi sering kena virus common cold di skolahan. Trus dia nanya, diantara seseknapas sebulan sekali itu, ada batuk-batuk yang random ga? Jadi tiba-tiba abis makan trs batuk2, abis maen terlalu aktip trus batuk, ataw abis nangis trus batuk-batuk. Ya bener dokk, persis kaya gitu, ga ada apa2 bisa batuk-batuk ngekel stengah -1 jam trus nanti ilang sendiri. Dia bilang brati emang anakku ada sdikit asma. Trus dia kasi 2 semprotan, yang satu isinya Flexotide (untuk pencegahan, dipake tiap ari), yang satunya lagi Ventolin (untuk meredakan sesek saat kambuh).

Me: Lho dok apa perlu pake semprotan? Seingetku dulu aku asma cman pake semprotan klo pas kambuh aja.
Dr: Gini lho, Flexotide itu untuk pencegahan aja. Kalo nunggu kambuh, itu ibarat nunggu kebakaran dulu, baru disiram aer. Kebakaran lagi, siram aer lagi. Kita harus mencegah dan ngurangi frekuensi kambuhnya..

Me: Lho apa anak umur 2 taon gini bisa pake semprotan dok?
Dr: Nih ada alatnya.. *ngeluarin alat seperti tabung plastik untuk spacer, ada gambar bear nya jadi ga nakutin*

Me: Kalo pake nebulizer aman ga sih dok? Kok dokter di Indo ada yang pro-nebulizer, tapi ada yang gak boleh nebul sendiri di rumah?
Dr: Kalo emang lagi sesek dipake ya gapapa, tapi semprotan ventolin ini isinya sama kok. Cuman dosisnya beda, klo nebul itu dosisnya skitar 25x lebih besar

Me: Dok, saya pikir apa jangan2 anak saya alergi susu sapi ya? Soalnya saya alergi susu sapi, dan kata mama saya sih gara-gara alergi susu sapi trus saya jadi asma.
Dr: Aku yakin anakmu gak alergi susu sapi
Me: How can you be so sure?
Dr: Well, I can tell by looking at ur boy, he is not allergy to something.. (Anaknya lagi asik ngubek-ngubek maenan dokternya
) Lagian slama ini dia dah minum susu sapi slama 2 taon kan? Ga pernah skin rash kan?
Me: Engga dok
Dr: Ya brati bukan alergi susu sapi.

Me: Skalian tanya ya dok, susu formula, ama susu UHT, ama susu pasteurisasi, bagus mana sih dok?
Dr: Sama aja, smua tergantung preferensi ortunya mau kasi anaknya apa.
Me: Kok ada dokter indo yang bilang klo susu kemasan itu banyak pengawetnya?
Dr: Hah? Ngga, itu kan awet karena kemasannya khusus, lagian susu pasteurisasi paling cuman 3 hari harus abis, jadi gak awet juga kan. Itu smua tergantung tradisi sebenernya. Jadi jaman nenek-nenek kita, susu segar di Asia itu kurang, jadi mereka inisiatif bikin susu formula, supaya bisa dikonsumsi lebih lama. Kalo di negara-negara Barat sana, produksi susu segarnya justru berlimpah. Makanya sampe sekarang orang bule demen kasi anaknya susu segar+sereal. Sedangkan kita orang Asia, juga ikut budaya ortu kita untuk kasi susu formula. Kalo dah 2 taon lebih mah kasi aja apa yang anaknya suka.

Yah begitulah secuil percakapan kita (panjang gitu kok secuil?? Percayalah aslinya lebihhh panjang lagi).

Nah rencananya sepulang dari Singapore, kita mau mulai terapi semprot ini. Tapi eh kok skarang jarang batuknya ya? Padaal sbelum ke Sing tuh 2-3 hari skali pasti batuk-batuk. Semenjak liburan di Sing kok dia lupa batuk? Padaal maen aktip banged ama spupunya, padaal AC hotelnya juga duingin banged, padaal kita makan apa aja termasuk goreng-gorengan, padaal kita nge mall mulu sampe capek. Nah lo, apa bener ya emang bukan karena alergi dingin or makanan or terlalu aktip? Apa karena di Singapore udaranya bersih? Ataww karena dia emang ga masuk skolah beberapa ari jadi ga kena virus? Apa mungkin kita harus lebih sering jalan-jalan keluar negri? (bukankah hati yang bahagia adalah obat? kekekek.. minta ditimpuk misua)

Hehe gatau juga. Sampe ari ini masi aku amat-amati sih. Klo dia mulai batuk-batuk hebat lagi, ya aku bakal mulai terapinya. Sementara ini aku nikmati waktu tenang seperti ini, sambil berdoa muga-muga dia sembuh slamanya. Amen.

25 thoughts on “Penyakit, pergilah jauh-jauh

  1. si andrew juga asma lho. dan pemicunya juga alergi.
    jadi ya kudu pake semprotan juga (inhaller). buat pencegahan juga. dan dipake tiap hari selama allergy season.

    padahal gua ama esther gak ada asma lho. gak tau nih dapet asmanya dari mana…

    • lo padaal di amrik kan mestinya udaranya bersih ya man? itu kena asma pas uda di amrik?
      sampe skarang masi pake tiap ari?
      tp gw bingung klo dokter indo emang bilangnya hindari pemicu alergi, tp dokter singapore ini bilangnya karena uda mulai masuk skolah jd sering kena virus common cold.. dan krn ada bakat asma jd ya abis kena virus langsung kambuh asmanya. dia bilang gakperlu tes alergi sgala..
      andrew perna tes alergi?

  2. udara bersih/kotor kayanya emang ngaruh buat penderita asma, soal ini ditanyain ga ke dokternya?

    kalo anakku dua-duanya alergi karena papa-mamanya emang ada alergi hehhee..
    konsul ke dr hugo di NUH katanya emang ga bisa sembuh, kudu tunggu growout dgn sendirinya.. tapi dikasih obat2an buat mengontrol alerginya..

    semoga wesley asmanya cepet ilang ya..

    • NUH itu mana ya?
      iya dulu aku ya sembuh sendiri, mungkin karena renang juga.
      sayangnya bangedd, aku lupa bilang klo rumah depanku ada 4 lagi dibangun. abis aku baru crita setenga jalan, dia tny mulai masuk skol bulan apa? aku bilang bln oktober. Naa emang riwayat sakitnya dia mulai intens ya november-feb itu. arghh nyesel banged lupa tanya soal udara x(
      perna tes alergi ga anak2nya?

      • NUH=national university hospital, di SG juga.

        tes yg udah pernah: RAST test & Skin Prick Test.. tapi gak semua item/allergen bisa ditest karena banyak banget..

      • ooo hm gatau nih dokter singapore yg ini ga rekomen gw untuk ambil tes alergi. trus hasilnya gimana? kluar banyak yg alergi ga?
        hehe ada blog gak? minta link nya yaa. salam kenal🙂

  3. iya nih, anak saya juga didiagnosa alergi, tapi belum ngecek lebih detail.
    cuma disarankan aja ngehindarin debu (paling susah ngehindarin ini), gorengan , dll

    waktu pulang kampung kemaren, bisa dipastikan, ga ada batuk2nya. balik jakarta langsung kambuh lagi

    • iya klo dokter2 indo bilangnya paling karena alergi n turunan. tapi ya gimana caranya hindarin debu, wong depan rumah lagi dibangun, masa gw mesti pindah rumah?😦 lagian di kota2 besar indo cari udara bersih susyahh..
      tapi ya klo dia pas lagi sehat gini (semenjak dari sing), sbenernya mkn es krim dan gorengan gapapa lo.. klo kmren itu gw dah hindarin ini itu sampe parnoan, eh ya tetep aja batuk terus tanpa sbab yg jelas

  4. hehee.. anak gw sih emang alergi makanan dan dr hasil tes banyak banget yang positif.. kalo yang bukan makanan kayak debu atau tungau gitu sih gak alergi.

    blog-ku disini

  5. saya belum punya baby sih ya… tapi sama banget bengeknya begitu… biasanya gara2 kecapean ato stress… tapi kayanya mah baby sih belom kenal stress yak? Apa mamihnya galak?😆 Smoga sehat selalu yaaa🙂

    • emang ada asma juga? Kalo anak kecil kendalanya terlalu aktip gabisa diem. jadi klo kita batuk kan mestinya istirahat ya, klo anakku gabisa dibilangin suru diemm, walo uda batuk payah masi aja suka loncat2 dsb, akhirnya jadi sesek n bengek deh.
      Makasii🙂

  6. Halo teph gw lagi browsing2 cari tentang dokter anak alergi yg bagus, ehh keluar blog ini. Pas banget anak gw umur 21 bulan. Udah 4 bulan ini buku riwayat kesehatannya penuh sama coretan2 cacing tulisan dokter soalnya bisa tiap 3 mgg sekali dibawa ke dokter Dan keluhannya sama, batuk pilek demam diare. Paling sering sih batuk pilek. Dokter A bilang alergi, dokt B bilang ketepa org. Sampe akhirnya temen kenalin ke dr. Lee Bee Wah di mt E itu. Ehh persis tnyata lu juga ajak anak kesana.
    Gw belom langsung ajak anak kesana, mau tanya2 dulu, gmana teph skg anaknya udah pake alat yg disemprot itu udah membaik blm? Klo udah gw juga pengen bawa anak gw secepetnya. Kasiann bgt aktivitas dia terganggu gara2 sering bapil. Thnku

    • Halo, menurutku alat semprotnya membantu sekali sih. dulu anakku sebulan skali kambuh asmanya, selama 3-4 bulan berturut-turut dan hampir rawat inap RS (tapi batal karna ga dapet kamar). Setelah disemprot rutin tiap hari, sejak Maret kmren sampe hari ini asmanya pernah kambuh sekali doank – itu juga spertinya karena isi semprotannya abis.

      Tapi kasus anakmu mungkin beda karena dia kan ga asma. Coba aja ke lee be wah, dokternya sabar n bae banged. Bakal dijawab smua pertanyaan. Skarang si anakku asma nya jarang kambuh, kalo batuk pilek ya masih kadang2 tapi ga sesering dulu (knock knock knock!)

      Trs gw perna juga kontrol ke dokter jakarta 2 bulan lalu, katanya sih suru jaga lingkungan (mana bisa dok, depan rumah kan ada 5 rumah lagi dibangun?!). Terutama kamar tidur si anak, smua korden harus rutin dicuci, singkirkan sgala macam slimut berbulu yg bisa picu alergi debu, lukisan2 dinding klo bisa gausa ada, singkirin boneka n hiasan2 ga penting, pokonya kamarnya harus minimalis dan rutin disedot debu. Sejak itu gw slaen semprot juga sering2 sedotin debu atas lemari, lukisan, bawah ranjang, dll.. Coba aja deh, nothing to lose😀

  7. Wah pertanyaan gw dibales. Makasih ya. Wah sampe sedot debu atas lemari, lukisan? Hahaa hygienic sekali:) Iya anak gw gak asma. Tapi ya pernah awal Oktober lalu dia batuk parah sampe 2 minggu baru sembuh, itupun terakhir dikasih antibiotik baru sembuh. Oya kmrn ini waktu ke jakarta pake dokter siapa? Thank u

  8. Ping-balik: Liburan Singkat | Nyonya Kecil

  9. halo salam kenal, pas cari2 info ttg Dr. Lee ketemu blog ini. Kalau boleh tahu dokternya bicara bahasa inggris/mandarin saja atau bahasa indo/melayu juga bisa? berapa ya tarifnya? terima kasih 🙂

    • bahasa indo yg general juga bisa dewi, karena pasiennya banyak org indo. tapi waktu itu gw siapin note dlm bahasa inggris untuk tanya2 ke doi, hanya beberapa kata gw campur bahasa indo. tarifnya aku udah aga lupa ya, klo ga sala abis ampir 2 juta termasuk obat2an nya. salam kenal juga🙂

  10. halo,sng bgt nemu blog ini,anakku skr u 4 th,asmanya jg mulai muncul setelah disapih,munculnya cm kalo batuk gr2 tertular..tp da 4 bln ini batuknya srg muncul,mirip wesley yg random,ngekel kenceng bgt,sementara jd ga mnm susu n byk mknan dpantang krn ga jls alergi apa,tp ga hlg jg batuknya..kl blh tau skr wesley mnm susu apa dan apa ada alergi mknan jg?

    • Halo wesley skarang minum susunya campur2, kadang UHT Ultra kadang susu formula Gain Kid. Tapi anak gw susah banged minum susunya dirayu2, jadi sehari ga banyak jumlah susu yg masuk. Kalo gw boleh saran, cobain aja Pediasure (sebelum Gain Kid ini dia minum pediasure), kan setau gw itu makanan cair ya, jadi bebas dr laktosa susu sapi. Cuman sayang pediasure itu manis banged. Alergi makanan kayanya ga ada sih, cman mgk klo makan yg dingin2 trus suka pilek.
      Mungkin anaknya alergi debu?

  11. Ping-balik: Alergi + Asma | Nyonya Kecil

  12. Hi
    Saya jadi rajin membaca “celotehannya”
    Kalau saya ada dokter di Surabaya yg senior banget di Surabaya
    Dulu saya pakai simbycort inhaler untuk pencegahan dan obat racikan selain stok 3 ventolin ( 1 di kamar 1 di kantor 1 di tas)
    Mengenai asma…yg penting anak2 mengerti mereka punya sakit itu (anak saya yg gede juga asma tapi minor). Kenapa? Supaya mereka tahu kapan istirahat dan bagaimana mendapatkan stamina.
    Menurut saya sangat penting anak tahu kondisinya.

    • Terima kasih ya masukannya. Anak saya yg cowo ini emang aktif banget, dan juga ga berenti ngomong, kadang kalo sudah batuk2 saya stop supaya istirahat tapi gamau.
      Setelah baca komen kamu, saya berusaha ngasi pengertian ke dia tentang sakitnya, supaya dia kontrol penyakitnya dan mau istirahat sendiri. Emang bener ya sebenernya asma itu kan bisa dikontrol (dengan semprotan dan perilaku). Nah cuman anak ini masih 6 thn jadi kadang susah untuk sadar diri dan mau istirahat..
      Thank you😀

Tinggalkan Balasan

