Kisah Oei Hui Lan

Beberapa hari lalu aku baca buku Oei Hui Lan tulisan dari dua bersaudara Agnes – Danovar. Bukunya gak tebel dan based on true story. Very recommended reading and I finished it in a day🙂

Oei Hui Lan adalah putri kesayangan raja gula dari Semarang Oei Tiong Ham, yang juga orang paling kaya se Asia Tenggara skitar jaman sebelum kemerdekaan. Sebagai putri konglomerat pada masa itu, dia bisa mendapatkan apa saja yang dia mau. Rumahnya di Semarang besar berhektar-hektar, seperti istana, dan punya taman yang besar, bahkan kebun binatang sendiri dalam tamannya. Oei Hui Lan adalah putri kedua dari istri pertama Oei Tiong Ham. Karena istri pertamanya tidak bisa memberikan anak lelaki, maka Oei Tiong Ham mengawini beberapa wanita lain. Sepanjang hidupnya ia memiliki sekitar 8 istri dan 42 anak (bisa lebih). Tapi Oei Hui Lan ini paling disayang oleh ayahnya, tidak ada keinginannya yang tidak dipenuhi. Bahkan saking sayangnya, kelak Oei Tiong Ham ini ‘hanya’ mewariskan 12 juta dollar untuk istri pertama, 1 juta dollar untuk putri pertama (kakak Oei Hui Lan), dan 15 juta dollar untuk Oei Hui Lan. Pada masa itu warisan sebesar itu tentu sangat sangat luar biasa.

Oei Hui Lan ini kemudian menikah dengan diplomat China Wellington Koo. Walaupun suaminya tidak kaya raya, namun status dan kedudukannya membuat Oei Hui Lan jadi sangat terkenal. Dia bertemu dengan berbagai orang yang punya kedudukan, seperti Ratu Inggris dan Putri Alice dari Monaco. Bahkan ia menjalin persahabatan dengan banyak orang-orang penting di dunia. Semasa hidupnya Oei Hui Lan banyak berpindah tempat tinggal, dari Semarang – London – Paris – Washington –  Beijing mengikuti dinas suaminya. Dan setiap dia pindah dia selalu memugar tempat tinggal dinasnya menjadi istana yang indah. Bahkan di beberapa tempat seperti Beijing, dia membeli istana sendiri!

Buku ini bagus sekali karena dari sisi pandang seorang yang benar-benar kaya (sungguh baru tau apa artinya kaya-raya-gak-ktulungan ini setelah melihat kisah hidupnya), namun di akhir hidupnya ia menyatakan bahwa uang bukanlah segalanya. Justru uang membuat keluarganya hancur dan saling memperebutkan warisan.

Komentar ku setelah baca buku ini: bener-bener deh baru tau ada orang kaya yang beli rumah sperti beli henpon, beli dimana-mana, stiap beli bukan sekedar rumah 600 meter tapi sebesar istana. Dan keren juga ternyata ada orang terkaya seAsia Tenggara yang rumahnya di Semarang. Sampai sekarang rumah ini masih ada, difungsikan sebagai tempat kursus bahasa Inggris dan hall tempat resepsi pernikahan. Namanya Bernic Castle, kadang-kadang aku dapet undangan kawinan disitu🙂 Baru tau ternyata menyimpan banyak sejarah!

Nih foto penampakan Bernic Castle dari brosurnya, rumah Oei Tiong Ham sekarang..🙂

19 thoughts on “Kisah Oei Hui Lan

  1. Aku pernah baca resensi singkatnya di toko buku tapi waktu itu gak beli. jadi tertarik nih setelah baca reviewnya. Ingin merasakan juga jadi wong sugih meskipun hanya lewat imajinasi saat baca buku. Kalau baca Shopaholic malah gak menikmati, yang deg-degan membayangakan dikejar utang😉

    • haha shopaholic aku juga suka, soalnya lakonnya konyol abis, kalo baca gw bisa ketawa ngikik-ngikik sendiri😀
      Ini bagusnya Oei Hui Lan karna berdasar kisah nyata, jadi seperti baca sejarah kehidupan seseorang gitu😀

  2. Ampun dah..bagus amat itu rumah..mmm itu mah bukan rumah tapi istana😉
    ceritanya ok banget..jadi pengen baca😉
    thanks banget yau dah berkunjung ke blog ayu dansempat tinggalkan comment
    sangat menghargainya
    salam hangat

  3. Ga bs ngebayangin indahnya Bernic Castle tuh kek apah. Lawong aku klo ngeliat bangunan tua yg kuseeeeem n ga terawat aja, udah deg2an saking demennya ama bangunan tua peninggalan jaman Belanda. Btw Bernic Castle skrg dikelola siapa ya? Pemkot?

    • Setauku swasta. Yang punya temen papaku, orang kaya di semarang yang marganya Ho, which is masuk akal klo dia naksir ini gedung, karena berdasar sejarah si Oei Tiong Ham punya gundik kesayangan bernama Lucy Ho. Tapi baru thn ini atau thn lalu, dilepas dan dijual ke orang laen, gatau siapa🙂

  4. huiii tepiii. Sik tak baca dulu yo blog entry mu 1-1 tep, ketinggalan JAUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUUH banget gwwww teppy😦 huuuu. Kangen bacain entry elo 1-1 teppyyy, ini bukunya bagus banget kayanya yah tep, di gramed gitu ada kan ya? nanti mau titip bawain ksini ah.

    • ada banyakk sihh dulu – gatau skarang hahaha, dan harganya juga ga mahal seinget gw. soalnya bukunya tipiss..
      wah keluarga lu dari indo sering dateng ke perth kah?

  5. ehh gw baru beli buku itu tuh udah bulan lalu sih, tapi belom sempet dibaca..waktu liat resensi kayanya ceritanya ngalir bagus makanya gw beli biasa paling gak suka beli kisah nyata hahaha…

    bagus yah istananya euyy…

    • iya belakangan gw beli buku-buku karangannya agnes davonar. Biasanya dia nulis semacem kisah nyata / semi biografi gitu. Menarik-menarik tokoh yang ditulis dia heuhehe

  6. Nih buku emang top markotop, bacanya bikin ga mau diganggu sma apapun..istananya kliatan keren tp sayang yg asli cm bangunannya aja, ornamen2 didlmnya udh ga ada yg asli..thn kmren pnah ikut jln2 dan masuk kedlm bangunan eks. istana oei tiong ham ini..

    • oh iya ya, gw pernah beberapa kali kesana cman kalo acara kawinan doank. ga terlalu lihat2 dalamnya seperti apa sih, soalnya uda dibungkus interior pesta yah hehehehe.. gatau mana yg asli mana yg interior pestanya😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s