Aku (hampir) Tertipu

Ini bukan tentang yang lagi rame di dunia perblog an.. Tapi gara-gara itu gw jadi inget apa yang menimpa gw setaon lalu, yang entah kenapa waktu itu gw lupa tulis disini.

Ceritanya diawali ada seorang cewe yang add BBM-ku. Gw approve karna gw ga pernah sebarin pin BB di media social, jadi biasanya yang add gw ya orang yang nanya langsung bb pin gw atauu temennya temen gw – which is safe menurut gw.

Nah setela di approve, kok orang ini kaga nyapa-nyapa gw. Nickname nya ga jelas n gw ga mengenali siapa, profile pic juga gambar anak kecil dan anjing piaraan.. Jadi gw sapa donk: “Eh ini siapa ya?” Trus dia jawab kalo namanya Dewi, ih masa lupa sihh?

Gw: Sori, Dewi yang mana? Apa Dewi Delima? (maaf nama disamarkan)
Dewi Delima (DD): Iyaaa.. gimana kabarnya?

Trus kita chat saling tanya kabar gimana lah gitu, n berakhir biasa aja. Gw ama DD ini sbenernya bukan temen deket gimana, DD ini adeknya temen cowo gw. Setau gw DD ini lagi kuliah di Amrik, jadi terakhir kita ketemu udah lamaaa banged jaman dia SMA, doi adek kelas gw. Setelah hari itu, beberapa kali doi chat ama gw. Pernah dia BBM: “Eh apa (nyebut nama dede gw) lagi di Semarang ya? Rasanya tadi barusan liat di Citraland ama Mama kamu”.. Which is emang bener adek gw yang berdomisili Jakarta lagi maen ke Semarang dan pergi Citraland ama mamih. Semua masih berjalan biasa, sampe suatu ari..

Tiba-tiba di suatu malam doi BBM

DD: Cikk, aku mau minta tolong tapi ga enak nih..
Me: Hm knapa??
DD: Aduhh gimana ya, ga enak ik cik
Me: Ada apa sihh? (tamba penasaran)

Akhirnya DD jelasin bisa minta tulung gw transfer in ke rekan bisnis dia ga. Sbab dia janji hari itu bakal transfer, eh tadi siang pas lagi mau bayar, ATM nya ketelen ama mesinnya. Trus ATM lagi diurus sedangkan rekan bisnisnya uda ngejar-ngejar dia untuk bayar. Gw tanya lah knapa ga minta tolong koko nya (si temen gw itu) atau ortunya. Katanya ortu n kokonya lagi pergi keluar negri, ke Hongkong. Jadi dia bener-bener sendirian. Akhirnya gw tanya berapa yang perlu gw transfer? Trus dia nyebut nominal (kalo ga sala – uda lupa-lupa inget) 2 juta sekian.. n nomer account si rekan bisnis.

Pertamanya gw percaya bener ama dia. Sbab adik temen gw ini orang taat ke gereja, skolahnya pinter, dan gw tau dia sejak masi piyik di kelas 1 SMA. Tapi.. tapi.. hati gw ada yang ganjel. Sbab gw ama dia ini kan udah lamaaa banged ga ktemu, n barusan kontak lagi via BBM. Kalo dia mau minta tolong minta hutangan, bukannya mestinya minta tolong ama orang yang deket? Doi bilang juga sih kalo sempet minta tolong temennya tapi temennya itu beda bank jadi kena charge ato gimana. Tapi tetepp aja aneh. Kalo gw jadi dia gw pasti minta hutang dulu ke rekan bisnisnya itu, atau hutang ke temen deket yang bener-bener deket. Bukannya ke gw.

Insting detektif gw mulai jalan. Gw pengen memastikan bener ga nih orangnya. Jadi gw sibuk menyelidik ke temen-temennya si kokonya DD, apa bener itu sekeluarga pergi ke Hongkong?? Ada yang gatau, ada yang bilang dengan yakin, si kokonya DD emang lagi pergi ke Macau. Macau ama HK kan nyebrang doank ya, jadi ini bisa jadi bener.

Misua gw langsung bilang: coba aja telpon orangnya, nanti kan ketauan suaranya gimana. CENGLI! Jadi gw minta nomernya dengan suatu alasan, trus gw telpon nomer itu. Pertama nelpon gak diangkat – gw mulai curiga. Eh beberapa menit kemudian doi telpon balik, tapi pake nomer yang lain. Suaranya cewe, kaya nonik-nonik muda gitu. Masalahnya: gw juga udah lupa suara si DD ini gimana?!!! Argh tolol pisan, emang dari dulu gw kan sobatan ama engkonya – bukan dia, jadi gw juga gatau persis suaranya sperti apa khann.

Gw ga menyerah, gw ajak dia ngobrol ngalor ngidul sambil coba mancing-mancing. Gw tanya kabar Kokonya gimana? Uda punya pacar belon? Trus doi bilang kalo kokonya itu susah, naksir sana sini tapi ga ada yang serius (which is gw pikir kayanya bener juga nih) jadi belom punya-punya (emang bener sobat gw ini masi single). Trus Kokonya skarang kerja apa, katanya sih kerja sendiri nglaju ke mana blabla (pokoknya meyakinkan deh), gamau nerusin usaha Bapaknya, soalnya sering ga cocok beda prinsip kerja ama Bapaknya (hmm bisa jadi bener juga sih – astaga gw juga gatau urusan pribadi sobat gw ini donk!). Trus gw tanya apa gereja nya masi di ST? Doi bilang udah engga, skarang pindah gereja di PP (which is emang bener). Trus kokonya ini lagi jalan-jalan ke Hongkong (gw uda confirm ama temen engkonya, emang sobat gw ini lagi ke Macau).

Alhasil selese tutup telpon gw malah tambah bingung. Kalo dari cara ngomongnya sih emang kaya nonik-nonik dan jujur gitu, trus infonya ya beberapa emang bener. Nah malam itu gw bilang kalo M-banking gw macet, uda dicoba gabisa terus, jadi bsok pagi-pagi akan gw coba lagi. Padaal saat itu gw lagi ulur waktu sambil brusaha cari last-info ke temen gw yang adeknya sobatan karib ama DD. Tapi malam itu temen gw blom bales message gw. Bsok nya pagi-pagi temen gw ngabarin, adeknya bilang kalo si DD itu masih di Amrik, belom pulang ke Indo. Aslik gw kaget donk, trus kmaren yang bicara di telpon ama gw – yang ngakunya uda for good dari Amrik n skarang kerja bantu Bapaknya – itu siapaaa??? Dan yang slama sebulan lebih ini ada di BBM gw dan chat ama gw itu siapaaa???

Dan yang bikin gw tambah yakin ini penipuan, pagi-pagi bener si DD gadungan ini udah BBM gw berulang kali mendesak gw untuk cepet transfer. Buset deh masa ngutang aja buru-buru amat.

Gw diemin kaga transfer. Trus si Dewi yang asli nih tau ceritanya dari si Cicit (adeknya temen gw yang malam2 gw message). Doi langsung add BB gw dan nanya kronologisnya gimana. Dia juga bingung banged kok ada yang pura-pura jadi dia, dan tau detil keluarganya (soal kokonya pergi kemana dan gereja dimana). Trus dia minta BB pin si DD gadungan. Abis si Dewi asli konfront ke DD gadungan, langsung tu orang ngibrit. BBM kita didelete dari contactnya. Waktu itu gw baru NGEH – gw ampirrr dikit lagi aja kena sebuah penipuan.

Tapi kok ya ada orang seniat itu yah? Ada di BB Contact gw selama sebulan lebih, chat ama gw saling berkabar-kabaran, trus kok dia tau nama adek gw – tau adek gw di semarang n katanya liat ade gw ama mami gw? Trus kok dia tau tentang kokonya DD pindah gereja? Kalo tentang adek gw, blakangan gw sadar doi perna minta BB pin adek gw dan doi juga beberapa kali chat ama adek gw. Mungkin dari situ si DD gadungan ini tau kalo ade gw lagi maen semarang n pergi citraland ama mamih.

Kokonya DD juga setelah balik liburan langsung nanya ke gw gimana kronologisnya, ternyata soal kerjaan itu salah, doi ga ada masalah tentang nerusin usaha Bapaknya, trus dia juga ke Macau doank, gak ke HK. Tapi sisanya sih bener.. Doi penasaran banged sampe BB pin si DD gadungan itu mau dibawa ke Grapari untuk dilaporkan tindakan penipuan. Tapi gatau tu kabarnya gimana, gw juga ga nanya lagi.

Gw bersyukur gw masih lolos dari penipuan, yang menurut gw cukup hebat dan amat meyakinkan. Yang sampe ari ini juga gw masih bingung, kok bisa ya dia dapet BB pin gw? Kok bisa ya doi tau macem-macem tentang keluarga DD yang asli?

PS: Tiba-tiba gw ingat gw masih simpan capture-an profile dia. Nickname nya Pleveleura. Hati-hati ya friends, a world is not as safe as we thought.

16 thoughts on “Aku (hampir) Tertipu

    • iya niat banged nipunya.. gw pikir bisa jadi dia riset dari fesbuk setelah gw nanya apa ini “Dewi Delima”? Ya bgitulah sosmed, menyenangkan skaligus bisa jadi alat buat penipuan

  1. Berarti si penipu kayanya orang yang cukup kenal ama keluarga DD dan tau temen2 keluarganya DD..
    Duhh jaman skg susah ya.. mau berbaik hati tapi lebih banyakan yg nipu drpd yg bener2 kudu ditolong..

    • iya temen gw, kokonya itu juga ngotot mau diusut karna dia berasa mungkin salah satu orang yang dia kenal yang pura-pura jadi adiknya. Tapi menurut gw sih bisa jadi si penipu itu search di fesbuk begitu gw nyebut nama lengkap “apa ini Dewi Delima?”
      Iya pokonya yang berbau2 transfer duit itu emang banyakan nipunya

    • Hmm bisa jadi gw yang tanya len waktu itu: “eh km udah for good?” trus dia mengiyakan. Tapi emang aneh, gw berasa nyambung aja waktu chat ama dia, ga curiga sama skali. Sampe pas ketauan kalo nipu itu gw sempet ga percaya, apa ini si DD yang punya kepribadian ganda? (sempet curiga ama temen sendiri hehe). Atau sperti kata lu mungkin orang deketnya, tapi doi kan temen2nya orang kaya smua, masa ada yang niat nipu bgitu sih.. Aukk ahhhh pusing, tetep jadi misteri besar sampe ari ini hehe

  2. hai hai…aku berkunjung yaaa🙂

    duh…cerita elu serem ya. jaman sekarang orang bisa pake cara apa aja buat nipu. tapi bener sih kata leony. itu pasti orang deket sampe dia bisa tau detail2nya. hati2 aja deh jaman sekarang.

  3. aduh yg nyoba2 nasib jadi penipu tuh banyak ajeee yah?
    Gw kenanya malah, disuruh booking-in kamar di lucky plaza..tapi alamatnya ke rekening bca di indo atas nama sapaaa gitu…-mang gw odong apa ya? –

    Gw blg aja ” sori, g amau..males repot transfer2..kl situ mo jalan2..jgn repotin orang laen, apalagi org yg ga dikenel .. “

  4. Iiiih tep, serem gila, secara ga langsung ini DD mengintai banget ga sih, dia tau muka kita, profile pic yg kita pasang… Suami elo anak elo kalo mukanya kepasang juga di bb… Gw tuh kaget banget waktu cerita pepi bersliweran di blog2 orang, kok ada ya yg niat utk bohongin org seperti yg mereka lakukan itu…

  5. halo.. salam kenal teph! Bw dari blognya Khatsa, eh.. ternyata sama2 wong semarang🙂

    UNtung banget ga ketipu ya, sekarang orang pada canggih2 kalo mau nipu..😦 makanya aku sendiri juga baru2 ini ngalamin di sms ama stalker jadi berpikir berkali2 buat pasang wajah + anak2… terlalu parno ato sudah semestinya ya🙂

Tinggalkan Balasan

