Pasar Imlek Semawis 2013

Sincia datang, angpaw na lai? *hihihi belon belon uda nodong*

Acaranya pada ngapain Sincia ini? Kmaren malam kita makan-makan ama ortu gw di Chinese Restaurant. Iya nih emang gak pernah deh Sincia kita makan-makan di rumah secara semua malas masak. Mau gampangnya aja, makan di resto heuheue. Lagian kita ni memang keluarga kecil. Papa gw punya 1 adik, Mama gw juga punya 1 adik, dan dua2nya domisili di Jakarta. Jadi begitulah kita jarang ngumpul khusus untuk even Chinese New Year. Tapi taon ini adik Mama gw juga ikut bergabung dengan kita, datang nanti malam dari Jakarta ama anak2 dan cucunya. Jadi kita bakal 2 malam berturut-turut makan besar! *maka dari itu kmaren gw bela2in belly dance, bakar lemak dulu lah*

Keluarga gw ngga yang terlalu heboh rayain Chinese New Year, gak beli baju-baju baru *abisnya selaen CNY juga mami sudah hobi beliin kita baju*, gak keliling rumah tetua untuk pai cia n panen angpao *abis mak ngkong kita tinggal serumah di rumah mami*. Trus potong rambut juga enggak hehehe.. Cuman sejak gw masuk ke rumah mertua, ada kebiasaan baru yang gw baru tau: rumah gak boleh dibersihkan saat CNY. Katanya gak bole nyapu debu, nanti rejeki nya ikut tersapu keluar. Meski gw gak pecaya beginian, tapi gw pikir ini ide bagus buat meliburkan pembantu-pembantu di rumah gw. Bole lah skali setaon mereka leha-leha doing nothing😀

Oya gw mau cerita Pasar Imlek Semawis di kota gw. Kenapa intronya jadi panjang bener ya hauhauhau. Seperti biasa, menjelang Sincia, ada pasar Semawis. Kalo hari biasa, Semawis ini selalu ada setiap weekend (Kamis, Jumat, Sabtu) di kawasan Pecinan. Dulu jaman gw SMA, gw sering maen kesini kalo wiken, maklum hiburan masi dikit, belom ada Paragon mall n karoke2 belom berjamuran apalagi kafe bleh kaga ada! Nah di Semawis ini biasanya makanan-makanan warungan tumplek blek buka cabang disini. Sate babi singapore, Soto, Nasi ayam, Lumpia, Es Cong Lik, you name it lah.. pokoknya kuliner nya bisa ronde pertama, kedua, dan ketiga. Karna kan porsinya kecil2 dan gw pecinta dessert gitu lho.

Lama-lama Semawis ini jadi rame bener dan misua gw ogah kalo mesti bawa-bawa anak kesana, apalagi kalo tiba-tiba ujan -wah bubar deh. Stelah mengeluarkan rayuan maut, akhirnya misua gw mau diajak ke Semawis kmaren. Khusus buat Chinese New Year biasanya Semawis lebih meriah dan pindah ke lokasi yang lebih luas. Tapi perasaan gw kok tetep sesek aja ya kmaren hmhh.. padaal gw uda datang jam 10 malam lho (cari parkir dari jam 9).

IMG_1520

Setiap Sincia, lokasi Semawis pindah ke Wotgandul

IMG_1514

banyak yang jual cheongsam anak

IMG_1513

rame stall makanan dan laen laen

IMG_1516

Tadinya mau makan es duren Cong Lik, apa daya durennya uda abis. Trus nemu stall ini, tanpa ba bi bu langsung serbuuu

IMG_1518

Es Mendem Duren Putih

IMG_1510

Foto trakhir knapa si unyil pencet idung? Soalnya emang ada bau campursari gitu deh, antara bau got, bau asem kringet, dan bau asep rokok… hahahaha. Atau dasar anak gw anak kota, biasanya nge mall mulu gaperna diajak ke pasar. CKCKCK

Happy Chinese New Year Everyone!! Gong Xi Fat Choi!

Abis ini Valentine yahh. Emang di Indonesia ini asiknya: Lebaran – pesta! Natal & Taon Baru Nasional – pesta! Taon baru Imlek – pesta! Banyak liburnya huehuehe. Bsok senin skul unyil juga libur bersama, asik yah. Sapa tau Valentinan ntar libur juga *pletak*.

14 thoughts on “Pasar Imlek Semawis 2013

  1. wah keliatannya seru pasar semawisnya… tapi sayang juga kalo bau ya. hahaha.
    btw lokasinya ini kalo siang tempat apa ya? pasarnya malem doang kan ya?

    happy chinese new year ya!

    • Iya klo pas Sincia gini jauh lebih sesek daripada hari biasa, jadi aga susah jalannya. Bau sih masih tolerable, mungkin anak gw yang gak biasa kali ya – gak perna dibawa ke pasar sih hauhaha
      Kalo siang ini kawasan Pecinan, sepanjang jalan ya toko-tokonya orang Chinese, Klenteng, rumah makan – rumah makan. Happy Chinese New Year too!

  2. Terakhir kali ke pasar imlek semawis 6 taun ygll soalnya msh blm ada anak, imlekan bisa pulang. Skrg kl ke semawis palinh pas mudik lebaran / desember🙂

    Es mendem duren kios baru ya teph? Kmrn desember kayanya blm ada ? Kalo ke semawis gw biasanya beli soto, suami sukanya sate babi ala sate kambing, terakhir ini ngefans ngoyang hihihi… Ya ampun baru aja mudik, skrg jd pengen mudik lagi😀

    Happy chinese new year!

    • iya dulu gw juga suka sate babi nya. tapi kalo pas imlek gini kliatannya stand2nya brubah smua deh, bukan yang biasanya. hehehe

  3. ci, mau tanya dong..
    cici masi tinggal di semarang ga ya?
    kalo ia aku mau tanya, biasa kalo sincia gitu tutup ga ya ci pasar semawisnya?
    aku ada rencana mau maen ke semarang tgl 18 februari ntar, kan sincianya tanggal 19 feb.
    Kalo wotgandul itu dimananya ya ci?jauh kah dari lokasi pasar semawis biasanya?
    Thanks before ya ci😀

    • Masi di semarang kok. Justru kalo Sincia biasanya semawis ada acara khusus. Dipindah ke lokasi jalan yang lebih besar, jualannya tambah banyak (biasa cuma makanan, ini jadi macem2 ada baju dll), dan buka nya lebih lama.
      Wotgandul itu ya deket sama tempatnya semawis, tinggal jalan aja. Tapi tergantung dipindah ke posisi mana semawis nya, tapi masih 1 kompleks daerah Pecinan situ kok.
      Selamat maen ke semarang ya, jajanannya enak-enak di Semawis, aku demen sate babi nya dan es durennya😀

      • oh kirain kalo sincia pada ga jualan ci. es duren yg es conglik itu ya ci? katanya bacangnya juga enak ya ci..jadi ga sabar pengen kulineran di semarang..tiap nyari info tentang semarang, tapi jarang yang ngebahas tempat wisatanya ci, kebanyakan kulineran. Jadi agak bingung mau jalan ke semarang kemana aja, pengen ke ungaran tapi dari yang aku baca, trasnportasi umum agak sulit buat kesana ya ci?

      • jualan mala tamba rame bangedd pengunjungnya, sampe jalan aja sesek2an. Iya ada conglik, ada laennya juga. Hehehe di semarang memang ga banyak tempat wisata, paling kulineran doang. Kalo mau pemandangan bisa ke Ungaran, Mang Engking, Cimory, ato Bandungan (Susan spa). klo transportasi umum kurang tau ya..

      • thanks ya ci infonya, cuma aku gatao ni jadi apa ga ke semarangnya. Kemarin baru periksa ternyata ada usus buntu, dan harus segera di operasi.😦

Tinggalkan Balasan

