Short Trip to Jogja – Hotel Tentrem

Long wiken kemaren pas liburan Paskah, kita jalan-jalan ke Jogja. Tujuannya apa nih? Yupp nyobain hotel baru yang happening di Jogja, belom lama buka, dan masih promo Rp 855.000, – per malam. Katanya sih kalo udah gak promo (sekitar bulan Juni) ratenya jadi normal Rp 1,5 juta per malam. Namanya Hotel Tentrem, pemiliknya adalah Sidomuncul Group.

Kamis kita berangkat rame-rame sama temen-temen, gw numpang mobil temen, doi ber4: suami-istri-anak-sus. Gw juga sama ber4. Hidup Kijang Innova!😛 Karena empunya mobil alumnus UKSW Salatiga, dan lagi ngidam Pecel Madya, maka kita mampir ke Salatiga dulu. Gw ini ga doyan pecel. Gw sering bilang ke temen gw, gw ini ga suka saos kacang, makanya ga doyan pecel, ketoprak, gado-gado dan sebangsanya. Tapi gw doyan sate dan siomay Bandung (dua-duanya pake saos kacang donk yaa). Temen gw langsung memvonis gw: “Bilang aja lu ga doyan sayurr, jangan nyalahin si saos kacangnya” Hahahaha bener juga yee, yang per-daging-an mau dikasi saos apa juga gw tetep doyan😛

Truss dari Salatiga kita menuju Jogja, sepanjang jalan sawah-sawah hijau yang cantik. Entah tu temen gw lewat jalur mana, pemandangannya baguss. Gak lama kemudian kita sampe di hotel Tentrem, Jogja. Kesan pertama, ini hotel mewah banged, macam hotel Mulia di Jakarta gitu. Trus gw masuk ke kamar mandi di lobinya, ehh bau-bau aromatherapy macam hotel di Bali gitu. Gatau deh itu aroma ylang-ylang ato frangipani, yang jelas enak dan rilekksss bener. Eits ini baru kamar mandi lobinya.

Oya meski gw berangkat sama rombongan temen-temen (5 keluarga plus anak-anaknya), mertu n cici ipar gw juga ikut kesini. Mereka dari Jakarta, nginap seminggu di Semarang dan menghabiskan 2 malam terakhir nginap di Hotel Tentrem ini. Kalo temen-temen gw cuman nginap semalam aja trus bsoknya uda pulang. Gw n misua n anak lanjut 2 malam juga sama kaya mertu.

Trus gw check in hotel, kamar kita bagus, kita sengaja pilih twin karena biasanya twin bed, per bed nya tetep besar. Jadi gw tidur seranjang ama anak gw, si misua leha-leha deh tidur seranjang sendiri.

IMG_1545 IMG_1548

Balkon kamar

the pool

the playground

Hehehe sebenernya hotel ini cocok banged buat yang bawa anak-anak. Mereka bisa renang, main di playground seharian, sedangkan bapak ibunya bisa nyantai leha-leha di restoran atau spa! Ya ada spa dan sauna disini. Jacuzzinya bagusss lho!

Keunikan hotel ini adalah suasananya yang kental budaya Jawa. Jadi disini dari resepsionis sampe semua pegawainya selalu menyapa kita dengan “Sugeng Siang” instead of “Good Afternoon”, furniturnya buatan lokal yang kualitas export: Saniharto, dannn seragam-seragam semua pegawainya adalah karya disainer Anna Avantie. Kalo boleh dibilang bahkan dua-duanya orang Semarang.

Trus disini juga jual berbagai pernik batik, mulai kain sampai baju jadi dan tas. Mainan anak-anak yang jadoel. Oya, pemilik hotel ini sama dengan yang punya restoran Koenokoeni di Semarang, jadi tidak heran konsepnya masih 1 aliran: budaya Jawa, tempoe doeloe, barang antik, dll. Bedanya hotel ini dikemas sangat modern, langit-langitnya tinggi dan interior nya mewah.

Nah yang gw gak sangka, ternyata Jogja ini kemana-mana macet, jalanannya kecil-kecil. Jadi pas kita disana, mostly kita spend time only at the hotel. Apalagi pas kita disana, ujan terus seharian. Jadi kita keluar cuman pas pertama datang abis cek in kita cabut ke ayam goreng Suharti, abis itu kita stay di hotel terus.

Tapi kita sempet minta sopir beliin gudeg terkenal di Jogja, yakni gudeg mercon! Sesuai namanya, pedesnya kaya cabe rawit, kalo pas kena pedesnya bisa pedes sampe ke kuping. Tapi bagian gudeg nangkanya aja yang pedes, kalo gak dimakan nangkanya ya gak pedes-pedes amat. Misua suka banged gudeg mercon ini, apalagi dimakan pake kerupuk, really must try!😀

Begitulah liburan kita di Jogja. Begitu balik liburan, temen-temen gw langsung mupeng plan another short trip, next: Jatim Park (kalo jadi). Kasi rekomendasi kemana aja ya kalo kesono + Surabaya😀

16 thoughts on “Short Trip to Jogja – Hotel Tentrem

1. Woahhhhh…definitely mau dicoba tuh si Tentrem! Breakfastnya gimana Teph? Bagus ya dan kayaknya standard international banget size barang2nya.

• breakfastnya oke, lengkap dari model western (sausages, bacon, fries, omelette, any kind of eggs), chinese (noodle and dimsum), japanasese (a bit of sushi, miso soup), tapi yang paling oke di lidah gw ya masakan indo nya: soto n gudeg😀
      Truss yang asik lagi, ada waffle, pancakes, and ice cream. Bebas mau kasi topping apa. Wafflenya lebih enak daripada pancakenya, asli renyah gitu.

• iya dulu gw pikir kenapa namanya ‘kurang menjual’ gt ya. tapi gw jadi paham filosofi empunya hotel, mereka mau kita bangga berbudaya dan berbahasa Indonesia😀 gak kaya hotel-hotel laen yang namanya kebarat-baratan. Well it is good to be different!
      Lahh brati lu suka sayur asal dikasi saos ya?😀

2. duh bagus banget yah hotelnya, tapi 800rb ukuran jogja kaya mahal hahaha *pelit* heran yah hotel bandung, bali juga napa mahal2 mungkin kental suasana khas budaya indonesia

tapi justru gw demen hotel2 gini buat di nikmatin sama buat foto2 hahaha…

• iya klo dibandingin harga hotel jakarta sih ini lumayan murah, tapi masalahnya gw bingung di Jogja mau ngapainnn. Kalo di Jakarta kan bisa mall to mall ya hauhahaha. Sedangkan Mall di Jogja biasa aja, ke Borobudur bawa anak kayanya masi repot, ke pantai pas hari besar males desek-desekan, lagian Jogja ternyata kemana2 macettt T_T Padaal deket aja loh jaraknya tapi lama gara2 macet.
      Jogja, Bali, Bandung, banyak turisnya kali yahh.. makanya lebih mahal tarifnya daripada hotel paling bagus di semarang.

3. suka hotelnyaa :DD
    eh aku malah suka pecel sama gado2 lhoo *barusan suka sih* tapi ngga pernah makan sayur selaen sayur bayem hwahahaha