Sakit Flu Berujung Sinusitis

Sebenernya gw dah ngebet mau posting jalan-jalan ke Jatim Park kemaren, tapi gw rasa yang ini lebih penting haehehe.

Jadi ceritanya long holiday (tanggal 8-12 Mei) kmaren, misua ngajakin ke Malang, Batu buat main di Jatim Park. Kebetulan temen gw sepasang suami istri (yang juga hamil) dan anak mereka, mau ke Jatim Park. Suami istri ini dulu kuliah di Surabaya, jadi kalo kita ikut mereka jalan-jalan kan ada guide buat kulinernya gitu hehehehe.

Nahh hari Jumat nya tenggorokan gw tiba-tiba gaenak, Sabtunya gw batuk-batuk gatal alias batuk kering, trus Minggu nya gw udah batuk berdahak yang rame bener. Hwaaa gimana nih, mana malamnya gw agak-agak sesak napas dan ada bunyi ngikk samar-samar. Note dulu gw memang punya asma, tapi sudah bertahun-tahun sejak gw SMA, gw ga pernah kambuh lagi. Misua langsung bilang Senin mau cancel flight dan hotel. Gw bilang tunggu dulu deh Senin gw ke dokter dulu, siapa tau abis liat dokternya eh minum obatnya trus gw baikan.

Setelah 2 malam gabisa tidur terganggu batuk, akhirnya Senin pagi itu gw meluncur ke obgyn (yang sbenernya bukan obgyn gw biasanya, tapi obgyn gw biasanya prakteknya masih nanti malam), trus diresepinlah gw Fleumucyl untuk batuk dan Rhinos untuk pileknya. Gw tanya juga dokternya, “Dok saya sebenernya Rabu ini mau ke Surabaya, apa dicancel aja ya Dok?” Dokternya malah bingung knapa mau dicancel, katanya: “Gapapa pergi aja, anggap aja liburan. Abis minum obat paling 2-3 hari baikan.”

Nah pulang ke rumah, misua gw nelpon ngabarin kalo flight dan hotel semuanya gabisa dicancel, alias kalo kita ga brangkat, ya hangus uangnya😦
Yaudah gw putusin tetep berangkat, sambil ngarep smoga dengan gw banyak tidur terus + minum obat, gw akan cepat sembuh. Ternyata Selasa pagi gw masih merasa tidak membaik, semalaman gabisa tidur lagi karena batuk. Akhirnya gw mulai keder juga, gw dalam kondisi hamil, mau ke Batu Malang Surabaya tanpa bawa suster, ngurus si krucil 3,5 taon yang makan + susu nya susah, sakit pula!

Akhirnya gw bilang ke misua, kan tiket dan hotel gabisa dicancel, gimana kalo kita ajak aja si sus, gw takut teparrr gakuatt.. Akhirnya kita ambil solusi itu: membawa seorang bala bantuan😀 Padaal beberapa ari sebelomnya gw dah bilang ama si sus kalo kita kasi dia pulang kampung tanggal 8-12, eh gw tarik balik deh omongan gw, untungnya dia bilang gapapaaa dengan senyum tulus. i looppp u pull deh sus.

Nah temen gw yang lagi hamil juga itu begitu tau gw bawa sus, langsung dia juga mau bawa mbak nya. Gubraggg knapa juga gak dari kmaren-kmaren gitu, padaal gw uda nanya sebelomnya kalo dia mau bawa mbak nya, kan gw juga bisa bawa sus gw. Biar mereka bisa tidur bareng gitu, share kamar hotel yang murah. Tapi doi sebelomnya kliatan keukeuh ga butuh bala bantuan, gw takjub juga padaal doi lagi hamil gede + naek mobil ke Surabaya. Gw sih naek pesawat hehehe, misua gw tidak ada keinginan menyetir road trip.

Nah berangkatlah kita ke Surabaya – ceritanya di posting berikutnya.

Selama gw disana, gw tetep pilek dan selalu butuh tissue kemanapun gw pergi. Pulang ke Semarang, gw tidur terus berhari-hari dengan harapan cepat sembuh, tapi pilek gw masih aja nempel. Padahal obat Rhinos gw udah lama abis diminum. Eh lama-lama, gw merasa gigi gw cekot-cekot, kepala gw pusing sebelah. Besoknya masih sama, gak ilang-ilang malah tambah parah. Rasanya ada saraf atas geraham gigi yang tertekan, naek ke atas ke tulang pipi dan ke kepala kiri gw. Rasanya sakit banged sampe pengen pukul kepala pake palu godam.

Gw meluncur ke Dokter Gigi karena gw pikir mungkin gigi gw lubang. Di dokter gigi, dia bilang gak ada lubang tapi ada abrasi, jadi gusi gw naik karena gw nyikat gigi belakang gw terlalu keras. Trus dilapisinlah gigi gw dan gw berharap mudah-mudahan itu penyebabnya dan cekot-cekot gw akan hilang. Eh ternyata bsoknya masih sama aja. Sampe gw seharian berbaring mulu di ranjang, pusing sebelah gaenak banged rasanya. Gw search di Google soal ciri-ciri penyakit gw, dan ternyata itu gejala sinusitis. Malam itu gw pergi ke obgyn langganan, tapi doi keliatan ga yakin kalo gw mengidap sinusitis, karena doi tekan pangkal idung gw dan gw gak berasa sakit. Lagian malam itu (entah knapa sakit gw ini menjadi-jadi kalo siang hari dan berangsur membaik saat malam) gw keliatan seger buger ga kaya orang kesakitan. Padaal bsok siangnya berulang lagi loh, sakit cekot-cekot dari gigi ke pipi ke kepala, sampe gw cuman bisa berbaring di ranjang sambil merintih-rintih.

Akhirnya gw pergi ke dokter THT. Gw bilang sebelumnya, gw lagi hamil 3,5 bulan jadi gw mau obat yang aman, dan gw ga yakin gw boleh rontgen wajah. Setelah diperiksa, jadi kamera kecil dimasukin ke idung gw, ternyata idung gw sebelah kiri memang ada peradangan alias sinus tapi nggak parah, dan katanya bisa diobati oral saja. Gw diresepin Augmentin (sejenis antibiotik tapi katanya super ringan dan aman untuk bumil), dan Aerius untuk pileknya.

Ini sudah hari ketiga, dan puji Tuhan memang berangsur membaik! Gw masih merasa ada yang ganjel sekitar pipi dan gigi, tapi sudah ga cekot-cekot pusing lagi :D Mudah-mudahan sembuh sempurna ya. Ini pertama kalinya lho gw pilek sampe kena sinusitis. Mungkin karena pilek gw udah hampir 2 mingguan trus jadi infeksi😦

Memang kesehatan itu baru terasa berharga saat kita lagi sakit. Makanya gw bertekad besok-besok gw harus rajin minum jus buah tiap hari!

 

 

24 thoughts on “Sakit Flu Berujung Sinusitis

  1. Ada bakat alergi ya, bu? Emang sinusitis bs dr flu tuh, kl perlu didrainase ama sterimar kl flu lg. Aman utk wanita hamil.

  2. eh.. gw jg barusan semalem nangis *biasa bawaan hormon* terus malah jadi pilek. paginya kepala gw cekot2 sama gigi juga rasa gak enak.. jangan2 gw kena sinus juga nih? hufft…

    • hehe coba liat dulu beberapa ari, sapa tau klo lu yang masalah giginya. gw pertama kali juga curiganya gigi kok, ga kepikir malah sinus. blakangan search2 di internet baru ngerti soal sinusitis.
      wah nangis kenapa nih? kok kaya lagunya audy menangis semalam? huahaha

    • eh gapapa kok len, gw sih udah tegesin ke dokter THT nya klo gw hamil n kebetulan dokter nya juga cewe jadi doi yakin kalo AB ini ringan dan gapapa bwt bumil. Trus gw search di internet juga n nanya ke 2 dokter laen termasuk obgyn langganan, it is okay kok. Soalnya klo dari yg gw baca2 di inet, emang sinus itu infeksi yah, jadi mau gamau pake AB.
      amin aminn.. ini ngingetin gw banged untuk jaga kesehatan bener2 ke depannya. btw dulu pas lu hamil, tips nya biar sehat terus apa lenn??

    • thank you ya. iyaa kalo hamil gw jadi takut banged minum obat2an, padaal biasa kalo gak hamil sih bgitu pilek langsung tenggak neozep hehehe

  3. paling nggak enak yg namanya hamil itu sakit…bisa kebayang perut keguncang2 apalagi pas batuk2 kenceng trus muntah T_T
    semoga habis ini gak sakit2 lagi yah…gw skrg tiap hari minum jus buah hahaha…pdhl wkt hamil kagak

    • iyaa, batuk tu gaenak bangeddd.. Skarang gw juga mendisiplinkan diri makan buah tiap ari, mudah2an abis ini ga sakit2 lagi. Thanks ya

  4. Haiii baru nyasar ke blog ini nih.
    Eh samaan, gw itu langganan pilek plus alergian. Dan kalo sekalian pilek beneran, parah dah sembuhnya lama. Oiya plus ada bakat sinus juga (kata dokter) karena tulang antara idung dan kuping ada yang bengkok, tapi thanks God belom pernah sampe sinusitis yang parah beneran.

    Tips dikit dari gw ya… Selama hamil ini, amazingly gw bebas flu. Cuma pernah flu sekali di awal, dan sisanya paling srak srok kalo pagi kedinginan doang *biasa itu*. Tips nya… lemon+madu. Jadi kalo uda mulai badan berasa kurang enak, langsung deh sodok lemon+madu 3x sehari, macam minum obat. Gw biasanya sekali minum itu setengah lemon + 2sdm madu dilarutin di air hangat.

    Cobain deh, selama ini selalu berhasil, gw ga pernah sampe jadi flu beneran nih udah mau 7 bulan, padahal mah biasanya langganan sebulan sekali.

    Hope it works for you, too🙂

  5. wahhh…lagi hamil ya sis. lupa gue udah congrat belom ya. congrat lagi deh. Semoga sehat2 terus ya

    gue juga lagi flu nih. tenggorokan sakit. ga enak rasanya.

  6. teppp… buruan posting jatim park donk. emangnya bagus ya?? gua mau ajak axel ke surabayr akhir juni. soalnya kan les pianonya minggu ke 5 baru ada libur. sayang banget kalo ampe bolos les piano. temen gua di surabaya bilang suruh ke jatim park sama secret zoo. ayuhhh dipostingggg BURUANNNNNN. wkwkwkkwkk….

    • hoahahhaa iyaa iyaa. udah di draft dari kmren-kmaren tapi blom upload foto, jadi blom diposting2 hahahaha. aku posting hari ini kok, balik sini lagi nti malam ya😉

  7. saya batuk lebih dari 2 bulan, udah minum obat batuk umum, batuk tetep bertahan.
    akhirnya ke spesialis internis.
    tanpa ba bi bu, disuntik anti radang, dan dikasi antibiotik, + foto rontgen muka.
    ternyata batuk2 kelamaan bisa bikin sinus (setelah hasil rontgennya jadi)😦

    • iya nih padaal maunya sih sembuh tanpa obat. tapi kok gw slalu ga berhasil ya, malahan jadi tambah parah dan harus hantam antibiotik hisk hisk

      • salam kenal mba,, kalo boleh tahu priksanya di dokter siapa ya? lagi menderita yg gejalanya diduga sinus nih😥

      • di dokter THT di RS Elizabeth semarang, tapi lupa namanya, prempuan separo baya gitu sih..
        salam kenal juga, moga cepet sembuh yaa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s