Tutorial Bungkus Souvenir + GIVEAWAY!

Aduh judulnya aneh banged ya hahaha.. Sudah lama gw ga bikin tutorial apapun. Maka ketika gw kmaren pas hamil tua nyiapin souvenirnya James, gw sempetin foto-fotoin hasil karya gw hihihi. Monggo disimak:

1. KEBETULAN gw nemu sale items di Informa yaitu lunchbox lengkap dengan botol minumnya. Warnanya manis: lime green, blue, dan red. Gw paling suka lime green nya. LEBIH suka lagi pas tau itu diskonan BUY 1 GET 1 FREE. Wohooo.. murmer nih, kalo gw itung daripada gw pesen souvenir bantal owl (tadinya gw naksir di salah satu olshop) yang harganya 100 rebu sekian per bantal, ini jauhhhh lebih hemat!😀 Jadi nomer 1, temukan souvenir yang mau dibungkus yak.

dalam proses..

dalam proses..

2. Siapkan bahan-bahannya, bisa dibeli di toko kerajinan tangan:

– Tulle kasar, warna lime green, blue, dan pink (manis pink nya daripada red). Inget ya Tulle kasar di toko kerajinan tangan, bukan tulle halus di toko kain! Panjangnya tergantung kebutuhan sebesar apa barang yang dibungkus dan sebanyak berapa souvenirnya.
– Benang jahit dan Mesin jahit (bisa jait tangan kalo terlalu rajin hihihi)
– Pita besar
– Pita lebih kecil
– Kawat elastis
– Kancing
– Glue gun (lem tembak)
– Gunting
– Penggaris

3. Pertama kita siapkan pembungkusnya yaitu tulle. Gunting sesuai besar barang yang dibungkus, lunchbox ini pake tuller 84 x 28 cm. Lipat jadi dua, skarang ukurannya jadi 42 x 28 cm. Lalu jahit 1 cm dari pinggir. Setelah 2 sisinya dijahit, dibalik dalam jadi luar, luar jadi dalam. Lebih jelasnya, lihat gambar.

lipat jadi 2

lipat jadi 2

udah dilipat jadi 2

udah dilipat jadi 2

dijahit pinggirannya, kira2 1 cm

dijahit pinggirannya, kira2 1 cm

sudah dijahit pinggirannya

sudah dijahit pinggirannya

dibalik luar jadi dalam, dalam jadi luar

dibalik luar jadi dalam, dalam jadi luar

3. Siapkan pita besar, ukuran 28 cm, lipat membentuk lingkaran lalu dilem dengan lem tembak. Setelah itu tengahnya direkatkan. Lihat gambar.

pita 28 cm

pita 28 cm

dilipat bentuk lingkaran, di lem

dilipat bentuk lingkaran, di lem

dilem di tengahnya

dilem di tengahnya

4. Siapkan pita kecil ukuran 50 cm, bentuk pita seperti berikut lalu di lem.

pita kecil dibentuk pita

pita kecil dibentuk pita

5. Dua pita besar di lem jadi 1. Kemudian pita besar dan pita kecil dilem jadi satu, di tengahnya diberi kancing warna senada.

2 pita besar dilem di tengah jadi 1

2 pita besar dilem di tengah jadi 1

6. Siapkan kawat elastis seperti di bawah, potong ukuran kurang lebih 6 cm. Kawat ini untuk mengikat tulle.

kawat silver

kawat silver

7. Siapkan announcement card, atau kartu yang berisi pengumuman kelahiran si anak

IMG_1864

8. Masukkan souvenir ke dalam bungkus tulle, masukkan announcement card, ikat dengan kawat elastis, tempelkan pita ke kawat souvenir. Voila!

IMG_1903IMG_1892

IMG_1897

Selain untuk souvenir, ini bisa untuk membungkus kado *kalo kerajinan*. Silahkan dicoba!

Gw sendiri bikin 150 souvenir untuk lahiran James kmaren. (Bayangkan gw lagi hamil gede ngesot di lante motongin tulle dan jait malem-malem). Dan gw kasi 2 souvenir ini sebagai NEW YEAR Giveaway ya!

Aturannya:

1. Harus yang pernah leave comment di blog ini sebelumnya
2. Punya alamat pengiriman di Indonesia
3. Ditutup tanggal 28 Januari 2013, pemenang akan ditentukan lewat undian

Pertanyaannya:

Apa NEW YEAR Resolution mu untuk tahun 2014?

Mariii.. 4 jam lagi menuju Tahun Baru, HAPPY NEW YEAR EVERYONE!

25 thoughts on “Tutorial Bungkus Souvenir + GIVEAWAY!

  1. Happy New Year! Wuiii lu rajin bgt yaaaa…🙂

    ikutan ya GA nya…
    resolusi gw adalah… pengen punya rumah di beverly Hills dan duit cash 1 juta dollar. Hahaha

  2. T3ph lihat mesin jahit di postinganmu ini ko aku jadi kepengen punya mesin jahit juga tahun depan😀 . Sptnya asyik ya bisa bikin handmade apa gitu sendiri.

    Oh ya ikutan GA nya:
    Resolusi 2014:
    1. Semoga bisa lebih menginspirasi orang lain dan pengunjung blogku untuk melakukan “Go Green” tetep soal tanaman😆 .
    2. Pengen segera lulus kursus bahasa spy bisa cari kerja atau kuliah lagi.
    3. Semoga dapat tiket gratis spy bisa jalan2 ke tanah air haha.

    btw Selamat tahun baru 2014 yaa😉 .

    • iya gw jadi pengen miara tanaman lho sejak baca blog lu, ini dikasi temen bunga matahari, mudah2an gak mati yaa..
      gw dukung nomer 3, ayoo jalan2 ke indo! hehehe

  3. Duh keren ya, gua paling gak bisa dan gak rapi bikin beginian lho, padahal suka baca2 web tentang craft, suka banget lihat hasilnya. Gak pede bikin tapi hehe..

    Resolusi thn 2014
    1. Meneruskan resolusi 2012 dan 2013 yg belum kesampaian hiks krn rajin di awal2 tahun doang, salah satu contoh membaca habis textbook2 yg sdh dibeli berat2 dan ckp mahal saat seminar, beraniin diri cabut wisdom tooth
    2. Belajar memasak utk bekal Denzel ke sekolah krn giliran pulang jam 2 siang
    3. Berani ambil peluang-peluang yang ditawarkan tanpa hrs takut repot
    4. Travelling

    • 1. wah textbook tentang apa? gw sejak jaman kuliah paling males baca textbook, untung kuliah gw programming jd practical, gak yang commerce yg bukunya tebel2 pisan
      2. aiyoo gw juga kudu rajin lagi nih buka resep anak, sejak kelar mpasi kok gw jadi jarang berkreasi sama makanan anak. makanan anak sama kaya makanan gw hehehe
      nomer 4 gw juga pengennn

  4. happy new year! eh cakep banget ceee~ mauuu❤
    ikutan yah :p

    2014 resolution:
    1. kuliah yang beres dan ga ayam2an /nasib masih status pelajar/
    2. doodling nya di niatin supaya bisa lebih bagus
    3. teteup dong, nabung demi kamera hahahah
    4. belajar musik buat ntar pelayanan di gereja hohohoo

  5. ini Steph P yaa?? ikutan dehhh…
    Resolusi 2014 :
    1. Pengen lebih baik lagi dari 2013 dalam segala hal
    2. belajar segala hal yang orang lain bisa lakukan, aku juga pengen bisa (pengen belajar buat hampers salah satunya makanya aq bisa sampai di blog ini, hahahahahaha..)

    oh yaa ada yang salah dari ketikan di atas pada aturannya…
    *** 3. Ditutup tanggal 28 Januari 2013, pemenang akan ditentukan lewat undian***

    Blog dibuat 31 des 2013.. resolusi 2014.. ditutup tgl 31 januari 2014 donggg.. hehehehehe… Happy New Year everyone..
    Bagi buat aq 1 donggg~~~ jadi aq bisa belajar cara buatnya dengan melihat langsung hasil karyanyaaa.. hehehehehehe.. =p

    • hihi iya, kok bisa nemu blogku?
      aminnn, mudah2an terkabul smua resolusinya yaa😀

      ehmmm sudah terlanjurr jadi ya tetep 28 januari yaa! hehehhe happy new year too!

  6. ckckck… acung 4 jempol buat mommy yg satu ini.. cakep souvenirnya… *semoga dapet kali ini ..* terus terang gw paling nyerah sama jahit menjahit, dulu waktu smp sma milihnya tata boga teph.. wkwkwk.. sekali ikut tata busana pas smp 1, daku nyerahh… tugas bikin baju, yg jahit si mami.. hihihi…

    eniwei.. resolusi tahun ini:
    1. Mencanangkan healthy lifestyle terutama untuk suami, karena kmrn pas ke smg suami cek tensi ternyata tinggi… jadi warning buat gw supaya lebih memperhatikan menu makan dia, krn selama ini makan suami agak terbengkalai, lebih fokus ke menu anak2..
    2. lebih rajin ke gereja terutama skrg marv sudah bisa diajak ke gereja berdua dan ga ribet pula stlh kmrn di training di semarang😀
    3. kembali kerja part time ngajar lagi kalo jadwal memungkinkan🙂 *demi tabungan masa depan anak2 dan keluarga*
    4. liburan bareng suami dan anak2 untuk refreshing keluarga *semoga ada rejeki lebih..*

    • tenkkyu, huehuehe gw ga ada pelajaran jahit di skolah. Dulu belajar dari yg jual mesin jaitnya, blajar sehari doank sisanya liat manual book! hahaha *niat*

      1. waduh sama kaya gw, gw juga fokus makanan anak doankkk.. suami terbengkalai *quilty*
      2. samaa, sejak ada bayi, gw jadi sering bolos gereja
      nomer 4 gw juga pengen bangedd. amin mudah2an rejeki melimpah yaa

  7. kaa liat postmu yang ini langsung greget pengen beli mesin jahitnya muncul lagi haha, suka banget deh baca posting kaka mulai dari daily sharing nya nih sampe craftnya abisnya lucu abis bikin tgn gatel pengen niruin, makasi bgt posting tutorialnya yg lucu2, haha walau hasil jadinya kita beda tipis lah yaa (jauh juga sih sbnernya haha).
    Hmm resolusi aku 2014 sih: 1. pengen bsa jahit bkinin ssuatu yg spesial buat someone spesial, 2. give my best buat studi pastinyaa, 3. nabung-nabung ga boros hehe, 4.mau cba terjun ke online trading, hmm itu aja yg baru kepikir nih..

  8. Happy New Year Teph & Family!

    loe hebat yah hamil tua masih bikin2 begituan, tapi lumayan yah hemat byk ketimbang bantal 150pcs bisa diatas 15 jt hahahah gw pertama2 nyasar liat kemari kayanya bikin tas deh canggih lah loe. Gw takut kl ngejait2 mesin alias takut kejait tangannya hehe dl pelajaran tata busana pas smp kl bikin pola gw bisa giliran jait takut bgt, pas ada pr bikin rok span gw minta pho2 gw yg jahit hahaha tapi pas pr nya bikin celemek ada sulaman bunga gw demen tuh nyulam kl pk mesin jahit gw takut

    berarti loe bisa bikin bed cover atau quilt cover pk kain perca dong kaya di bule2 gt kan buat anak2 pasti keren deh

  9. Ikutan Give Awaynya yaaa !

    Kesasar di blog ini waktu cari cara membuat tas…dan benar2 kepikiran, apa benar itu dijahit tangan? Tabah sekaliii… menjahit satu demi satu potongan kain2 itu sampe jadi tas pinky manis.
    Sudah diprakrekin buat tasnya, tapi mungil aja…buat anak2 cowokku… dan mereka semua sukaaa!

    Resolusi tahun baru 2014:

    Punya bisnis rumahan yang jejeg gitu… selama ini sudah ada tapi kurang mantap pendapatannya. Bisnis rumahan yang omzetnya segaji suamiku yg kerja kantoran…aamiin…aamiin….aamiin…

  10. selalu kagum sama orang yang telaten bikin kerajinan DIY gini, apalagi pas lagi hamil:o
    Keren banget siihhh

    Resolusi 2014 :
    1. Bisa jadi orang yang lebih sabar (klise ya, tapi susah iniiii)
    2. Rajin olahraga dan makan sehat biar angka LDL turun (makanya itu perlu banget hadiah GA ini buat bawa bekal makan sehat ke kantor #halah)
    3. Mengurangi belanja yang gak perlu dan dialihkan untuk investasi
    4. Belajar masak (udah 1 tahun nikah tapi belum pernah masak, tapi maklum deh kan LDM)

  11. ikutaaannn
    Resolusi gua :
    1. makin mahir nyetir, berani bawa mobil di jalan tol
    2. belajar mengendalikan emosiiii baik marah2 maupun cengeng2nya
    3. turunin berat badan *pencet2 perut*
    hihihi…smoga nama gua muncul pas diundi.
    trus teph, gua terkagum2 sama tutorialnya, kalo gua mendingan beli kayanya=)) pemalas ulung. Baju avel sobek aja gua tunda2 mulu mo ngejaitnya.
    Btw beli mesin jait kaya gitu susah gak pakenya sih? sapa tau kalo uda punya mesin jait gua jadi lebi ada niat jait hihi

  12. Gw pernah bikin giveaway beginian sekitar 10 tahun lalu. Ceritanya gw beli lilin aromaterapi di Bali buat dijadiin oleh-oleh untuk teman. Kalau beli yang udah dipak jadi gift package, bisa mahal padahal yang mau gw kasih kan ke orang banyak. Akhirnya gw beli lilin yang digrosir, terus tulle pembungkusnya gw beli kain mentah dan gw jahit sendiri pake mesin jahit. Entah gimana, kok rasanya lebih puas bikin ginian daripada beli yang udah jadi🙂

    Resolusi gw adalah gw kepingin hamil supaya bisa punya anak kayak James🙂, dan gw kepingin sekolah lagi supaya gw bisa lebih pintar dari sekarang🙂

    Bagi giveaway-nya ya, Fel.. Thank youuu!😉

  13. Wooow… Lo bikin souvenir 150 biji sendiri dalam keadaan hamil gede?!? *pingsan* Gue bikin souvenir 20 biji aja udah pengen nangis. Tapi sebenernya bikin-bikin ginian itu bagian jahitnya cepet, yang lama adalah bagian potong-potongnya.

  14. Ping-balik: Wesley & James Birthday | Nyonya Kecil

Tinggalkan Balasan

