Libur Lebaran dan Waze

Tadinya kita ga rencana mau kemana-mana libur skolah Juli dan libur lebaran ini. Suami gw uda bilang jauh-jauh hari, sejak gw masi hamil James. Katanya “Pokoknya kita ga kemana-mana dulu slama 3 taon ini yah! Nunggu anak gede baru ngerti kalo diajak jalan-jalan”. Yang mana dalem ati gw nyaut donk “Manaa tahaaannn” (tapi tetep nyengir maniz di depan suami) wakakakka.

Bener aja gw baru hari ke 3 libur lebaran bawaannya uda galau n mati gaya mau ngapain. Kalo gw masi single pan gw bayangin bisa sante bobo sampe siang, nonton dvd korea sampe subuh, leha-leha baca novel dan internetan sepanjang waktu. Tapiii.. kan gw ada 2 anak, yang satu mesti di entertain karna dah 4,5 taon ataw dia bakal nonton tipi sepanjang waktu, dan yang satu masih baby 9 bulan yang kerjaannya makan-nyusu-bobo-repeat 3x. Syukurlah ternyata yang galau liburan di rumah bukan cuma gw tapi mami gw juga hahaha. Mami gw mendadak booking hotel di Jogja persis sehari sebelom berangkat. Kita book hotel Tentrem (yes again, gw perna tulis reviewnya disini), karena adek gw belom pernah kesana. Semalemnya kena 2 juta per kamar, gatau knapa tuh mahal bener, padahal dulu trakhir gw nginep disitu pas promo masi 855 rebu per malem.

Suami gw – demi istri tercinta – akhirnya rela resiko macet di jalan sambil mempelajari peta ke Jogja. Doi nginstal program namanya Waze di hp samsung gw. Dan sodara-sodara, entah gw telat banged ato telat banged-banged, gw baru tau GPS Waze ini sangatt kerennn!!

Jadilah tanggal 30 Juli kemarin kita berangkat ke Jogja. Perjalanan Semarang – Jogja lumayan gampang karena papan petunjuknya jelas, cuma begitu sampe Jogja suami gw suruh gw liat Waze karena doi ga hapal jalan-jalan di kota Jogja. Gw pandu tuh dari liat Waze dan berhasil nyampe di hotel. Berangkat dari Semarang jam 9.30, nyampe di Jogja jam 4.30, 7 jam perjalanan gara-gara macet (termasuk berenti 1 jam lunch di Banaran Ambarawa dan setengah jam di Indomaret buat kasi buah James).

Di Jogja, nyampenya uda sore dan baru bisa masuk kamar jam stengah 6 malam, bgitu masuk langsung mandiin Wesley dan James. Trus turun ke bawah untuk dinner di Grand Duck King. Oyah kita perginya 2 mobil. Mobil pertama: gw, suami, Wesley, James, sus. Mobil kedua: papa gw, mama gw, adek gw, engkong gw. Meskipun cuma nginep semalem, tapi bawaan gw lumayan segambreng. Gw bawa bak mandinya James (sangat berguna karena wastafel disini bentuknya flat, jadi bak nya gw taro diatas wastafel, pas banged!), bawa slowcooker, bahan makanan seperti kaldu, wortel parut, brokoli cincang, dan salmon mentah (semuanya gw masukin ke ziplock trus masukin ke cooler bag).

Wesley sudah excited dari pagi karena dibilangin mau ke hotel. Apa semua anak emang seneng ya ama hotel? Sampe besoknya pas uda pulang di rumah juga doi masi bilang mulu: ‘wesi maunya di rumah hotel’.

Wesley dan James di kamar hotel

Wesley dan James di kamar hotel

Bsok paginya, kita breakfast di hotel, sangat lengkap makanannya sampe bingung mau ambil apa aja hehehe *kemaruk*. Yang jelas dessertnya ga boleh ketinggalan ambil waffle panas + ice cream – mak nyus! Trus abis itu urus anak-anak lagi. Wesley maen di playground ama papanya, James bobo siang, dan gw -finally- bisa renang di pool😀. Lumayan segerrr… Kapan-kapan kalo waktunya sempat, pengen tuh nyoba spa dan jacuzzinya.

Abis itu kita siap-siap checkout, maunya lunch di Bebek Tepi Sawah karena belom pernah coba. Sayang sampe sana katanya penuh dan gabisa kalo belom reservasi, kayanya lagi ada acara sampe sore gitu deh. Jadi kita puter arah ke Gudeg Juminten. Gudegnya emang enak banged, ga berubah sejak jaman baheula😀 Trus kita ke Ambarukmo Plaza. Mall nya biasa aja sih, ga jauh beda sama mall di semarang. Lebih besar mall nya, tapi tenant-tenantnya mirip ama di Semarang. Yang beda ada Mothercare disana hehehe😀 Akhirnya gw ga beli apa2 sih, cuma nongkrong di Mr Pancake (ini pun ada di Semarang juga hehe).

Trus kita mulai jalan pulang. Nah disini kita bener-bener bergantung ama program Waze. Caranya kita masukin tujuan kita kemana. Bisa spesifik juga lho seperti “Gudeg Juminten” ato apa aja, lumayan canggih nih! Untuk rute pulang ke rumah gw, ada 3 jalur alternatif dan Waze memperhitungkan rute mana yang bakalan macet, mana yang lebih cepet sampe ke rumah. Tadinya kita mau lewat jalur Ambarawa – Secang, tapi akhirnya kita ngikutin rute dari Waze (yang katanya ga macet) lewat Kopeng – Salatiga. Trus kita lewat Tol baru: Bawen – Ungaran, lumayan lah perjalanan lancar, nyampe rumah 4 stengah jam. Kita berenti buat makan malem di warung ayam goreng Mbok Sabar yang tersohor, letaknya di Magelang, enak lho ayamnya digoreng manis-manis gitu. Buat yang ga suka manis, ada yang goreng kremesan alias asin.

Gw dan suami lumayan terkagum-kagum ama program ini.

Waze-640x312

Waze

Jadi GPS ini iconnya lucu, trus bisa saling berinteraksi sesama pengguna jalan dan pengguna Waze. Pas perjalanan kita pulang kmaren, banyak Wazer (pemakai Waze) di sekeliling kita, ada yang nge chat kita juga (iya bisa chat loh!). Trus Wazer yang di depan kita bisa kasi sign kalo ada polisi, jalan ditutup dan Wazer ini kasi message ke semua orang: “Muter aja”. Trus Wazer juga bisa kasi sign kalo di posisinya dia skarang lagi macet banged ato ada kecelakaan, dll. Berita yang disampaikan seorang Wazer bisa direview orang-orang yang ngeliat, misal bilang ‘ada polisi’, maka ada pilihan tombol: “Not there”, jadi beritanya bisa tau bohong apa sungguhan. Bisa juga di Like kalo beritanya helpful😀

Jalur rute kita warnanya ungu, dan ada notification berapa kilometer di depan sampai ada pertigaan / perempatan. Jadi ada suaranya tiap uda 800 meter sebelom belokan, 200 meter sebelom belokan, dan pas belokannya: “Turn Left” gitu. Asoy deh ini programnya.

Screenshot_2014-08-02-23-42-56

Tuh contoh penampakannya, garis ungu itu rute yang bakal kita tempuh. Trus bisa lihat alternatif rute yang bisa diambil, berikut perkiraan berapa jam perjalanan dan berapa kilometer jauhnya. Recommended banged nih buat orang yang road trip. Mungkin kalo orang Jakarta kemana-mana dah pake ini ya buat hindarin macet?

Bsok hari Senin nih, hari pertama kerja setelah long long holiday. Abis ini mesti nunggu NATAL buat long long holiday lagi. Semangattt!! Mari nabung buat jalan-jalan lagi hehehe😀

 

 

24 thoughts on “Libur Lebaran dan Waze

  1. duhhh kl hrg 2 jt per malem bisa gak tentrem hati gw nginepnya hahah thn lalu liburan sklh gw ke jogja tp ada rmh saudara itu rate dia 1,5 kayanya udah pengen tp kurang lama batal deh..

    pengen juga aman jiwo yah grup2 aman gt yg di bali juga ada, tp hrgnya semalem puluhan jt mana sanggup bisa2 jiwo ora aman wakaka

    trus kok foto2 liburannya ga ada? gw juga dulu bawa conrad ke penang bawa slow cooker, daging2, sayur mayur, keju, beras merah, saringan, buah, pisau, botol, sikat botol, gayung yg ada selama 4 hari sibuk aje di kamar, masak nyaring nyuap nyuci ulang lg gitu huahahaha ampe bete sendiri

  2. Huahahaha gw juga baru nyadar kok ga posting foto liburannya mala posting foto waze nya hahaha!
    Tuh uda gw tambahin foto anak2nya wakakak..

    Iyaa gw juga gamau harga segitu, tapi mami gw tetep mau sih dan udah deal. Gw tinggal berangkat doank..

    Amanjiwo pasti baguslah yaa, group aman gitu lho, tapi emang klo harga kayanya sangat tidak bersahabat deh, sayang banged duitnya mending buat pergi yang jauhan dikit hehe

    • iya gw ketinggalan baru tau. soalnya jarang pake GPS sih, maklum semarang kota kecil gaperlu pake GPS-GPS an sgala hehe

      o iya ya? kok lu mala lbi tau drpd gw wakakakka. thankss

  3. belom pernah install waze padahal byk yg bilang bagus.. selama ini stick to google maps doank aplikasi bawaan ahahah
    thanks ci reviewnya, brb install waze deh kayanya oke buat hindarin macet😀

  4. belum pernah nyobain ini ci.😀 kapan2 boleh nih dicoba.

    Rate hotelnya mahal juga yah. tapi pas liat di foto post tentrem itu emang cocok juga sih kalo harganya segitu. hahaha..😀

    • Mungkin karena lagi high season ya, kan musim liburan. Kalo pas hari biasa mungkin ga segitu. Tapi emang kamarnya sih bagus banged, twin bed nya bisa diisi masing2 2 orang. Jadi kita bisa sekamar ber 4 gitu

  5. Waze lagi ngetrend banget ya, si Diaz juga pake Waze. Gue sih masih tetep setia dengan Google Maps.

    Terus itu Hotel Tentrem lagi terkenal juga ya? Kemarin pas gue ke Semarang kok sering disebut-sebut itu nama hotel.

    Kalo ngajak anak pergi dari umur 6-12 bulan itu emang super rempong ya. Gue dulu ke SG juga bawa-bawa slow cooker. Pas setelah setahun (atau sebelum 6 bulan yang cuma tinggal open bar aja) itu rasanya lega banget, pergi-pergi nggak serempong pas usia 6-12 bulan. Tapi tetep sih sampe sekarang belum bisa makan ngemper, takut si bocil mencret/thypus.

    • iya anak gw mulai makan ngemper warungan ayam goreng gitu skitar umur 4 taon hahaha.. Sebelom itu juga ga pernah. Iya kalo sebelom 6 bulan kayanya paling ringkes bawaannya, cuma modal buka baju nyusuin aja wakakakak.. tapi ga enaknya kemungkinan rewel lebi besar (apalagi klo ngantuk bisa crangky abis). Kalo dah smakin gede kan smakin tertarik dunia luar, diajak jalan2 juga uda hepi..

      Iya terkenal kok di Jogja, yang punya kan Sidomuncul Group, sama dengan pemilik resto Koenokoeni di semarang.

  6. Gue jd inget pas kmrn ini si Felicia mau ke dusun bambu gue suruh install waze hehehe. Dia nyampe dengan selamat ga pake nyasar tp baterenya dia jd ludes. Terus gue racunin beli powerbank panasonic hahaha.

    Nanti kapan gue ke Jogja cobain deh tuh si Tentrem. Tp skrg saingan sama Eastparc ya kalo di tripadvisor. Jd penasaran ddg pengen jalan2 ke sana. Gue jg blm pernah explore Jogja. Tp kl semalem doang sih gue ga bs kayaknya. Cape di jalan haha.

    • Iya bener ngabisin batre, gw sambil ngecharge kok di mobil pake charger mobil hehehhee..

      Owh gw mala gatau Eastparc, taunya Hyatt Jogja itu juga kliatannya lumayan bagus pemandangannya. Iyalah klo dah sampe Jogja ya skalian maen di seputaran Jawa Tengah, ke Kopeng, Tawang Mangu, dan Semarang pastinya wakakak. hayo maen sinih *kompor*

  7. dulu gw pernah bbrp kali pake waze, tapi kok bikin quota internet langsung abis yah ? soalnya abis itu kudu hrs isi paket lage🙂 hotelnya mahal ya, 2 juta udh dapet rimba by ayana disini hehe. terakhir ke jogja, jaman smp tahun 93.. wow udh 20 tahun *kaget sendiri*

    • oya toh?? wah gatau nih tagihan gw kan pasca bayar.. coba nti dilihat deh.
      Masa di bali Rimba Ayana 2 jt dapet? biasanya hotel di bali kan mahal2 minimal 2,5 juta gt?

  8. hi Teph ak termasuk pengagum lama blog mu..biasanya suka cm baca2 aj soalnya tulisan mu selalu menarik utk ak simak..hehehe…..btw bntar lg ad hotel tentrem juga di semarang yaaaa…semoga ga semahal yogya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s