Mendidik Anak

Belakangan ini gw sedang mikir tingkat tinggi cara mendidik anak yang bener. Anak gw yang pertama, Wesley, umurnya 5 tahun Oktober ini. Kalo dulu gw pusing soal makan n susunya yang susah banged (sampe skarang pun susah kadang), skarang gw lebih pusing dengan kelakuannya. Oke doi emang pinter nalarnya, pinter ngomongnya, tapi saking pinternya kalo gw ngomongin dia slalu dibantahin mulu. Alesannya aduh banyakk banged. Trus doi bisa inget-inget ucapan gw yang dulu-dulu dan diungkit ulang “Loh kmaren kan mama bilang blablabla..”. Trus uda gitu ni anak default volumenya kenceng bener, ngomong biasa aja kedengeran sampe kemana-mana, apalagi belakangan suka tereak-tereak. Pusinggg deh kalo lagi nidurin adeknya trus tau-tau kakaknya ni tereakk -_-”

Adiknya James baru mau 10 bulan, tapi belakangan juga ngototnya bangedd.. Masa tiap mau masuk kamar, ceritanya mau tidur siang atau tidur malem, baru menuju kamar gw doi langsung nangis mukul-mukulin gw. Dia uda tau kalo diajak ke kamar itu berarti mau diajak bobo. Heraan deh gw knapa anak-anak gw anti bobo smua ya?? Wesley juga uda lama ga perna tidur siang. Dulu kalo dia disuru tidur siang, gw nemeni 1 jam dengan lampu gelap gulita aja kadang doi tetep ga tidur, sampe esmosi gw nya yang uda ngantuk tapi doi tetep melek ajaa.. Huaaa padaal tidur pan enakk gitu lho, knapa anak-anak gw harus bertengkar dulu kalo mau bobo sih -_- Sekarang gw uda gaperna maksa dia bobo siang, daripada cape ati dan malemnya mala ga tidur-tidur sampe jam 11.

Kalo kata mami gw “kamu sih pas hamil demen begadang” – hahaha ya ga hamil juga emang gw suka begadang😛 tapi kalo ngantuk gw pasti bobo dengan sukarela kok. Wesley ni ya ajaibnya ga ngantuk-ngantuk, dulu kita pernah perjalanan Malang – Surabaya. Kalo anak laen di mobil 4 jam pasti ketiduran lah ya, ni anak ngga lho tetep melek aja. Kmaren ke Jogja 7 stengah jam di mobil juga sama sekali ga tidur. Padaal gw mala uda sempet ketiduran bentar. Kuat melek banged deh pokoknya.

Nah yang belakangan bikin gw sering marah-marah ke Wesley adalah makannya (masih tetep aja ya problemnya hiks). Doi ini kalo makanan enak kesukaan dia, macem ayam goreng, nasi goreng, ikan goreng, makannya bisa lahap dan banyak (apalagi kalo makanan restoran). Tapi.. kalo pas yang ‘biasa-biasa’ aja macem sop ayam dll gitu dia suka lepeh makanannya. Kunyah-kunyah, trus dilepeh. Jijay kan. Gw masih gatau solusi apa biar dia berenti lepeh-lepeh makanannya. Kalo uda dimarahin gitu, dia balik marah ke gw pake tereak-tereak. Batas kesabaran gw sampe rasanya udah tipis pol. Kadang ya.. gw pengen pake pintu kemana saja, rebahan di pasir pantai 1 jam, damai diam hening gitu. Malah gw sempet terpikir apa gw ikutan yoga ya? Biar makin sabar gitu maksudnya. Tarikk napaasss hembussskannn… fiuhh.

Kadang gw lihat anaknya temen. Mulailah balada rumput tetangga kelihatan lebih hijau. Kok anaknya si A baek, mandiri, nurut ama mamanya. Anaknya si B doyan banged makan n susunya, gausa disuruh juga uda nyari makanan. Oyah kadang temen gw cerita kalo suaminya nyuruh dia diet-in anaknya, kalo minta susu jangan dikasi, ntar kegendutan (padahal anaknya ga gendut, cuma gede aja), makan jangan banyak-banyak ntar kegendutan. Astagaaa kalo gw jadi dia mah kegirangan banged kalo anak gw nyari makan n susu sendiri. Gendut mala seneng donk gw, prasaan trakhir gw liat Wesley gendut pas dia umur 4 bulan -_-‘.

Wesley 4 bulan - di titik paling gendut

Wesley 4 bulan – di titik paling gendut

Wesley 4,5 tahun. Super duper criwis tapi makannya mood-mood an

Wesley 4,5 tahun. Super duper criwis tapi makannya mood-mood an

Trus.. gw kadang bertanya-tanya, apa gw salah didik anak ya? Apa gw terlalu manjain anak ya? Apa suami gw yang kurang galak ya?

Setelah dipikir-pikir, yang namanya cara didik anak itu ga ada hukum pasti benar salahnya. Karena tiap anak berbeda. Tiap orang tua berbeda. Meski gw liat si A, yang ninggal pergi-pergi anaknya tapi anaknya baik-baik aja, tapi toh gw ga bakal bisa juga niru si A. Gw gabisa juga berubah jadi tiger mom yang didik ala militer. Ada benernya kata orang kalo kita perempuan akan mendidik anaknya seperti bagaimana dulu kita dididik mama kita (mama gw tipe manjain anak-anaknya – banget). Meski gw ga pengen juga meniru 100% cara didik mama gw karena gw ga setuju beberapa caranya juga, tapi tentu banyak yang gw ambil sebagai gaya hidup gw dengan anak gw.

Contohnya gw suka tidur seranjang dengan anak gw. Dulu gw dan adik-adik tidur di kamar ortu kita sampe SMP. Gw gamau pergi liburan berdua dengan suami ninggal anak saat ini (well smoga bisa saat anak gedean), kalo pergi pengennya ya bareng-bareng semua atau gapergi sekalian. Ini juga sama dengan mami gw, dulu doi slalu bilang gaenak pergi liburan kalo ga bawa anak-anak. Jadi sadar engga, gaya parenting gw adopting gaya mami gw. Hanya mami gw terlalu manjain anak-anaknya, anaknya pengen apa dia slalu berusaha memenuhi. Ini yang gw gapengen, gw ga pengen terlalu manjain anak. Gw pengen anak gw belajar bahwa ga semua yang dia mau harus dikabulkan kami, orangtuanya.

Tadi gw liat postingan IG seorang artis Dian Sastrowardoyo, yang bukan hanya selalu cantik, tapi baru saja beliau meraih S2 Magister Manajemen UI dengan predikat cum laude. Come on, she is married and a mother of two.. Hebat banged kan ya, padaal dulu pas gw single aja gak cum laude kok (emang kapan situ ngambil S2?😛 ) Btw beliau ada posting foto berdua dengan mamanya. Captionnya seperti ini:

Foto diambil dari instagram milik Dian

Foto diambil dari instagram milik Dian

“Thank you mama for always being there for me…, for supporting me all the way.. It was you who gave me wings so I can fly far away.. Look at me now.. I have flown to places I could never have imagined. I always remember what you said to me when I was 6: kita bukan orang kaya! I cannot afford you to be mediocre! You have to be smart! You have to excell at school and at everything that you do. You also taught me how to read good books, including Stephen Covey’s 7 habits. You taught me to set goals in my life so I can have a purposeful life. How to always begin with The End in mind. So it’s easier for you to set progressive goals to achieve that big-hairy-audacious one.Kalo kita udh tau mau jadi apa dan ada dimana 20 tahun lagi, then it’s easier to figure out where i should be in 10 years time(half way point), and it’s easier to tell where should i be in 5 years.Dan kalo udh gitu lbh jelas keliatan berarti kita akhir tahun ini harus sudah tau harus accomplish apa saja. She also taught me that NOTHING is impossible, with will power and hard work.. You can accomplish anything you want. I am quite lucky to have a parent that taught me tgat. Not every kid is taught that way.. Most kids are only fed and fed and be kept in the nest under the dependency towards their parents. I wasn’t, my mother gave wings.. Wings that enable me to fly far away from my nest.. Only to find my self flying back to my home.., like my mother I was born and raised to be a working woman. I love you mom.. I am so grateful that I have you as a mother. Thank you, thank you, thank you.”

Pertanyaan gw, bisakah nanti anak gw merasa seperti Dian Sastro? That I gave them wings to fly, and that I have taught them important lessons of life and they thankful for that? Semoga..

I believe no mother is perfect. No one is perfect. But every mom will do her best for her children.

1408552138297

Ngeliatin anak tidur itu sesuatu deh.. angelic, pure and innocent look. Pardon the drawing, iseng coba gambar realis😛

 

 

 

 

 

 

 

30 thoughts on “Mendidik Anak

  1. Nenek gue udah gada dari nyokap kecil kak, ga tau deh beliau adopsi gayanya siapa😛 hehehe.
    Wesley udah ganteng ukuran segitu, jangan digemukkin lagi kak ntar susah dietnya.. Yg penting ada asupannya tiap hari. Sehat2 selalu buat semuanya🙂

  2. iya.. yang penting kita ngasih yang the best buat anak2 ya…
    kita mengarahkan, tapi tetep juga semua juga udah ada jalannya yang diatur sama Tuhan…🙂

    btw gambar lu bagus!!!😀

  3. Bagus ci gambarnya.🙂 walaupun belum punya anak, tapi aku juga kebayang banget kok mau ngasuh anak seperti apa. hehehe.. memang bener.. gak ada 1 mamapun didunia ini yang salah mengasuh anak..karena tiap mama punya cara didiknya sendiri2. tapi bagaimana cici bisa kasih yang terbaik buat wesley dan james.🙂 semangaaattt yah ci.. terus bersabar. memang jadi seorang ibu itu harus panjang sabarrrrr yaa..😀

    • iya thank u ya Vit..
      gw juga belajar kok dari anak-anak sendiri. Katanya kan anak cerminan orangtua ya, jadi yah sebisa mungkin harus kasi contoh yg baek di depan mereka. Iya harus panjang sabar, trutama nih kalo anaknya uda makin gede 4 taon keatas gituh, dah makin jalan logic nya n banyak mempertanyakan perintah kita wakakka

  4. Kalo nyokap gue dulu emang sayang banget sama gue dan kita selalu dibawa kemana2. Tp soal didikan, ampun galak bangeeettt… aim for perfection lah istilahnya. Justru skrg gue ke Abby mayan laid back tp tetep ada waktu2nya yg teratur. Makanya sampe skrg dia mewek2pun gue diemin masuk box n akhirnya bobo sendiri. Skrg kalo jam 1 siang pasti bobok. Dan dari kecil dia ga pernah sekamar sm gue hehe.

    Abby skrg jg ga gendut kayak pas dia kecil. Tp gue liat dia lbh sekel dan lincahnya mnt ampun. So gue lbh milih badan dia sekel2 gitu sih drpd gemuk bleberan hehe. Gpp lah Wesley segitu sehat.

    • Iya nih gw ni aslinya orang yang laid back, santai dan cuek. Tapi demi didik anak sih kadang harus keras n galak. Makanya cape.. hahaha

      Kalo soal tidur siang dulu Wesley tidurnya gampang juga, mulai susah tu pas umur 3 taonan. Tapi masih tetep gw paksa tidur siang. Baru pas umur 4,5 taon ini kita bebasin ga bobo siang, soalnya klo bobo siang (masuk kamar jam 2 baru bobok jam 3) trus malemnya ga bisa tidur2 sampe jam 11, padahal bsoknya mesti bangun pagi sekolah. Skarang ga bobo siang tapi malem tidurnya jam 9an.
      Iya amin yg penting sehat yaa, wesley sih kaga sekel juga tapi wkwkwk

  5. Anak gw tiap kali tidur juga pakai drama, tiap ditaruh di boxnya dia tau aja dan langsung bangun nangus kejer. Klo digendong tahan 2 jam tidurnya, akhasil gw ga bisa ngapa2in deh😦 .
    Gambarmu bagus Teph cocok buat gambarcerita dongeng deh😉 .

    • Kalo newborn emang biasa gitu Nella, dia merasa aman kalo deket n dipeluk orang. Dulu James juga gamau ditaro, tiap ditaro pasti bangun lagi. Sampe gw bisa ga tidur semaleman, akhirnya gw taro di sebelah gw kelonin, ato taro di dada saking capenya.. Skarang udah gedean uda enak kok, bobok uda almost through the night. Sabar yah!! semangat!!

      Thank youu :))

  6. Teph….guepun sering bwrpikir seperti itu. Nanti mereka udah gede….bakal berpikir apa ya ttg mamanya yg culun ini?
    Anyway anak gue juga dua2nya lagi challenging banget nih..soal makan sih biasa aja. Tp brantem dan saling gebok tiap hari…haissshhh ntah gue salah dimana..semoga ini cuma fase yg akan cpt berlalu. Anyway..suka gambarnya…

    • Walah anak2 gw blom dalam fase gebok menggebok sih soalnya yg kecil kan masi baby.. tapi gw juga mikir gitu lho. Ini baru balita dan baby kok gw uda feel failed, ntar kalo mereka SMP gimana ya?? Soalnya gw inget2 dulu jaman gw SMP, temen2 cowo gw hampir ga ada yg ga nakal. Oh oh.. kayanya masa remaja juga challenging. Emang bener jadi ortu tuh butuh belajar seumur idup. Semangat!! Thank you Joey :))

  7. Parenting is a tough job yah…
    Meski kita kadang2 ada yang ga sepaham dengan jaman ortu kita, tapi dimana kita sekarang juga hasil didikan ortu…pasti ortu mau yang terbaik buat anaknya. Yang penting kita mesti sejalan dengan pasangan dalam hal mendidik anak.

    Gambarnya ntar dibikin 2 anak Teph😛

    • Iya betul ya.. semua ortu pasti mau kasi yang terbaik buat anak2nya. Betul juga mesti sejalan dengan pasangan😀

      Oke Fel, kapan2 gambar lagi 2 anak hihihi

    • semua anak pasti anggep ortunya yg terbaik, jadi nggak usah khawatir… — thank you jadi rada lega hahaha..

      Betul gw belajar banyak dari anak2 gw, kan katanya anak itu cermin orang tuanya ya, perbuatan kita berbicara lebih keras daripada nasihat kita, jadi sebisanya kasi contoh yg baek buat mereka..

  8. tephhh anakmu ganteng skaliii❤.. Iya yah dilemma jadi orang tua.. musti tegas tapi musti lembut juga karena ga tega sama anak.. Aduhh ntar giliranku nih dilemma kayak gini.. Tapi yang penting 2-2nya anakmu sehat dan smoga makin nurut ya teph.. Btw ignya dian sastro apa si? Aku juga ngefansss bener sama dia dari dulu.. hehe..

    • IG nya therealdisastr. iya sih emang cantik + pinter, ckckck

      Thank you yaa hehehe. Iya emang susah jadi ortu, harus kasi conto yg baek, gabisa cuman dimulut doank ngasitaunya tapi harus dipraktekin sendiri. Thank youu ^^

  9. Gue pun sehari-hari pusing deh ngadepin Madeline, yang semakin dikasih tau nggak semakin dilakuin. Yang penting do the best we can ya Teph, outcome-nya kan baru tahu kalo anak-anak besar nanti.

  10. Salam kenal ya ci… ak br jd mommy neh br 6.5 bln hehehe ak setuju kl cara didik setiap anak pasti beda2 sekalipun saudara kandung tetap hasil bisa beda. Karena setiap fase perjalanan setiap anak PASTI BERBEDA. Anak ku skrg lg mulai aktif2 nya merangkak dan belajar suara & aksen muka2 yg lucu. Menjadi ortu memang berat tp sgt menyenangkan walaupun kdg rasa kesel & stres dtg ya di enjoy aj. Dl waktu ak blm hamil dan liat anak orang pasti ad donk mikirin nanti kita mao didik anak kek gini gitu tp skrg ya stlh ngalamin ternyata ngk bisa 100% spt yg kita mao jd ak ngk terlalu banyak mikir ya di jalanin aj & betul sbgi ortu kita hanya bisa kasih yg terbaik dlm bentuk apapun.

    • thank u komennya. iya bener banged kadang terlalu dipikirin mala kita ga enjoy ya. Yang penting enjoy dalam proses dan jalani aja, thanks for reminding🙂

      Iya bener juga, gw n adik2 gw dari ortu yg sama, tapi sifat kami beda2 semua. Mala gw bedaa banged sama adik2 gw hehehe

Tinggalkan Balasan

