Gambar-gambar Plus Plus

Kesibukan gw belakangan ini: gambar-gambar…

Awalnya karena gw terima kartu-kartu ucapan pas James lahir, beberapa kartu itu personalised. Sudah ada nama orangnya yang ngasi berupa ketikan di kartunya. Gw pikir ide bagus nih, ga perlu beli-beli kartu ucapan mulu. Apalagi ini personalised, jadi kesannya lebih unik dan cantik. Lalu gw mulailah iseng gambar (aslinya gw udah lama banged gaperna niat ngegambar, biasanya cuma gambar coret-coretan tanpa sadar). Gw disain bentuk kartu dan gw cetak yang banyakkk, biar gw ga perlu pegi ke gramed beli kartu mulu. Hasil kartu gw bisa dilihat disini.

Dari liat punya gw, temen-temen gw ikutan pesen. Akhirnya gw jadi trima pesenan deh😀 Nih beberapa hasilnya..

 

portfolio

IMG_20140720_161812

personalised greeting cards

personalised greeting cards

20140903_140229

Ilustrasi diframe, pesenan orang

IMG_20140819_220237

sekarang ga beli kartu ucapan lagi, stoknya uda banyakk

 

Nah baru-baru ini ada kejadian kurang mengenakkan.

Ceritanya temen lama gw waktu SMP kontak via BB, dulu kita kenal tapi ya ga deket-deket amat. Dia dapet pin gw dari instagram / facebook. Trus doi nanya bikin 1 pack kartu gitu berapa? Gw jawab harganya. Trus doi order, minta dibikinin gambar kartun dirinya dan suami dan kedua anaknya untuk dipigura. Beberapa hari kemudian, gw kasi liat hasilnya, trus doi nambah order lagi mau gambar yang berdua aja sama suaminya. Gw bikinin juga donk. Trus doi terakhir nanya-nanya kalo dibikin versi kartu ucapan berapa, dan akhirnya doi memutuskan untuk nambah sekalian bikin kartu ucapannya (1 pak isi 100 lembar kartu).

Gw kerjain semua, gw kasi lihat tahap demi tahap dari draft pensil sampe final version. Trus gw cetak semua, oh ya pas gw kasi pilihan opsi beberapa background yang berbeda, doi bilang ‘cetak semua deh, gw mau semua’. Ya udah gw turutin. Trus doi nanya soal pengiriman. Gw bilang pake JNE nyampenya 3-4 hari ongkirnya 10 rebu. Doi malah ketawa bilang ‘ongkir mana itu? kok murah banged?’ Trus doi bilang hah kok lama banged nyampenya 3-4 hari. Gw tawarin apa mau paket kilat 1-2 hari nyampe, harganya 13 rebu, doi bilang mau. Trus malam itu juga dia nambah order katanya temennya ada yang mau juga, tapi katanya harus selese malem itu juga, mau buat hadiah buat suami temennya itu katanya. Doi kirimin foto, trus gw gambarin malem-malem itu juga, gw kasi liat draft pensilnya.

Abis itu gw nunggu transferannya donk. Kan 2 gambar diframe udah jadi, 100 lembar kartu ucapan juga udah dicetak. Gw kasi totalnya dan nomer rekening gw, gw bilang kabarin ya klo uda ditransfer. Trus doi bilang iya2, trus nanya2 soal dokter anak di semarang karena katanya anaknya sakit. Gw sendiri bingung, doi tinggal di kota sejauh 3 jam dari Semarang. Ngapain bawa anaknya ke dokter sini? Tapi ya gw kasi nomer contact dokter anak disini. Trus besokannya doi ga ngabarin seharian (gw nunggu doi kabarin kalo uda transfer). Besoknya lagi doi BBM nanya apa punya temennya udah jadi, gw bilang belom dan suru temennya add gw sendiri (dalam hati gw: gw kan ga kenal temen lu, klo gw ditipu begimane).

Trus doi ngilang besokannya, gw juga kaga nyari. Besoknya lagi doi SMS :

IMG_20140914_021023

Doi nanya apa gw udah kirim, ya gw tegesin bilang gw kirim kalo lu dah transfer duitnya. Abis dari kmaren-kmaren doi ga nyinggung sama skali bakal transfer gw kapan. Padahal gw dah bilang siap paketin barangnya.

Trus beberapa hari kemudian, doi bbm gw:

IMG_20140914_020301

…… Gw udah berasa bad feeling sebenernya pas awal-awal. Pertama, karena doi terus nambah orderannya.. ga sekalian pas awal tapi di tengah-tengah.. jadi pertama kan dia order foto berempat, lalu order yang foto berdua, lalu nambah kartu ucapan 100 cards, trus trakhir dia mau nambah gambar temennya (untung gw baru draft pensil doang trus gw ga kerjain lagi). Trus seakan-akan money is not a problem for her. Doi mau cetak semua opsi background yang gw tunjukkan, doi bilang ongkir 10 rebu kok murah amat, doi mau yang pengiriman kilat.

Yah gw jelas marah sama dia. Gw bukan hanya rugi waktu – gambar malem-malem begadang saat anak-anak uda tidur, gw rugi energi bolakbalik pergi nyetir sendiri ke percetakan dan ngantre, gw juga rugi uang karena gw udah mencetak seratus lembar lebih yang tentunya bukan gratiss bokk..

Pertanyaan gw klo duit segitu buat dia gede, kenapa doi nambah-nambah terus pesenannya. Doi bela diri kalo anaknya opname, belakangan doi bilang anaknya sempet ga sadar dan masuk ICU. Well only God knows. Gw sempet kepikir minta dia kasi bukti foto bahwa anaknya bener-bener masuk rumah sakit. Tapi trus gw males, buat apa? Gw hanya perlu diganti kerugian secara materiil. Gw heran aja, klo anaknya sakitpun masa duit segitu aja dia ga punya. Lha kok waktu dulu ngorder ke gw seakan-akan money is not a problem gitu.

Gw sempet nego ama dia untuk dibayar separo dulu dan gw kasi waktu sebulan untuk melunasi. Doi bilang akan berusaha menepati.. Sampai hari ini (sekitar 2 minggu), belom ada kabar apa-apa dari dia. Meski dia ya gak ngilang, masi gonta-ganti PP di BBM. Sekarang gw udah move on, mending ngerjain yang lain daripada ngurusin dia. Dibayar syukur, ga dibayar ya anggap ini pelajaran buat gw. Bahwa setiap pekerjaan jasa, hendaklah gw meminta DP.

Soal uang itu emang sesuatu, tapi lebih sedih lagi bahwa sesuatu yang kita kerjakan sepenuh hati – tidak dihargai orang.

Posting ini akan gw hapus kalo temen gw ini akhirnya mau bayar gw😛

Tambahan:

Doi punya digital files dari gambar-gambar gw. Waktu itu gw kirim untuk kasi liat apa sudah betul semua tulisan dan background sesuai yang dia mau. Doi bahkan sudah memajang gambar-gambar gw di PP BBM dia. Dengan files2 tersebut, tentu doi bisa cetak sendiri kalo mau, tapi tentu kualitas nya buruk. Yasudahlah pelajaran buat gw😉

Tambahan lagi:

Yang butuh password postingan kemaren, silakan email gw di t3ph(at)hotmail(dot)com ya🙂 gw mau kirim paswot ke para pengunjung setia, tapi ga semua gw tau emailnya.

33 thoughts on “Gambar-gambar Plus Plus

  1. Iiihh nyebelin banget ya tuh orang. Emang sampai brp juta sih nyetak kartu2 aja ko alasannya sampai kaya gitu. Ya udahlah Tep direlain aja, Berkat Tuhan akan datang dr orang lainnya lagi ko😉 .

    Dulu gw sempat beli bibit2 bunga pesanan seseorang, udah komplit yang pesen malah banyak alasan, ya sutralah bisa dijual lg ko. Cuma klo kartu2 yg lu bikin ya ga mungkin dijual ke org lain ya secara ada nama yg pesan.

    • Lha itu gw heran, totalnya jauhhh di bawah 1 juta. Kalo emang buat dia duit segitu pengaruh ke finansial dia, kenapa dia ordernya banyak banget? Pesenan dia termasuk 5 print ukuran 5R (2 macam ilustrasi berdua n berempat), 100 lembar kartu, gw bonusin frame pula. Yah klo kartu dan ilustrasi sih uda pasti buang sia-sia, untung gw gak kirim, paling gak ga rugi frame nya wakakaka #positivethinking

      Iya nih dukanya kerja sendiri ya gini ini, nemu buyer yang aneh-aneh hehehe. Thank u ya Nella🙂 kamu jualan bibit ta?

  2. Ya ampunnnn tepppp…genggeus abis tuh orang… gue juga kemaren baru order gambar kartun ke seorang ilustrator..tapi gue transfer dulu lunas baru dia gambar. Janjinya sih hari ini dia kirim via email.
    Kok pede banget ya ampe pajang2 di DP bbm segala….lunasin dulu kali woyyy!* pembaca yg ikut esmosi*🙂

    • Iya mestinya sih bayar lunas dulu baru gambarin ya, lbih aman gambarnya ga akan kebuang sia-sia. Tapi kmren gw pikir kan temen SMP, gw kenal, gw pecaya aja ga bakal knapa-knapa. Iya gw juga heran klo klien gw yang laen biasanya ga brani pajang di DP klo blom bayar ato paling ngga minta ijin dulu ke gw. Ini tau-tau uda nongol aja di DP bbm nya. Abis dia bilang gabisa bayar itu sih gw uda larang dia pake2 lagi gambar gw.. but who knows..

    • Iya Mem. Gw berpegang teguh prinsip ‘ga ada uang ga ada barang’ hehehe😀 Cuman ya tetep aja smua print2an bakal kebuang sia-sia, kecuali framenya. Thanks Mem

  3. Oh noooo thats nightmare for all designers😦 lain kali mending minta dp dl 50% sblm cetak yaaa.. (Biar ga rugi) Sm kl kasi file digital buat kasi liat d watermarkin gede2…. Jd klpun dpake nama kt jg trpampang gede2.. In this business we cant easily trust people i guess😦 *slny lebi srg ga dihargai n dianggap remeh deh😦 *malah curhat* iya smoga ga keulang lagi ya cii😦

    • Iya gw sih kalo sama temen ato temennya temen, gw pecaya aja kok langsung kerjain, paling minta dibayar pas udah mau gw kirim, n slama ini ga pernah ada masalah. Baru kejadian sekali ini dan gw juga down banged waktu itu. Gw kan ga mungkin jual custom portrait ke orang lain, jadi waktu berjam-jam yg gw habiskan kmaren itu sia-sia aja. Bener banged cannot easily trust people hehehe. Gw juga kepikir soal watermark itu sih, cuma kok aga males ya hmmmph… Amin amin muga-muga ga keulang lagi. Thank u ya Phi🙂

  4. Lucu kartu nya…
    Kita juga bikin kartu yg ada namanya, tp cuma nama gw ama esther. Bikinnya pas abis married dulu. Hehe. Kartunya sampe skrng gak abis abis. :p

    Aduh temen lu nyebelin banget ya teph. Jd maksud dia sebenernya apa ya kok begitu. Cuma ngerjain lu gitu? Jahat banget ya..

    • Iya Man mungkin karena lu di US otomatis perayaan lebih sedikit kali ya daripada disini. Disini tiap bulan ada 3-4 ultah temennya Wesley, 1-2 kondangan, 1-2 bayi lairan / baby shower/ baby bday.. Jadi mama-mama temennya Wesley pada pesen juga soalnya mereka berasa butuh sama kaya gw hehehe.
      Kartunya bole donk skali-kali dipajanggg😀

      Nah iya gw kepikir apa cuma ngerjain gw. Ato lebi ngeri lagi apa jangan-jangan dia ngerjain orang laen bilang dia jualan custom portrait? Soalnya yang terakhir dia minta digambarin temennya minta cepet jadi semalem itu rada-rada aneh sih… Thanks Man

  5. Astaga ikut emosi bacanya, ngeselin bngt soalnya kan cape bikin design n cetak orderan dia, truz gabisa dijual ke yg lain pula.. Org online shop jual baju aja kesel kl ordernya dicancel, pdhl bajunya bs dijual ke pembeli lain.. Gmn ini pesenan dia smua gabs diapa2in.. Huhu yg sabar yah ce, biarlah dia menuai apa yg dia tabur🙂
    Btw aku mau donk passwordnya, emailku be_bless_che@yahoo.com, bsk aku email cc deh🙂

    • Iya gw juga down waktu itu, soalnya kan ga mungkin gw jual ke orang lain. Tapi yaudah la gw move on ngerjain yang laen daripada dipikirin bikin bete hehehehe.

      Aku uda email kamu yaa😀

  6. Tephhh.. duh kesel banget bacanyaa.. iya nih yg paling penting, pelajarannya yah. Temen yg udah lama ga kontek, apalagi ga deket jangan diperlakukan sbg tmn deket.. Trs teph.. Iya laen kali DP dulu atau bahkan lunas is a must ya! BT dengernya deh,, ngerjain bgt. alesannya aneh2 lagi.. Tapi resiko dagang emang gt ya teph.. smangat ya! jangan lama2 down nya.. suka gambar mu lucu2..
    Tep mau passwordnya donk.. aku email kamu ya..🙂

  7. yah ampun… bisa begitu yah. udah order pertama langsung order lagi. tapi ujung2nya malah gak bayar😦 iya. next time harus DP aja atau harus bayar lunas. aku mau juga donk passwordnya. nanti aku email yah.😀

  8. Itu gambar orang2nya disesuaikan ama fotonya dulu ya Teph?
    Emang kalo udah nyangkut biz lebih amannya DP duluan yah, biarpun ama temen. Kalo gw pernah kebalikannya Teph, orangnya udah DP buat website dan baru revisi warna doank trus ilang…jadi kita yang ga enak udah terima DP tapi ga kerjain apa2…hehe…

    Boleh bagi pwd-nya Teph? ntar gw emailin yah, thanks!

    • Iya pake foto fel, penting untuk tau model rambutnya kaya apa😛
      Wah klienmu itu ilang sampe skarang ga ketemu? Itu sih jarang2 ada tapi baguslah klo km ngerjainnya blom banyak, jadi ga rugi yah😀

      Pass udah yaa😀

  9. yg ini kaga di peotect hehehe

    alasan mertua meninggal gw blg gak masuk akal itu kan juli ini udah sept berarti kl butuh uang atau keuangan kondisi gak bagus ngapain dia mesen2 sm loe… asumsi gw dia pesen agustus yah *kaya itung2 org haanoa merit trus lahiran brp bulan* hahaahah

    semoga makin banyak rejeki lo, gw pikir lo jual gbr aja ternyata sampe jadi kartu yah🙂

    • Kaga fel, orangnya mau baca juga gapapa hahaha😀

      Pesennya akhir agustus. Iya emang ga masuk akal. Mesennya banyak nambah2 terus, dari awal klo emang duit segitu buat dia gede kan mestinya ya dia pesen 1 macem aja donk ya.
      Amin aminnn😀 thanks Fel

  10. Haisssh, ada aja orang yang gak hargain jerih payah orang ya. Jadi ingat waktu itu baca di facebook ada surat menyurat yang lucu antara klien brengsek dengan designer. Emang bener lain kali minta dp baru mulai dikerjain aja.

    • iya lho ternyata temenku fashion designer juga gitu, bajunya uda dipake, uangnya blom lunas (cuman DP doank), ditagih alesannya banyak banged.
      Iya skarang sih klo ga temen deket banged, minta DP dulu. biar gw aman hehehehe

  11. Wah ikutan sedih ini fan, kok bisa ya… kalau memang kesulitan ekonomi kok lebay banget pesen awal-awalnya. Ya sudah direlakan aja buat jadi pelajaran ya, untung designernya kamu yg orangnya super duper sabar, coba kalo aku, pasti bisa heboh!

    Anyway, i love your works, keep drawing!

    • Thank you for sweet words the😀 hehehe. Belakangan ini aku dibilangin temen klo dia perna kena juga ama orang yang sama (sama2 temen smp juga). Dan sampe skarang kasusnya ga selese. Jadi dia bilangin aku gausah berharap, soalnya dulu dia juga ngejar-ngejar sampe brapa bulan tanpa hasil.

  12. Geregeten juga bacanya teph, apalagi orgnya udah kamu kenal. Gw dulu pernah, temen sma loh, pas masih awal2 kerja olshop baby, dia pesen biskuit baby import macem2 trs setelah barangnya datang gw confirm berkali2 bbm cuma di read aja ga dibales. Pdhal kalo dr style nya sih ga masalah dgn kondisi keuangan dia juga. Sempet nggondok tapi ya mau gimana lagi…
    baru2 ini aja banyak tuh yg demennya hit n run pesen cemilan pesen2 tiba2 ngilang aja.. pin bbm juga didelcont aja… yg sebel kalo udah dipacking rapi2 pan buang2 packing stuff hahaha… biasa lah ya kalo org mau “besar” usahanya, pasti ada aja halangannya ^_^ yg penting semangat !

  13. sopo kui tep???? sopooo *brasa kenal ajah sama si OTTD* orang tak tau diri maksud gw cih cih cuih. sing sabar yha say, dengan ada pengalaman begini walau ga enak tp km bakal lbh tajam dalam berbisnes… sethajham shiiiilllllet!!

Tinggalkan Balasan

