Alergi + Asma

Anak gw, Wesley – 5 taon, uda dibilang dokter ada asma sejak umur 2 taon. Kita dah perna konsul ke Dokter Lee Be Wah – spesialis alergi anak di Singapore waktu umur 2 taon, ceritanya ada disini. Sejak diterapi semprot itu, anak gw membaik. Asmanya dari sebulan sekali kambuh, jadi lima bulan sekali. Dosis semprotan Flexotide pelan2 gw turunkan..

Tapi memang namanya asma ya, klo anak terlalu aktip, heboh maen, lari2+loncat2, ya seringnya batuk2 trus lama-lama bunyi ngikk.. Sejak Wesley umur 3 – 4 taon, yaa adalah 2-3 bulan sekali gw mesti semprot Ventolin (Ventolin ini hanya dipakai jika doi batuk2 hebat). Tapii… sejak awal bulan Desember, entah kenapa doi batuknya tiap hari. Bahkan disemprot Ventolin pun ga ngefek alias tetep batuk mulu.

Gw udah ke dokter sana sini, kasi obat ini itu, tetep aja ada batuknya. Siklusnya: batuk parah banged (batuk yg semenit sekali sampe yg denger ikut gatel kupingnya), batuk mendingan, batuk parah lagi, mendingan lagi. Mendingan klo kasi obat, abis obat habis batuk hebat lagi.. Sampe satu titik gw dah bosen kasi dia obat dan pasrah.. (eh ga ding, tetep googling sana sini). Gw juga uda nurutin kata dokter untuk nebul dia, trus gw inisiatip bawa dia terapi disinar infrared dan ditepuk2, tapi batuknya tetep parah banged dan mengganggu aktivitas (makan aja susah soalnya batukkkk mulu, tidur apalagi -_-). Dokter langganan wesley bilang, ini ada kemungkinan asma dan mikroplasma. Dokternya ngejelasin apa itu mikroplasma, itu katanya radang paru, mirip pneumonia tapi bukan jenis yang membahayakan, disebabkan oleh mikroplasma (sesuatu antara virus dan bakteri, tapi bukan virus dan bukan bakteri, namanya mikroplasma). Untuk memastikan mikroplasma atau bukan, harus cek darah di Singapore karena alatnya cuma ada di Singapore. Gw crita, akhir taon emang planning mau ke Singapore. Dokternya bilang bagus, kalo gitu sekalian kamu periksa disana. Karena mikroplasma ini bukan sesuatu yang urgent, jadi lebih baik nunggu akhir taon nanti kamu ke Singapore dulu dipriksa, kalo memang betul mikroplasma nanti kita treatment dengan antibiotik.

Gw nanya, apa mesti minta referral letter dari dokter untuk tes darah? Apa gw minta sama dokter Lee Be Wah skalian gw juga mau konsul ama dia? Tapi si dokter mengingatkan, kemungkinan besar Dr LBW (Lee Be Wah) ini akan bilang bukan mikroplasma. Jadi percuma gw minta referral letter, mending langsung aja abis konsul di Mt E, kamu turun ke bagian lab nya trus minta tes darah. Bisa langsung kok ga perlu referral letter (surat pengantar).

Fast Forward ke akhir bulan

Tanggal 2 Jan gw uda janjian ama dokter LBW. Doi orangnya baik, enak diajak ngomong, dan sabar. Doi cuma memberikan solusi nambah dosis Flexotide nya dr 1x sehari jadi 2x sehari sementara selama sebulan ini, sampe Wesley bener-bener membaik. Trus doi juga resepin Bambec untuk obat batuk minum sehari sekali sebelum tidur malam. Karena Wesley ini tiap malam – terutama subuh jam 5 – selalu batuk-batuk hebat sampe doi kebangun.. Bambec ini katanya untuk menghilangkan batuk2nya di tengah malam. Soal mikroplasma. doi bilang itu bukan mikroplasma.

Selese konsul ama dia, gw berusaha ke lab untuk tetep tes darah sendiri (seperti saran dokter gw di semarang). Tapi oleh resepsionisnya, gw diminta memperlihatkan surat pengantar dari dokter. Yang mana gw ga punya, dan gw ga mungkin minta ke LBW karena dia sendiri menyanggah diagnosis mikroplasma. Hari itu gw menyerah karena perut juga uda lapar minta diisi, akhirnya kita ngacir lunch di Havelock Bakuteh #abaikan

Besoknya gw ke Paragon Medical Center (hotel gw di belakang paragon, jadi deket banged). Setelah muter-muter nyari lab nya, akhirnya ketemu juga! Eh sama juga kita ditolak karena ga ada surat pengantar dari dokter. Hari itu kita bener-bener menyerah deh. Kita sepakat nyoba dulu terapinya LBW ini, klo memang ga membaik ya apa bole buat baru next time gw bawa Wesley lagi tes darah di Sing.

Setelah dikasi obat Bambec nya, emang betul subuh jam 5 ga ada batuk hebat lagi. Tapiii.. paginya pas bangun tidur doi ngeluh2 hidungnya bumpet / kesumbat. Sampe nangis anaknya, katanya gabisa napass😥 Dan itu terjadi tiap hari sejak dikasi Bambec. Gw jadi berkesimpulan: mungkin lendir yang biasa memenuhi paru2nya, abis dikasi Bambec lendirnya ga di paru2 tapi ngumpul di hidung.

Akhirnya kita berentiin pake Bambec. Cuman terapi semprot 2x aja. Wesley baru masuk skolah 2 hari, ehh dia batuk2 parah lagi n asmanya kambuh. Dia nih kalo batuk, ngekel ga berenti, sampe lidah kluar dan kaya mau muntahin sesuatu tapi ga ada yg keluar. Akhirnya gw bolosin kemaren ini cukup lama – 5 hari.

Gw denger dari temen, katanya ada ahli paru di semarang yang bagus, namanya Dr Priyadi. Akhirnya kita kesana dan konsul ama dia. Orangnya bagus juga, dia mau treatment yang ringan-ringan aja karena katanya anak gw kmaren udah minum obat macem2 dari dokter macem2. Jadi yang ringan dulu dicoba, baru yang berat. Jangan kebalikan. Doi resepin puyer buat obat batuk pileknya, trus obat semprotan Flexotide nya suru ganti ke Seretide (LBW ya sempet bilang klo Flexotidenya dirasa ga mempan, bole ganti ke Seretide). Trus doi suru kita besok dateng ke kliniknya untuk tes alergi.

Whoa, pikir gw, slama ini ga ada dokter yang mau nge tes alergi anak gw. Biasanya mereka bilang, percuma anak kecil di tes alergi, karena alergi itu kan berubah-ubah sesuai umurnya. Jadi bisa jadi sekarang dia alergi smua, tapi taon depan engga.. Kalo LBW dari dulu bilang anak gw ngga alergi, cuma ketepa virus anak laen di skolahan.

Eniwe besoknya kita tes alergi. Ternyata ini pake metode pendulum. Gw juga baru pertama liat tes alergi pake pendulum. Jadi asisten dokter ini deketin sebuah alat tangkai panjang dari besi trus dideketin ke botol kecil berisi zat terduga alergen, dideketin dua2nya ke badan anaknya. Kalo goyangnya maju mundur berarti gapapa, klo goyangnya berputar berarti dia alergi sama zat di botol itu (ini kesimpulan gw dari pengamatan hehehe).

Hasilnya Wesley alergi: debu, tungau, bulu hewan, kapuk, coklat, dingin, tengiri, MSG, gula pasir.

Yang susah ni MSG dan gula pasir. Karena klo gw masak kan gw pake gula sebagai pengganti MSG?? hahaha ga lah gulanya sih dikit itu ya. Cuman kan gw sering kasi roti2an, dan roti itu kan bahannya ya gula pasir dalam jumlah banyak? Trus MSG, gw emang gapake buat masak, tapi kan kita kalo wiken biasanya jajan diluar rumah, dan ga yakin restoran mana aja yang masaknya gapake MSG.

Trus mami gw (yang ikut ke dr Priyadi) nanyain apa mungkin Wesley alergi susu sapi? Trus dokter ngecek daftar kertas di tangannya dan bilang kalo menurut hasilnya sih nggak. Tapi… beberapa pasien saya ada yang minum susu D****w alergi dan minum susu merk lain gapapa. Jadi kadang susu formula itu tergantung merknya juga, bahan-bahan yang terkandung di dalamnya kan beda-beda. Kalau mau, Ibu bawa saja beberapa sample merk susu, dites alergi lagi sama anaknya. Pasien saya banyak yang begitu kok, bawa bahan makanan macem2 buat dites disini.

Jadi beberapa hari kemudian, gw bawalah 3 macem susu yang slama ini diminum Wesley: Similac, Greenfield pasteurisasi, dan Soyalicious (iya dalam sebulan itu emang gw gonta-ganti susunya Wesley karena gw ngetes apa dia ga cocok dengan susu tertentu). Di depan mata gw, itu pendulum bisa maju mundur kalo ama Greenfield dan Soyalicious, tapi goyang muter sama susu terakhir. Diulang 2x hasilnya tetep sama. Gw emang sebenernya ga kaget sih, soalnya susu kaleng gitu kan bahan campurannya lebi macem-macem ya, mungkin bisa jadi ga tahan ama gulanya, ato perisa vanilinya, ato entah vitamin apanya hehehe. Sejak itu gw brentiin susu kalengnya, skarang selangseling antara susu Greenfield dan Soyalicious.

Gw heran yah, padaal dulu anak ini biasa minum UHT ultra coklat ya gapapa, makan ayam goreng ya gapapa, kok skarang gw extra banged jaga makanannya. Sampe hari ini anak gw masih ada batuknya meski jauh lebih mending daripada sebelum gw terapi semprot Seretide 2x dan hindari alergen. Oh ya gw masih kadang terpaksa kasi dia Tiriz drop (anti alergi) kalo batuknya tetep ga berenti-berenti. Biasanya kombinasi disemprot Ventolin dan Tiriz drop lumayan ampuh untuk bikin batuknya berhenti.

Doakan aja ya teman-teman, mudah-mudahan batuknya sembuhh🙂

PS: Ini postingan mengendap di draft lumayan lama karena gw nulis stenga jalan trus malas hueheuheu. Belakangan ini gw lagi minat ama sebuah merk essential oil yang katanya bisa untuk terapi batpil dan asma. Yang tau, mohon reviewnya yaaa (pasti pada tau nih ibu2 kayanya)😛 Ntar gw review juga kalo gw dah pake aga lamaan

PS lagi: abis komen-komenan ama pengunjung, gw baru sadar ktinggalan cerita sesuatu hehehe. Jadi mulai november lalu tuh sekolahannya Wesley lagi dibangun gedung di sebelahnya. Karena ini sekolah baru jadi ceritanya mereka perluasan mau bikin SMP dan SMA. Nahhh gw curiga gara2 ini wesley mulai batuk hebat sejak Desember. Soalnya dulu pas dia umur 2 taon, pertama kali kambuh asmanya, ya gara-gara depan rumah gw ada 5 rumah lagi dibangun (sebelumnya tanah kosong yang luasss banged). Gw bilang ini ke Dr Priyadi, dan doi mengiyakan bisa jadi banged. Sbab ada pasiennya yang batuk setahun ga sembuh-sembuh, karena depan rumahnya ada pembangunan. Abis pembangunannya selese, batuknya sembuh. Kalo alergen seperti ini kan susah ya hindarinnya? masa mau pindah rumah atau pindah sekolah😦

Btw tapi skarang pembangunan sekolahnya uda selese, 2 minggu ini Wesley nempatin gedung baru. Tapi menurut gw masi agak bau cat gitu. Muga2 deh batuknya membaik abis semuanya selese.

 

 

 

50 thoughts on “Alergi + Asma

    • kok cici lu asma, lu untung ngga ya? Gw 3 bersodara, 2 pertama asma, yg bontot gak asma, gatau knapa bisa bgitu ya?
      Thank u linknya, gw praktekin nih. kebetulan dr kmaren gw pilek nih hiks😦 takut nularin anak2 tp ga brani minum obat krn masi asi #dilema

      • Gw 3 bersaudara yang asma cici gw doang. Gw sama koko gw alergian sih, tapi ga sampe asma. Koko gw langganan batuk, gw langganan hidung mampet dan meler *sedih amat langganannya* Btw kalo ASI kan ada banyak jenis obat2an yang aman diminum. Apalagi James udah 1 th kan udah banyakan makannya daripada ASI. Gak apa minum obat aja daripada tular2an ga kelar2. Gw juga lagi batuk pilek berjamaah di rumah nih.

      • oh gitu ya? ini gw minumin silex – yang katanya aman buat busui – tapi gw minumnya ngasal ga sesuai dosis dan waktu hahaha, kadang cm sehari sekali😛
        Gimana lu dah sembuh blm? hihihi.. Gw kliatannya baikan – parah – baikan – parah – blom tuntas tuntas nih

  1. Tep kl emg wesley alergi gula, untuk pemanis makanan nya bisa diganti buah apel setau gue. Dulu nyokap kl masak cemplungin apel buat pengganti gula/msg. Gue baru baca info soal susu merk similac dan disitu tertulis similac kandungan gula nya tinggi. Mungkin gara2 itu pendulum nya muter2 (info dari sini http://m.naturalnews.com/news/048390_infant_formula_GMOs_childrens_health.html )

    Yg essential oil itu gue jg ada denger sih, temen bnyk yg pake. Tp gue sendiri blm perna nyoba :))

    • wah good idea, gw baru denger bisa pake apel ganti gula. thanks ya
      iya gw dah perna baca link itu n bikin gw aga parno karena anak gw yg kecil belakangan kan gw kasi susu tambahan ya similac itu. Tapi kok merk terkenal smua ya yg disebutin: abbot, mead jonson, nestle. bingung jadinya mau kasi susu apa.
      iya gw juga denger dr bbrp temen, katanya oke dan bagusnya jadi mengurangi konsumsi obat. muga2 bener yah

  2. Teph, anak gue seminggu ini batuk gak bae2 aja gue udah pusing. Udah ganti obat juga, pileknya mampet tp batuk msh hoek2 dan dia belum ngerti buang dahak. Kalo bobo pas lg sesek dia smp nangis2. Kasian banget malem2 bs kebangun 2 smp 3 kali krn hoek2an.

    Semoga semua problem pernafasan anak2 cepet pada kelar deh ya. Gak tega ngeliatnya. Apalagi kl blm bisa buang dahak n ingus kaya Abby. Lemes emaknya liat anak sakit.

    • nah iya tu kasiannya kan kalo batpil harus banyak istirahat. tapi pegimane bisa istirahat kalo malem2 bangun2 gara2 batuk??
      klo lendirnya masi kentel km bisa coba terapi infrared sambil ditepuk2 (bisa ke fisioterapis di rumah sakit/ klo gw si beli alatnya n tepuk2 sendiri hehehe). Trus klo pagi dijemur kena matahari pagi jam 7-9.
      Iyaa bener, paling lemes kalo liat anak sakit. Ni skarang tiba2 gw pilek uda parnooo nih takut nularin anak2😦

  3. pas dari awal baca gua udah mau suggest kenapa gak test alergi. hahaha. ternyata akhirnya udah.🙂 lucu ya test nya pake pendulum gitu… apa pasti akurat?

    andrew soalnya juga ada asma dan itu timbul kalo lagi alergi. jadi emang harus dijauhi alergennya…

    • gatau knapa dari umur 2 taon tiap gw konsul ama dokter, mereka pada ga nyaranin tes alergi. klo LBW di sing bilang anak gw asma aja tanpa alergi, jadi katanya asma ada 2: asma doank ato asma plus alergi, dan menurut dia anak gw ini asma aja tanpa alergi.
      klo dokter indo, kayanya menurut mrk yaa anak2 alerginya pasti banyak termasuk debu tungau coklat dll.. pasti nti kluar alergi macem2
      klo andrew dites nya model gimana? apa yang kulitnya disayat? alerginya andrew apa?

      gw bingungnya ya selama bertaon2 ini wesley tu ya minum similac, minum UHT coklat (siang malem), makan makanan restoran (MSG), makan roti2an (gula), dan gapernah tiba2 terus jadi batuk n kliatan klo alergi sama itu-itu. Hanya dingin dan debu yang gw tau dia ga kuat (klo abis makan es krim seringnya abis itu jd pilek). Jadi batuknya sejak desember ini emang agak aneh… oyah sejak beberapa bulan terakhir skolah wesley ada pembangunan gedung di sebelahnya, jd bisa juga krn debu bangunan ya

  4. hai sis .. toss sesama emak yg punya anak asma. hehe.
    sekedar sharing ya say, kalo aku berobatnya ke penang. tapi kata dokternya anakku lbh ke sinus. tapi saya bingung kenapa ga ditest ya klo di SG? harusnya dokter menentukan jenis alergi dari jenis alergen pemicu.
    anyway, tanpa mendeskreditkan dokter haha tapi karena gw dah pernah mencoba berbagai jenis tes alergi, menurut aku pendulum itu kurang scientific. anakku sendiri pernah cobain test skin prick sama tes darah so far si alergi debu.
    btw, sehabis di penang anakku dikasihnya penguat paru (jadi lbh ke preventife ya) dan puji Tuhan Haleluya skr semuanya dapat dikontrol.
    semoga cepet baik ya dear Wesley.
    salam kenal🙂

    • wahh toss dulu..
      Waktu anak gw umur 2, gw dah nanya ke dokter singapore apa perlu anak sy tes alergi, tp doi gamau ngetes katanya gaperlu karena menurut dia Wesley itu gak alergi tapi ketepa virus di skolahan (umur 2 pertama dia masuk skolah). Pas umur 5 taon ini gw ke dokter yg sama, doi bilang asma ada 2, asma doank atao asma plus alergi, dan menurut dia anak gw ini asma tanpa alergi. Jadi doi tetep bilang gaperlu tes alergi.
      Wah klo skin prick itu apa yg kulitnya disayat ya? Menurut km oke mana sama tes darah? Kalo gw mikir kulit disayat itu apa ga anak gw histeris nangis2 ya?

      Dan lagi gw emang tau kira2nya alergi apa, yg jelas debu ama dingin. Soalnya klo makan es krim gitu seringnya abis itu dia pilek. Tapi yang laen-laen gw gatau juga, sbab sebelom desember kemaren, anak gw biasa makan di restoran tiap wiken (MSG), makan roti2an (gula), minum uht coklat (coklat), minum similac (yg dibilang alergen juga). Tapi dulu ga ada masalah abis konsumsi itu-itu.

      Eh penguat paru preventife nya apa? semacem semprotan ato obat oral? Thank youu sharingnya ya, ga ada blog?

  5. ci, essential oil itu yang inisialnya YL bukan?hehehehe.. kalo iya, temen gue ada yang konsumsi ci en katanya emank bagus🙂
    semoga asma + alerginya Wesley membaik ya ci, kasian sampe batuk2 tengah malem/subuh2😦

    • iya bener😀 wah gitu ya? iya gw lagi mau beli.. beberapa temen gw rekomendasiin katanya bagus buat terapi alami batpil dan asma
      Thank you yaaa😀

  6. tergantung dokternya juga yah.. clo2 ke dr hugo di NUH SG waktu umur 3 bulan tes alergi pake metode skin prick. ga sakit kog cuma kayak di-towel2 doang. terakhir tes alergi di penang pake skin prick dan cek darah.

    mudah2an cepet ketauan ya penyebab alerginya🙂

    • oh ga sakit ya? gw kira disayat gitu..

      oh gw baru tau juga klo tes alergi bisa lewat tes darah ya? trus hasilnya menurut lu cocok yg mana? kluar alerginya apa aja?

      • skinprick test sekali jalan bisa banyak alergen.. dari hasil skinprick test kebaca ada alergi apa aja, trus buat tau seberapa parah alerginya terhadap alergen itu pake tes darah.
        anak gw alerginya banyak🙂

  7. Gws ya Wesley, semoga kedepannya selalu sehat dan makin kuat.. Gw pas ke Jkt kmrn juga sempet mau tes alergi di RS Gading Pluit, krn eci jg kalo batuk parah, dan biasanya ngilik nya kalo malem atau subuh.. jd kita asumsikan dia alergi dingin. sayangnya ga jd test krn wkt itu dokternya gak praktek. Kpn2 sih mau test alergi, spy bisa tau kan en bs lebih preventif.. kadang2 ga ketebak juga, hari ini makan ayam goreng ga kenapa2, eh besok makan ayam goreng yang sama bisa langsung ngilik en batuk gak berhenti, jd kadang suka bingung ya😦 wah gw baru tau oil essential itu… nanti share ya kalo udh pake..

    • Nah iya sama anak gw juga sering batuknya pas malem mau tidur ato subuh jam 5-6 pagi gitu..
      Tapi sebenernya gw ga berharap banyak sama tes alergi, toh slama ini gw juga dah jaga makanannya, doi ga makan snack2, coklat, es krim, dll. Uda rajin bersihin rumah biar ga ada sarang debu.
      Gara2 tes alergi kmaren, gw tambah batasin jarang jajan diluar (supaya meminimalisir kemungkinan kena MSG), ga kasi makanan apapun yang mengandung gula. Jadi ya apa lagi ya yg bisa gw hindarin? kayanya udah smua gituu -_-‘

      okee nti share klo ada khasiatnya

  8. Hi teph, salam kenal ya. Pertama kali comment di blog kamu.
    Btw, boleh tau merk essential oilnya apaan ya? siapa tau cocok buat anak aku.
    Anak aku yg gede juga sering batuk, sembuh bentar batuk lg. Untungnya sih ga ada gejala sesak nafas.
    Sampe bingung mau dikasih obat apa, ke dokter juga ga bisa dpt jawaban memuaskan penyebabnya 😂.

    • Halo salam kenal juga ya Inge🙂
      Merknya Young Living, coba kamu search aja deh di google ato instagram. Kayanya banyak yang uda pake kok😀
      Muga2 anak2 kita sama2 ga batuk lagi yaaa

  9. halo mba teph, salam kenal.
    Kebetulan saya juga asma sejak kecil dan kurang terkontrol juga. akhir2 ini lumayan membaik mba dengan sari jahe rutin tiap hari, hehe siapa tahu membantu.
    semoga weasly cepet sehat ya mba, dan ngga kambuh-kambuh lagi.

    • oh ya terima kasih infonya ya, akan saya coba, kmaren ini biasanya sy kasi parutan kencur aja, mungkin laenkali sy tambahin jahe dikit ya.
      Thank you Mba😀

  10. Aku penderita asma loh waktu kecil. Sering banget malem2 kambuh sesek napasnya dan waktu bayi harus bolak balik ke RS juga. Tapi sejak dioperasi amandel waktu kelas 3-4 SD gitu sampe skrg ga pernah lagi asma. At all. Mungkin bisa jadi alternatif juga kali yaaa

  11. Mba teph….mau nanya dr priyadi smg praktek dimana ya…anak sy jg kaya wesley kasusnya selama ini kontrolnya ke dr anak di hermina semarang

      • Anakku bapil tiap bulan udah masuk bulan ke 6, uda cobain obt cina, ganti dokter sana sini, termasuk oil YL. Tp beli mahal2 kok ga ada efek ya. Beli ny yang buat bapil. RC. Ini beli ampir 500 rb uda gosok sana sini. Ga mempan di anak ku. Pas ak bapil jf ga ngefek. Bigung juga pas baca testi org2 pada bs ngefek. Enth itu comen dr para penjual nya apa sugesti. Jd pengen cek juga ni ke luar negri. Bagusan di Penang ato Singapore ya? soalny anakku ini kurus. uda 2 taon 3bln berat cuma 10kg. Susahh makan n minum susu. Jd mungkin kurang daya tahan tubuh karena asupanny kurang bernutrisi juga. Kasian kl lg sakit pengenny emakny aja yg sakit T.T pengen cek total drpda diindo ga jelas ni dokterny asumsi2 aja. Kasian kan makan antibiotik terus. Malah makin ga kebal tubuhny. Kemaren sempet batuk ampe 3 minggu..

      • Oh, mungkin bole dicoba ke singapore dokter anak Lee Be Wah. Menurut gw orangnya enak diajak ngobrol dan gak over-diagnose anaknya dibilang begini begitu. Oil YL gw beli macem-macem, karena beli di singapore waktu itu harganya jauh lebi murah. Yang rajin gw pake adalah Breathe Again (roll on) gw pakein klo anak gw mulai batuk2 gajelas, dan RC (diffuse pas malem lagi anaknya tidur). Trus gw juga pake semprotan asma dan kasi kencur juga, klo masi ga mempan kasi Tiriz drop (anti alergi). Biasanya bisa sih nge-rem batuk-batuk asmanya, paling ngga malemnya bisa tidur enak. Tapi kalo yang batuk pilek beneran virus sih biasanya harus pake obat (ke dokter).

        Susah makan dan minum susu juga dulu dialami anakku sekitar umur 8 bulan – 2 tahun. Tapi seiring gede, mungkin juga karena kita bolehin jajan makanan restoran, doi mulai doyan makan. Sekarang klo di rumah masakannya enak-enak dia makannya banyak, kalo ga doyan ya susah makannya. Emang picky ni anak, tapi at least ga kaya dulu pas dia dibawah 2 taon yang bener-bener susahhhhh banged makannya.

  12. Haloo cik.. Salam kenal ya.. Sorry ikut nimbrung.. Mau curhat jg anakku umur 5thn lbh skrg. Dia jg kayak wesley sejak 3th mendadak batuk parah dan suka mengi sesak smp ga ba tdr. Sy berobat ke byk dok amp rutin minumin vit.. Tp tiap salah makan atau kena debu tertular tmn sklh pst kumat. Terakhir mamaku kirimin ginseng trs suruh seduhin air panas tiap hari minumin ke anaknya. Percaya ga percaya sebulan gt dia ga kumat batuknya… Lebih tahan kalau makan yg panas2,kena kipas jg udh ga bersin2 sm kucek2 mata.. Smp skrg msh sy minumkan mesti udh ga tiap hr. Jd meskipun batuk tdk smp yg parah sekali.. Kalau ga salah di toko herbamed gajahmada ada jual jg ginseng jg.

    • wah orang semarang juga?? makasih ya infonya, aku mau ke herbamed deh beli ginsengnya juga. cara masaknya gimana? cuma direbus aja?
      Anakku ni masi suka batuk terutama kalo bangun tidur sama sore2 jam 5 dari siang menjelang malam. Kayanya emang tipe alergi gitu. soalnya kalo sepanjang siang hilang batuknya. tapi kalo aktivitas berlebih seperti lari2 juga kumat batuk sesek nya.
      Thank you yaa infonyaa ^^

      • Halo salam kenal…

        Iseng2 baca ttg webe bag nyasar sampe ke alergi.
        Anak saya yg besar juga sama hampir tiap hari batuk ama stuffy nose trus. Tiap malem apalg pagi2 selalu batuk2. Ke PD nya cm bilang anaknya punya sensitive lungs, jd tiap 3 bulan selalu beli obat ke PD. Dan mana krn cuaca disini juga berasap jd ngga banyak membantu juga. Akirnya iseng2 waktu itu browsing ttg ENT PD disini, krn kepikir mau bawa ke ENT mau cek apa anak ini punya alergy rhinitis atau asthma krn daddynya wlt kecil juga ada asthma. Eh ketemu 1 artikel dr ENT PD yg saya pikir no harm to try. Skrg tiap hari saya suruh anak saya cuci hidung pake sistem ‘nasal irrigation’, so far selama hampir 4 minggu ini batuknya jauh berkurang dan hidung mampetnya juga berkurang banyak. Tiap malem atau pagi sudah ngga batuk2 lagi. Selain itu skrg tiap malem saya kurangin juga snacking dan dairy product nya. Jd setiap hbs dinner no snack (biskuit atau susu atau cheese atau candy). Banyak membantu sih..mkn aja bisa dicoba.
        Ini link yg saya baca:
        http://ahealthierwei.com/top-4-reasons-child-stuffy-nose/

      • Thank you ya, gw baru baca artikelnya. Kalo anak gw umur 6 taon sekarang, anak kamu umur berapa? Anak gw sebenernya gak stuffy nose tapi lebih ke batuk-batuk ngekel secara random. Dan memang dokter sudah menyatakan kalo dia ada asma. Secara saya juga dulu asma jadi ga heran juga.
        Cuci hidung ‘nasal irrigation’ itu maksudnya gimana? pake semprotan hidung?
        Oh jadi abis dinner ga makan apa2 lagi dan tidur ya? Disini aga susahnya, anak sy tergolong kecil untuk anak seumurannya (berat 16-17 kg umur 6 thn), jadi sy lumayan push untuk cemilan dan susu (susu 1-2x sehari, biasanya ada sekali yg sebelum tidur). Saya dilema di satu sisi pengen dia sehat, tapi kok ya pengen dia gemukan lah at least ga jauh beda sama temen seumurannya. Saya sempet ke ahli gizi sgala, nah dia anjurin untuk kasi santan dan mentega keju untuk kejar berat badannya. Nah jadi pusing kann…

        Thank youu ya sarannya, I appreciate it a lot, dan kutunggu jawabannya soal nassal irrigation tadi😀

  13. Halo..sorry baru bales.

    Anak saya seumur ama anakmu..6th dan termasuk kecil juga 16-17 kg. Tp PD nya ngga bilang apa2..selama anaknya sehat katanya gpp. Btw, confirm kalo anakmu punya asthma?? Setau saya kalo mau tau ada asthma atau ngga mesti dicek sih.

    Nasal irrigation system, itu kaya pake tube dan air saline..trus dipake buat nyuci hidungnya. Waktu dicuci awal2 banyak banget mucus nya yg keluar bahkan thick mucus juga keluar semua. Iya sama kalo batuk sampe kaya ngekel gitu.
    Ini yg saya pake: http://www.neilmed.com/sg/sinusrinse_isotonic.php
    Kalo ke singapore, bisa beli di guardian/watson. Harganya juga ngga begitu mahal.
    Skrg udah ngga tiap hari lagi..sudah mulai berkurang 1 minggu cm 2-3 kali aja.
    Anak saya kalo diruangan ber ac atau di hawa dingin selalu stuffy nose trus end up batuk biasanya. Skrg juga sudah jauh berkurang meskipun stuffy nose nya masih tp sudah ngga batuk2 lagi.

    Saya masih kasih susu atau snack tp cuma siang hari aja biasanya…dia cm minum susu kalo pagi atau siang aja. Kalo malem habis dinner pasti no sweet snack dan susu. Cm minum air putih dan buah2an aja biasanya kalo dia minta snacking tp juga sebisa mkn buah2an yg ngga banyak ngandung gula kaya anggur, bluberries, pisang (sebisa mkn kasih buah2 ini wkt siang). Anaknya lama2 tau diri sendiri sih, dia bilang for his own good.

    Hope helps ☺

  14. thank you ya, aku dah balas panjang banget di email heheheh.
    soal cemilan. iya aku skarang ikutin saran kamu, kurangin susunya di malam hari, sebisa mungkin aku kasi pas siang. thank u yaa, nti bales2an di email aja😀

  15. salam kenal mba, ikut nimbrung ya. sy jg pernah tes alergi anak sy umur 4 th di dokter priyadi yg pakai pendulum. hslnya alergi debu, tungau debu, udara lembab, coklat, dingin ( es ), msg, asap rokok. anak sy jg sering batuk, kl batuk semenit bs 3-4x ( T.T ) dan sebulan kumat batuk bs 2-3 x. blm sembuh benar batuknya sdh kambuh lagi, batuk ga berhenti2 seharian.
    stlh tau hsl tes sy hindari penyebab2 alergi dn sy jg terapi minum kunyit+madu.hasilnya sehat dn ga batuk slm 2 bln. stlh itu sy mulai cb makan2 coklat, susu coklat dll ga papa, tp lama kelamaan batuk lg, sering lg, sebulan 2x batuk. stlh itu saya hindari lg penyebab alerginya. ni sdh 1 bln lbh sehat.jd kesimpulan sy, makan/ minum penyebab alergi ( kl anak sy es, coklat, dll ) ga papa asal dlm jmlh kecil Dan tidak sering. anak sy slm sebulan lbh ini sehat, sy kasih es krim 2 Kali sebulan.coklat kdg dpt cemilan roti coklat d sekolah, tp ga sering, mungkin seminggu cm sekali, Dan kdg jg makan di luar yg pakai msg, d rmh ga sy kasih makan yg coklat2 dn masak ga pakai msg.
    oya, wktu priksa di dokter priyadi di kasih obat. obat sdh habis tapi batuk pilek masih blm sembuh. stlh itu ada teman suami yg saranin pijet di pak bambang, di perum dinar waluyo. alhamdulillah cocok. sth d pijet seminggu kmd batuk pilek sembuh. skrg kalau kumat batuk pilek ga sy kasih obat( krn d ksh obt jg ga sembuh ) tp sy pijet ke pak bambang. slm sy pijet , batuk pilek bs sembuh total dlm 2 mg.
    sekedar sharing, bemoga bermanfaat .Dan smg anak2 kita sll sehat,,, 🙂

Tinggalkan Balasan

