Jadi Mak Comblang

… ternyata penuh resiko.

Ceritanya, gw punya seorang temen cowo sebut saja Ko, dulu adalah atasan gw di tempat kerja. Lama kita ga kontak karena kesibukan masing-masing setelah pulang ke Indo. Kira-kira setahun lalu gw whatsapp dia say happy birthday. Ngobrol kesana kemari, doi bilang minta dikenalin ke temen cewe gw, soalnya dia masi jomblo aja (umur 4 tahun diatas gw). Obrolan sambil lalu itu sempet gantung, sampe suatu saat di bulan Desember, doi nagih janji yang katanya gw mau ngenalin ke temen gw.

Gw punya 1 genk temen jaman SMA yang masih update kontak via group WA/BBM sampe hari ini. Dari kami berdelapan, baru empat yang sudah nikah, empat sisanya masih pacaran atau jomblo aja. Nah ada salah satu temen baek gw yang masi single juga, sebut saja namanya Mi. Mi ini temen cewe gw yang otaknya encer, sampe dapet beasiswa ke Belanda, kerja disana 4 tahun sebelum akhirnya pulang Indo dan sekarang lagi ambil program Master di Jakarta. Sedangkan Ko ini dulu atasan gw sekaligus temen 1 gereja, orangnya baik, pinter, hardworker. Gw pikir kayanya cocok nih. Jadi gw promosiin tuh temen gw Ko ke Mi, juga Mi ke Ko, lalu gw kasi kontak Mi ke Ko.

Pas mereka lagi PDKT, temen gw Mi sih uda kasi respon bagus (gw kelewatan bagus promosiin si Ko kali ya), tapi ternyata si Ko ini gantung aja hubungan mereka. Dibilang temen kok kaya udah pacaran – udah pergi-pergi berdua, udah gandengan, tapi dibilang pacaran kok ga ada kata-kata “Mau gak kamu jadi pacarku?” Intinya ya kaya TTM gitu dehh.. Gw denger berita ini langsung gaenak ati, feel quilty, dan agak nyesel ‘aduh kenapa sih gw jodoh2in mereka segala”. Gw sempet nanya tuh ke Ko, sebenernya feeling dia gimana, kok jadian enggak tapi suka pergi-pergi berdua mulu. Dia bilang butuh waktu buat mikir, karena sebelum ini dia pacaran cukup lama (5 tahun) dan akhirnya kandas begitu saja.

Singkat cerita akhirnya mereka resmi jadian. Gw turut seneng lah yaaa, sambil komat-kamit muga-muga awet hubungannya. Si Ko janji ama gw, kalo mereka sampe merit ntar gw mau dibayarin tiket ke Jakarta buat dateng weddingnya😛. Setelah mereka pacaran gw jarang kepo nanya-nanya gimana hubungan mereka. Kadang pas gw tanya, temen gw Mi cerita kalo temen gw Ko ini pendiem sekali n sibukkk sekali sama kerjaannya. Ko ini emang lagi merintis kerjaan di Jakarta, menurut gw sudah tergolong mapan karena klien dia perusahaan-perusahaan besar.

Kemarin si Mi cerita kalo sebenernya dia udah bubar sejak 3 minggu lalu. Doi ga berani cerita ke gw karena takut gw feel quilty karena gw kan yang comblangin mereka waktu itu. Sebenernya gw juga agak ga nyangka kalo Ko ini tidak sebaik yang gw kira hehehe. Gw kira karena doi baek sama temen maka doi juga pasti baek ama pacarnya. Ternyata doi cuekkk sekali waktu pacaran sama temen gw. Jarang nyariin, susah dikontak, sibuk banged, dll. Pokoknya gw merasa kalo gw jadi Mi sih udah gw putusin cowo ini berbulan-bulan lalu.

Sebelom gw ngenalin temen gw ini, gw pernah ngenalin 2 temen gw yang laen dan mereka akhirnya menikah – walaupun waktu itu gw ngenalinnya asal aja, bukan bermaksud nyomblangin. Nah dari situ, gw pikir kalo nyomblangin temen tuh seneng ya kalo mereka sampe ke married. Tapiii ternyata jadi mak comblang itu juga ikut deg-deg an. Pas mereka TTM an aja n temen gw digantung tanpa kepastian, gw ikut deg-deg an.  Pas mereka uda jadian, kawatir ntar kalo mereka putus (putus yang gak baek2 misalnya karena salah satu jahat). Pas mereka putus (dan yang mutusin temen cowo gw lagi!) gw jadi ikut sedih dan mikir: “aduh mestinya dulu gw gausah ngenalin ya!”. Bikin temen cewe gw jadi jatuh cinta dan sakit hati T_T

Begitulah pengalaman gw jadi mak comblang. Kelihatannya nggak lagi-lagi deh dalam waktu dekat. Kalo kamu pernah gak punya pengalaman nyomblangin orang?

#pengalamangagalmakcomblang

 

PS: baru inget dulu gw juga hasil dicomblangin, ama adek suami hahaha😀

 

 

48 thoughts on “Jadi Mak Comblang

  1. Hahaha.. Kocak teph yang P.S nya.. Baru inget ya dicomblangin juga? Iya teph ga enaknya gtu ya.. Duh itu si cowo kok minta dikenalin sampe 2x tapi pas udah dapet dicuekin gtu yah😦 smoga Mi bisa dapet yg lebih baik lg ya teph! Gw sendiri blm pernah jd mak comblang, ada si yg menurut gw bs cocok, diajak jalan bareng sekali rame2, trs udah ga lanjut. Gtu aja. Gw rada serem resikonya juga, ditambah emang selama ini blm pernah yg gw rasa cocok2 bgt sampe bikin gw pengen comblangin sih hehe.. Smangat teph!

    • Iya gw sih pada dasarnya manusia cuek ya, cman kalo sampe dimintai tolong serius (2x termasuk serius kan yah), ya gw pikir coba bantu lah. Apalagi temen cewe gw ini kan seumuran gw dan masi single, jadi kalo doi ketemu jodoh tentu gw turut seneng😀 hhahaha
      Tengkyyu Fan hehehe😀 amin doa2nya

    • wah Noni temennya banyak sih ya. tapi klo gagalnya masi dalam taraf putus pacaran masi oke lah ya, gw lebi serem kalo bayangin jodohin terus sampe nikah trus cere! pasti lbih berasa quiltynya berlipat2

  2. kayaknya gua gak pernah dah nyomblangin orang.
    yah kalo nyomblangin emang mendingan sekedar ngenalin aja ya. abis itu terserah mereka. jadi kitanya gak merasa ikut bertanggung jawab. hahaha.

  3. Si Arman tuh pernah ngenalin gue sama cowo… yang ternyata hobinya main anggar hahahhaa inget cerita gue dulu soal cowok2 aneh itu kan? Hihihi.

    Gue tuh gak pernah bener-bener nyomblangin, tapi pernah bikin org saling kenal via gue ternyata bisa sampe nikah. Atau pernah juga orangnya udah kenal dan keliatan suka namun maju mundur cantik, tapi gue panas-panasin sampe jadian dan akhirnya nikah. Emang ikutan seneng sih. Tapi gue udah ga mau kenalin serius yang bener-bener untuk tujuan perjodohan, soalnya nanti kalau sampai salah, gue bisa mules kepikiran.

    • Ada ya orang hobi maen anggar? Gw taunya cuma pas nonton film klasik Eropa gitu hmmhh. Ingat cerita cowo aneh tp gaingat mana yg hobi maen anggar hahaha.

      Hahaha kipas2in nya manteb ya Le, sampe panas dan jadian trus nikah😀 Iyaa bener dah gw juga rada kapok jadi mak comblang, ternyata sifat orang gabisa dilihat pas kita sebagai temen doank (maksudnya si cowo)

      • Hahaha.. Teph aku ngakak baca komen kamu yg ini.. Aku inget ceritanya ci Leony soalnya.. Kayaknya maksudnya “maen anggar” deh bukan bener2 maen anggar. Hahah.. Nangkep ga? Alias **** hahaha..

    • wah seneng yaa klo berhasil, kadang seusia kita gini emang uda aga susah punya kenalan baru, jadi klo punya temen2 single pengennya dikenalin sapatau jodoh hehehe. Tosss😀

  4. gua sama jp antara hasil comblangan sama kaga sih. hahaha.. ditengah2 gitu. cuma dikenalin aja sisanya jalan sendiri. hehehe.. kalo untuk nyomblangin orang gua juga belum pernah. wkwkw..

  5. Wahhh gw ma suami jg korban hasil pencomblangan yang sukses smp married, susah2 gampang memang teph buat nyomblangi org, gw bnrnya suka nyomblangi org tp kok ndk suka saksess ya hahahha ndk bakat keknya

    • Yang susah ni kadang cowonya yah. Kalo cewe kan dari ga demen kalo dideketin intens bisa lama2 jadi demen. Tapi kalo cowo beda kasus..
      Wah dicomblangi siapa nih? hehehe

  6. Ihh iya gw jg pernah punya pengalaman ga enak comblangin orang. Dan gara2 itu jd tau yah sifat asli orang gimana hehhe. Sekarang kapok ah, ngga mau comblang2in lagi hahaha

    • iya, gw juga kaget pas denger cerita dari temen gw Mi, ternyata si Ko ini begini begitu. Padaal gw nih temenan ama Ko dulu bertaon-taon gatau kalo dia begitu. Memang cowo itu misteri ya hahaha

  7. Hi teph..
    temen2 cowo kenapa sering minta kenalin cewe ya..hahaaa… g pernah nyomblangin tapi kayanya ga pernah ada yang berhasil…#gak bakat,,wkkwkwkw tapi g sendiri nikah hasil di comblangin sama temen…hohohoho

  8. Tipe cowo cuek bebek spt ko harusnya punya cewe atau nantinya yg jadi istri selalu jadi pendorong, jadi si cewe yg kudu agresif, harus ngejar2 gitu. Soalnya gw juga punya sodara (cewe) yg ngejar2 calonnya sampai dekatin ortunya, akhirnya nikah deh😀 .

    • Yah bingung juga sih gw, bukannya rata2 cowo suka jadi pengejar alias yg aktip ya? Coba nti gw liat Ko ini jadi ama cewe yang kaya gimana deh😀

  9. Hahaha lucu juga teph jadi ikut deg2 an ya kalo nyomblangin. Gua sih ga pernah, takut soalnya ntar kalo yg kita comblangin bermasalah, terus bakal nyalahin kita kalo knapa2…kan nanti jadi ga enak..biarin aja masing2 orang pasti ketemu jodohnya masing2..hahahha

    • hahaha iyaa gw pas kena nih ternyata bermasalah -_-‘ ga ada yang nyalahin gw sih untungnya
      Iya sih, yg ini kebetulan temen cowo gw minta dikenal2in. dan kedua temen gw ini emang umurnya dah banyak, yang cewe sepantaran gw, yg cowo 4 taon diatas gw.. terbawalah napsu ngenalin, siapatau dua2nya jodoh hehehe

  10. ga pernah ci, hahahaha, ada temen yang suka bilang “kenalin donk sama temen lo” tapi gue anggep angin lalu soalnya gue bisa empot2 deg2 ser jadinya ci kalo comblangin en bisa berasa feeling guilty kalo salah 1 kenapa2

  11. gw gak pernah, soalnya temen gw gak banyak :p (sedih banget).
    kalo ada juga dia sendiri yg minta dikenalin, terus ya gw kenalin aja lewat medsos, abis itu udah deh gak tau lagi gimana hehehe

    • ya kalo udah punya family emang temen itu hal yang langka hahaha. apalagi namanya kumpul temen, yang ada kumpul mami2nya temen skolah anak hahaha
      iya sih paling aman emang gitu yaa

  12. aku pernah ngenalin temen sekolah ke temen gereja… mungkin bisa dibilang mak comblang kali ya… soalnya selalu panas2in kapan jadian… trus jadian dong sampai…….7 tahun akhirnya putus hahahaha…

    • wadohhh.. sayang banged atuh 7 taon trus putus. tapi mestinya lu gak feel quilty kan, pan 7 taon mereka udah ngapa2in sendiri dan ga melibatkan lu di dalamnya.. bener ga si? hehehe

  13. Gw pernah dicomblangin gagal, nyomblangin juga gagal teph! Hahaha..

    Dl ada 1 laki dicomblangin ma temen baek gw, katanya orangnya baek, mapan, dan fun..ya sud lah ya – yuk dicoba..ga berapa lama gw ilfill cuiiii..kena ujan setetes dua tetes badan sumeng2, trus cinaaaaa bener adatnya..dan setelah bye bye-an, dia merit ma cewek laen dan punya anak, eh kontek gw lagi dong pake nanya ” masi inget ga dl di mobil gw kita dengerin lagi apa?!? ” oooh helllooo!!!!

    Hahahaa..*jd curcol

    • huahahaha aneh ya kalo uda nikah cowo masi kontak-kontak mantannya, kan biasa cewe tuh yang suka nostalgia dan inget kenangan lama😛
      apalagi tuh cowo uda punya anakk.. hmmmhh

  14. Kok pengalamanlo mirip sm gw. Gw berhasil nyomblangin ade suami sama temen SMA gw. Sekarang mereka udah mau merid. Gw jadi berasa hepi banget jadi comblang.
    Tapi… ada yg gagal dan membuat gw trauma juga. Temen deket gw di greja, sebut saja X pacaran sm sahabat gw sebut saja A. Mreka putus. Dan stelah beberapa waktu gw kenalin X sama sahabat SMA gw, B. Eh ternyata jadi tuh. Si A marah sama gw. Sama si B itu pun cuma beberapa bulan lalu putus dgn kurang baik. Kacao kacao… untungnya B ga ikutan marah sama gw. Sekarang si X udah mau merid sama si C, yang sahabat gw juga. Apa2an ya si X ini. jodohnya ada di sekitaran gw. Hahahhahaha.

    • Hauhahaha lucu ya, untungnya lu ga ngenalin si C pula. Untung bukan lu skalian yang jadi jodohnya di endingnya (selayaknya film2 korea huahaha).
      Yang ade suami lu congratsss ya, emang seneng deh kalo ternyata ga salah ngenalin n emang jodoh😀😀 hahaha

  15. temen gw (sebut aja B) malah kapok comblangin sepupu dan temen dia (sebut aja C) sendiri. soalnya dari jaman baheula emang C ini orangnya antik dan suka ‘mempergunakan orang’ sih.. hahaha.. dan gw sbnrnya udah antipati sama C karena kebetulan gw jg kenal sama dua. eh temen gw (sebut aj B) yang emang kepo jadi pemuja sejatinya si C.Setelah dikenalin akhirnya C dan sepupunya jadian, eh C cemburu ama B, karena B dan sepupunya (cowo) emang deket dulunya. Akhirnya skrg nyesel2 dan jengkel2 sendiri.. wkwkwk mana akhirnya nikah pula C dan sepupunya B… tapi ya gitu, nikah ngga undang2😀
    gw dari dulu sih dah paling males deh jadi comblang hahaha.. abis kalo pasangannya cocok, ya kalo mereka baik mungkin bakalan di-appreciate.. kalo pisah, kita yang disalah2in..😀 lha ini lebih aneh lagi, udah dicomblangin sampe jadian, malah temen gw yang dimusuhi… what a weird couple wkwkwkw..

    • Hah kok aneh banged sih? ngapain cemburu ama sepupu suaminya sendiri? sepupu kan sodara, sodara kan ga mungkin pacaran ato merit??!
      Trus masa ga diundang sih, itu mah kebangetan, udah mak comblangnya, udah gitu sepupuan kann, masa masih sepupu ga ngundang2 meritnya?? *gw jadi ikutan sewot*

      • Iya Teph, makanya nyebelin banget kan ? Gimana coba cemburu ama sepupu pacarnya sendiri, mana temen gw si B itu udah punya anak 2 pulak… ih weirdo banget emang 😨 gw dicurhatin melulu sampe gemes2…
        Iya temen gw ga diundang pdhal mestinya malah levelnya jadi kakak iparnya si C. Amit2 deh ketemu org kek gt wkwkwk 😂

  16. Hi, salam kenal🙂 pernah sich dulu nyomblangin sodara, walau emang ga kekeuh gimana banget, cuman sekedar ngenalin dan ya follow up dikit2 hehe… Itupun sebelum ngenalin uda bener2 pikir panjang banget. Terus gua sendiri jg pernah sich “dicomblangin”, sempet jadian tapi akhirnya putus. Pas uda putus gak perna nyalahin sama sekali sich ama yang “nyomblangin”🙂

    • haloo salam kenal juga Julie hehehe
      iya emang temen gw ni juga ga ada yg nyalahin gw untungnya, tp gw berasa quilty juga soalnya putusnya ga baek2 -_-‘

  17. Nyomblangin sih blm pernah, tapi gue sama suami hasil comblangan sukses hahahaha…dan karena berasa senengnya dicomblangin, gue jadi terinspirasi untuk nyomblangin org nih,….berbagi kebahagiaan gitu.

    • iya betul betul, soalnya umur makin bertambah biasanya susah buat temen kita juga untuk kenal orang baru. disini peran mak comblang penting hahaha😀

  18. Pernah nyomblangin temen jaman sekolah dulu,eh malah kecantol sndiri ma diriku….ya udah malah pacaran 2 taun kita,meskipun skg bukan suami jg sih akhirnya tp lucu jg klo inget masa2 itu…hehe

Tinggalkan Balasan

