[Wesley] Pertanyaan-pertanyaan Sulit

Dari dulu anak gw yang ini emang criwisnya amit-amit, sampe mertua gw sering bilang: “papa mamanya anteng kok anaknya bisa criwis banget ya?” (padaal kita klo omong2 berdua ya betah berjam-jam, cman sama orang laen kan kita emang anteng dan menjaga tutur kata *halah*)

Kalo ngomong sama anak ini harus hati-hati karena doi bagaikan polisi yang ingetin kalo kita pernah bilang begini atau begitu. Contohnya pas gw larang makan kerupuk: “Loh kmaren wesley juga lagi batuk sedikit tapi tetep boleh makan krupuk, kenapa skarang gak boleh?”
“Loh kmaren tuh papah bilang nya blablabla, mamah sama papah kan lebih hebat papah, papah tu lebi pinter, jadi pasti papah yang bener mahh” –> misua gw ngakunya doi ga pernah bilang bahwa doi lebih hebat daripada gw, hmmh?!

Tapi pertanyaan yang belakangan cukup bikin gw hilang kata-kata untuk menjawab adalah pertanyaan berikut:

Wesley dan Tuhan

Kejadiannya selesai berdoa malam Mama dan Wesley, tiba-tiba doi terdiam sejenak dan bertanya:
“Mah, kenapa kok Tuhan ngga ngomong sama kita?”— gw tau maksudnya dia tuh, kita kalo doa kan ngomong ini itu blablabla tapi kok Tuhan gak menyahut saat itu juga, alias ngomong dan terdengar secara audible..

Gw cengo sesaat dan berusaha menjawab dengan bahasa yang kira-kira dia paham. Tapi gw dah lupa jawab apa hahaha.

Suatu hari pas lagi makan di meja makan, doi tiba-tiba bertanya:
W: “Mah, Tuhan itu cewek atau cowok?”
Gw: “Tuhan itu bukan cewek dan bukan cowok Nyo, Tuhan itu Roh. Seperti Malaikat itu juga bukan cewe bukan cowo.”
W: “Roh itu apa?”
Gw: “Roh itu seperti gini: wesley tu punya badan (gw pegang badannya), punya jiwa (gw pegang dadanya), dan punya roh (gw pegang kepalanya)”
W: “Kalo Yesus kan gambarnya cowok Mah, kalo Yesus itu cowok ya?”
Gw: “Iya Yesus itu cowok… (mulai berpikir keras bagaimana menjelaskan soal Trinitas pada anak usia 6 tahun.. )

Wesley dan jodoh masa depan

Belakangan ini dia emang sering tanya sama papahnya, bagaimana hubungan antara ‘mama’, ‘papa’, ‘oma’, ‘kukuh’, ‘suaminya kukuh’, ‘mak’ dan ipar-ipar gw. Dia mulai paham bahwa gw dan suaminya kukuh itu ‘orang lain’. Maksudnya bukan anak si Oma. Trus kalo gw bilang “ntar ya boleh kalo km dah besar”, maka doi akan bertanya: “Sudah besar seperti anak SD atau sudah besarnya kalo uda jadi papah?” Doi mulai paham suatu hari nanti doi akan besar, menjadi papah, dan punya anak-anak sendiri.

Belakangan, dia nanya siapa yang akan jadi mamahnya dia nanti. (Maksudnya dia tu papa – pasangannya mamah, brarti suatu hari kalo dia jadi papah, maka akan ada yang menjadi mamah, jadi kalo dia ngomong mamah disini itu maksudnya istri).
W: “Nanti yang jadi mamahnya Wesley siapa?” (maksudnya istri)
Gw: “Ya terserah Wesley nanti maunya siapa.”
W: “Wesley maunya nanti cici Kelly yang jadi mamah. Biar bisa sama-sama cici Kelly terus.” (Cici Kelly adalah anaknya cici suami gw, tinggal di Jakarta, kalo maen ke semarang 1-2 minggu gitu mau balik ke Jakarta pasti ditangisin sama Wesley – nangisnya pas cici nya uda pergi, dia tiba-tiba berkaca-kaca dan nangis sendiri)

Beberapa hari kemudian, saat gw nemeni doi lagi makan di meja makan..
W: “Mah, mama sama papa mana yang lebih tua?”
Gw: “Papah. Kenapa emangnya Nyo?”
W: “Kenapa kok selalu papah-papah lebih tua daripada mamah-mamahnya?”
Gw: “Ya nggak selalu Nyo, ada yang lebih tua mamahnya. Kenapa sih emangnya?” (mulai curiga..)
W: “Soalnya kan cici kelly lebih tua daripada wesii…” *tepok jidat*

Wesley dan yang Cantik

Dia mulai nyebut nama cewek yang cantik di sekolahnya. Dia bilang kalo menurut dia tuh paling cantik si Cathy (nama disamarkan).
Trus doi tuh biasanya dulu kalo ditanya: “Wes, mamah sama yang di TV itu cantikan mana?” (nunjuk artis super cantik) maka doi akan menjawab: “Hmmm cantikan mamah!” — gw senyum-senyum puasss hahahah. Dan itu berlaku kalo ditanya dibanding ke siapapun, doi akan menjawab bahwa mamahnya lebih cantik dan paling cantik.

Ehh tapi belakangan ngga juga, kmaren ditanya temen gw:

Temen : “Ik lala sama ik misyel cantikan mana?” (dua-duanya adek gw) “trus sama mamah?”
W: “Ik lala. Kalo ik misyel lucu. Kalo mamah cantiknya sedikit.”

Hahaha itu gw diceritain temen gw, gak denger langsung. Pulang ke rumah, gw tanya lagi donk

Gw: “Wes, ik lala sama ik misyel sama mamah cantikan mana?”
W: “Ik lala. Kalo ik misyel lucu. Kalo mamah cantiknya sedikit.”
Gw: “Oh knapa mamah cantiknya sedikit?”
W: “Oh ngga, Mamah yang paling cantik!”
Gw: “Lohh katanya tadi ik lala yang paling cantik.”
W: “Hmmm abis kalo ngomong sama orangnya tu harus bilang dia yang paling cantik, nanti orangnya marah.” (nah lo hahahaha)
Gw: “Ngga kokk, mamah ga marahh, jujur aja siapaa” — wkwkwkwk

Gw seneng sekaligus sedih, seneng karena ni anak uda tambah dewasa dan tak terduga pikiran-pikirannya, sekaligus sedih karena dulu doi cinta buta ama gw (Dian Sastro ama gw doi tanpa ragu bilang cantikan gw huahahahah), skarang doi uda ga cinta buta lagi T_T

Wesley mau adik satu lagi

Gw gatau doi diracuni nyokap gw ato murni dari hati. Kalo ditanya: “Wesley mau punya adek berapa?” maka doi akan menjawab: “Wesley mau punya dua, satu kan uda ada James, trus mau satu lagi adek cewek.”
Gw sih don’t mind ya, sejatinya gw pengen punya anak cewe😛 tapi misua gw sih ogahhh

Gw tanya kenapa doi mau satu dedek lagi?

W: “Soalnya nanti kalo Wesley uda besar, papa mama kan uda tua, trus jadi tanah (jadi tanah = passed away), trus James juga udah besarrr, trus nanti sepi rumahnya Mah.”

Duileh mikirnya panjang bener ni anak.

PS: anak ini akan berumur 6 taon bulan depan #kode

24 thoughts on “[Wesley] Pertanyaan-pertanyaan Sulit

  1. Wesley pinter.. pertanyaannya kritis2 ya.. bikin bingung jawabnya gimana hehehe.. kadang2 emang gtu ya mak.. anak2 pertanyaannya ajaib2, kita mau jelasinnya yg bingung, cari kata2 dan penjelasan yg pas untuk anak se usia dia hehe..

    • maksudnya kadoo kadooo!! hahahaha

      ato enaknya kode buat bikin giveaway ya? *mikir*

      Iya kadang gw takjub rasanya kemaren masi bayi, knapa skarang omongannya uda kaya orang dewasa ya?

      • Mgkn pernah Ci si Wesley ga sengaja denger omongan orang dewasa di sekitarnya.. Untung ga ngomong yg aneh2 ya.
        Kalo yg tentang Tuhan itu mgkn dia heran aja, tiap hari diajak ngomong kok gada wujudnya. Kalo konsep “pacaran” mendingan jelasinnya kalo dia udah gedean lagi kali ya Ci, ntar dikirainnya lu ngebolehin dia. Bilang aja,”boleh muji2 cantik ke orang lain tp juga ada pujian lain seperti pintar, lucu, dll” gitu🙂

      • hehe dia ga perna bilang ke orang lain selaen keluarganya sih. jadi dia cm bilang ama gw kalo menurut dia yg paling cantik di skolah itu si cathy, tapi dia gaperna ngomong ke orangnya langsung: ‘kamu cantik’ gitu nggaa hahaha😀 biasanya kita kadang yg suka iseng tanya: eh mama cantik ga? iik cantik ga? gituu😀

        emang klo soal pacaran sih anaknya have no idea hahaha, taunya kalo uda gede bakal nemu mamah (istri) dan punya anak2

  2. Gile dewasa banget si Wesley😀 Gak nyangka loh, anak 6 taon udah bisa sekritis itu😀 Dan dia bilang soal papah mamah jadi tanah tuh biasa aja ya, sepupu aku ada yang nanya pas kung-kung meninggal itu bakal dikemanain. Aku bilang ya bakal di ‘bury under the soil/ground’. Dia diem aja, mikir, trus malemnya nanya emaknya apakah pas emaknya tua juga bakal passed away dan dikubur di bawah tanah. Emaknya jawab iya… dan anaknya langsung nangis sediiihhhhhh banget. Ampe beberapa hari ke depan juga tiap bahas soal itu dia bakal nangis terus😀

    • Oalahhh… hahaha kasian spupunya ya, apa cewe? mungkin lebih halus perasaannya dan uda lebih gede jadi lebi ngerti konsep passed away ya. Anak gw iya tuh ngomongnya biasa aja waktu itu, mungkin blom terlalu memahami artinya ya, gatau klo bsok2 berubah😀

  3. anak2 ini pikirannya slalu out of the box ya… anakku malah pernah bilang, kalo dia ga mau jadi dewasa waktu ditanya kenapa… dia bilang nanti kalo aq udah dewasa bunda meninggal, aq ga mau bunda meninggal…😦 *doakan ayah bunda panjang umur donk nak*

  4. Anak lu pinter itu namanya, Teph. Pas gue ketemu kemarin ini, keliatan dia lumayan ceriwis dan banyak nanya hehehehe. Terus yang paling gemesin, dialek Jowonya kuentel banget, jadi bikin pengen unyeng2 (tapi gak bisa tar diplototin mama-nya hahahaha). Gue juga udah harus siap-siap nih bentar lagi ladenin pertanyaan-pertanyaan yang ngga jelas. Cuma Teph, lu harus sangat bersyukur, karena anak lu ini udah ngerti “politik” hahahaha. Please the people that you’re talking to! Keren loh!

    • emanggg, ceriwis n banyak nanya, sampe kadang gw esmosi juga semua ditanya hahahah, klo gw lagi nonton berita, doi di samping gw nanyaaa mulu itu kenapa ini kenapa, contoh: mah itu kenapa Pak Presidennya?? (dia mengenali wajah Pak Jokowi), males banget kan jelasin Jokowi lagi komentar kenaikan tunjangan DPR? -_- dijelasin juga ribet
      Hehehe thank u Le, akan tiba waktunya bagimu hahahah😀
      soal politik, mungkin gw perna ga sengaja ngajarin ya, krn anak gw kan perna bilang sama gw kalo si A itu gendut, trs gw bilang2in jangan bilang gtu kalo di depan orangnya ya😀

  5. lol
    lucu ya anak segini. Tapi pusing kalo ditanya pertanyaan yang susah2. Gw seneng bacain cerita anak org yg tanya aneh2, supaya ntarnya gw siap kalo si Grace bs nanya aneh2 juga *duile, padahal mah masih jauh banget*

    • iya bingung, mau jawab serius tp percuma ya anaknya blom tentu ngerti, yang ada mala nanya kenapa2 terus sampe gw mabok. mau jawab simple, ga ngerti juga caranya gimana hahaha

  6. Pertanyaan-pertanyaan sulit indeed hehehe…

    Eh btw, bulan depan tanggal 9-11 oktober gue mau ke Smg, teph. Ada acara kawinan. Kopdaran yuk, kalo di Smg kan ketemuannya lebih gampang daripada di Jkt.

    • iya ntar kalo uda 5-6 taon kayanya anak kita uda mulai logis mikir dan bahkan skarang wesley suka ikut nonton berita n nanya gw mulu itu kenapa ini kenapa >__<
      hihihi ga bisa jawab ngawur, dia inget terus dan dianggap kebenaran, jadi ribet klo gw jawab asal ntar bsok2 dia bilang "loh dulu mama bilangnya gitu blabla"

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s