Jalan-Jalan Jogja 1

Udah lama banget vakum nulis. Sekarang mumpung ada waktu mau bayar hutang postingan 😛

Sebelumnya maaf kalo postingan ini agak basi, karena uda dari tahun lalu. Tapi ditulis disini biar gw sendiri inget tahun lalu ngapain aja, pergi kemana, dan siapa tau infonya berguna buat yang baca 😀

Ceritanya gw ni kan tertarik dunia ilustrasi ya, dari kecil emang hobi gambar, tapi baru mulai tahun lalu gw belajar lukis watercolor secara otodidak. Biasanya mah gw gambar manga pake pen, trus lama-lama digital coloring, klo watercolor ilmu gw sebenernya NOL. Gw juga sering dikira anak disain saking sering nerima kerjaan disain logo, ilustrasi, dll. Padahal sebenernya gw sama sekali ga pernah kuliah disain, gw kuliahnya IT alias Teknologi Informasi. Jauh banget yaa wkwkwkk.. ya intinyaa.. karena gw sadar skill gw terbatas, kalo ada kesempatan gw pingin banget belajar formal. Dulu bahkan gw sempat bercita-cita mau kuliah lagi ambil disain, yang mana keinginan itu terbang begitu gw menikah dan punya anak 😀

Untungnya sekarang jaman sosial media, dimana kita gampang banget kalo mau belajar sesuatu. Video masakan? Banyak. Tutorial watercolor? Juga banyak. Dan kita bisa lihat banyak karya ilustrator-ilustrator yang bagus-bagus. Baik dalam negeri maupun luar negeri. Gw ada follow beberapa illustrator dalam negeri yang menurut gw karyanya bagus banget, dan beberapa sering diundang / adain sendiri workshop ilustrasi. Gw pengennn banget bisa ikut tapi cuma bisa gigit jari karena semua workshop itu selalu diadakan di Jakarta! *berasa ga adil banget karena gw tinggal di daerah.

Kalo yang di Jakarta dan suka belajar hal baru, bisa follow @maubelajarapa. Gw selalu mupeng pengen ikutan kelas-kelasnya. Sayang di Jakarta atau Surabaya aja adainnya 😦

Prolog gw panjang bener yakk..

Tiba-tiba di suatu hari keberuntungan gw, salah satu ilustrator kenamaan yang gw follow, umumin di story IG nya kalo dia mau liburan ke Jogja dan berpikir untuk adakan workshop ilustrasi, tempat terbatas. Langsung mata gw bulet 100%, lari ngomong sama misua sambil pasang tampang imut mengiba supaya gw diijinkan ikut workshop ilustrator ini di Jogja. Karena paling tidakkk gw gak harus naik pesawat kalo cuma ke Jogja. Dan tentu embel-embelnya “sekalian ajak anak-anak jalan-jalan” wkwkwkwk acara workshopnya pas hari Sabtu jadi bisa sekalian jalan-jalan Jogja.

Oh ya gw emang emak rempong yang kalo gw pergi kemana, pasti gw bawa pasukan misua dan anak-anak 😛

Hari Sabtu tanggal 3 Juni 2017, kita berangkat ke Jogja pagi-pagi, karena workshopnya jam 1 siang. Ternyata di luar perkiraan, ga macet sama sekali, jadi jam 10 kita uda sampe Magelang, masih too early untuk langsung ke tempat workshop. Akhirnya spontan kita googling enaknya mampir kemana dulu di daerah Magelang. Akhirnya gw usul brunch ke Plataran Borobudur, soalnya hasil gooling reviewnya bagusss. Langsung belok dehh..

PLATARAN JOGJA (PATIO RESTAURANT)

sampe di Plataran

img_5319

ini anak bawa kamera lama gw, dijadikan hak milik dia untuk foto-foto, gamau kalah sama mamanya 😛

ini juga sibuk explore sana sini

suasananya rindang damai dan tempatnya besar

ada kolam renangnya

Jadi di Plataran ini ada dua restaurant. Yang satu namanya Stupa, view nya sawah dengan masakan Indonesia. Satu lagi namanya Patio, view nya Borobudur dengan masakan Western. Kita nyobain yang Patio. Disini juga ada hotelnya untuk menginap lho.

Gw kira tuh Candi Borobudurnya di depan mata karena namanya Plataran (halaman) Borobudur, ternyata jauh disono wkwkwkk

ada miniatur Borobudur untuk berfoto

bisa duduk santai outdoor

ini semacem egg benedict atau apa, lupa wkwkwk. Makanan disini agak pricey ya, kayanya memang jual tempat dan view

doi makan nasi goreng

mau lihat bintang

di tempat parkiran ada ini, segera berfoto dulu 😀

 

ILLUSTRATION WORKSHOP

Setelah puas santai-santai dan nyemil di Plataran, kita meluncur ke tempat workshopnya: Lokal Restaurant di Jogja. Lokal ini termasuk restaurant dan hotel yang terkenal di Jogja karena nyeni-nyeni gitu tempatnya 😀 Kita dulu sudah pernah makan disana. Workshop jam 1 sampai jam 4, yang mana molor sampe jam 5-5.30 karena kita juga foto-foto di akhir acara.

Ilustratornya adalah Rachel Ajeng, yang nengok IG nya pasti sepakat kalo doi sangat talented. Dia sedang liburan ke Jogja terus adain workshop ilustrasi dengan tema Fairytale. Bayarnya 475k, dapet: watercolor brush, watercolor paper, palet beberapa warna dari Winsor & Newton cotman paint, pencil + eraser, lunchbox + drink, handout.

Meskipun harganya gak murah, tapi menurut gw sangatlah worth it. Ilmu yang didapat banyak, gurunya ga pelit bagi ilmu tips and trick, dikasi pamflet kecil juga isinya basic watercolor info. Gw baru tau jenis-jenis kertas watercolor disini, jenis-jenis brush, jenis paint. Oh dan kita dikasi liat gurunya praktek ngelukis langsung di depan kita, abis itu kita praktek juga.

ini difoto di rumah, kenang-kenangan apa yang gw dapat dari workshopnya (iyah itu palette nya ama brushnya dikasi juga)

with young & talented artist Rachel Ajeng, her works are adorable

Peserta workshopnya kebetulan ga banyak, seinget gw kurang dari 10. Jadi gurunya bisa bener-bener care ke tiap orang, ngliatin dan ngajarin satu-satu. Peserta workshop cewe semua, dan kelihatannya masih SMA / kuliahan gitu. Gw ingat waktu itu bulan puasa, dan rata-rata mereka semua puasa, gw jadi aga sungkan mau minum di depan mereka hehehe. Dan sepertinya cman gw yang uda beranakpinak, yang lain muda umur 18-20an. Syukur pas kenalan ama cewe yang duduk di depan gw, dia nanya gw kuliah dimana?? Euyyy padahal gw pan dah lulus kuliah lebih dari 10 taon lalu 😛 Blom kliatan emak-emak yah? wkwkwkk

Setelah workshop, gw meluncur balik hotel naik Taxi. Mandi dan siap-siap bentar, lalu berangkat sama anak dan misua ke Hartono Mall Jogja. Mall nya besarrr banget, tapi sepi. Kita dinner di Ikkousha Ramen, mumpung ada di Jogja 😀

Ikkousha ramen, must have klo ke Jakarta. Berhubung ada di Jogja sekarang jadi must-have di Jogja juga 😀

WESTLAKE RESORT JOGJA

Kita nyoba hotel baru di Jogja, namanya Westlake Resort Jogja. Kita booking cuma semalam sebelum berangkat dengan no expectation at all. Soalnya beberapa hari sebelumnya gw uda sibuk banding-bandingin hotel di Jogja, saking banyaknya sampe bingung mau pilih yang mana, kita pengennya nyoba hotel baru yang belom pernah. Tetiba H-1 ada temen rekomen hotel ini, ya sudahlah we decide to go for it, what can be bad of staying 1 night only anyway kan?

Ternyata, gw takjub pas nyampe hotelnya. Mirip-mirip resort di Bali gitu. Ga seperti hotel umumnya. Banyak alamnya, ada suara gemericik air, suara jangkrik kalo malem, dan suara burung nyanyi kalo pagi. Pokoknya cantik dah!!

Gw nyampe hotel dah malem sekitar jam 6.30 abis dari workshop. Dianter naik caddie car ke kamar 😀

Paginya gw baru sempet foto-fotoin kecantikan hotel Westlake ini..

balkon kamarnya menghadap danau

danau di tengah hotel

kolam renang gak besar tapi cukup oke

restaurant tempat breakfast

breakfast ga banyak pilihan tapi enak 😀

kamarnya model cottage. Yang kanan balkonnya tembus ke danau. Tapi kita nginap di yang kiri.

Disini danaunya ada ikan-ikan, di balkon kamar kita juga ada semacem parit yang isinya ikan kecil-kecil. Kita bisa beli makanan ikan di hotel nya, Anak-anak seneng banget ngasi makanan ikan di belakang kamar kita.

teras belakang kamar kita, ada parit isi ikan-ikan. Anak gw kasi makan ikan disini

MESA STILA MAGELANG

Siang itu stelah breakfast, kita checkout. Di perjalanan sebelum pulang Semarang, kita nyari-nyari tempat untuk makan siang dan leyeh-leyeh. Akhirnya kita nyoba ke Mesa Stila di Magelang. Tempatnya bagus, halaman dan tanaman dimana-mana. Ternyata selain restaurant, disini juga ada resortnya untuk menginap.

rindang banget disini, luas dan puas kalo buat anak lari-larian

Makanannya Indonesian dan Western. Makanan cukup oke, tempat bagus, suasananya damai macem di Ubud gitu lah 😀

Demikianlah refreshing kita 1 night stay at Jogja. Satu malam aja nulisnya segini panjang dan lama, gimana kalo beberapa malam ya? 😛

Btw, beberapa hari setelah pulang dari Jogja, gw back to pesanan ilustrasi, saatnya praktek ilmu watercolor dari workshop kemaren, dan ini hasilnya.. still not perfect but I guess a lot better!

pesenan untuk souvenir baby lahiran

Iklan

2015 in review

Asisten statistik WordPress.com menyiapkan laporan tahunan 2015 untuk blog ini.

Berikut ini kutipannya:

Museum Louvre dikunjungi 8,5 juta orang setiap tahun. Blog ini telah dilihat sekitar 110.000 kali di 2015. Jika itu adalah pameran di Museum Louvre, dibutuhkan sekitar 5 hari bagi orang sebanyak itu untuk melihatnya.

Klik di sini untuk melihat laporan lengkap.

Salam LUAR BIASA!

Kmaren sabtu aku dateng seminarnya Pak Andrie Wongso di Patra Jasa. Sebenernya sih gara-gara diajakin papaku. Tadinya kita sempet aga males, soalnya seminarnya dari jam 9 sampe jam 4. Tapi berhubung uda beli tiket ya uda kita coba dateng. Eh tnyata bagus loh, ga rugi dateng. Misua yang sempet pesimistik sama seminar-seminar motivasi aja bilang bagussssss. hehehe

Ehm sebelom Pak Andrie, sebelumnya ada pembicara lokal dari Semarang, namanya Pak Harjanto Halim. Sebenernya dia bukan pembicara sih, tapi pengusaha yang terhitung sukses di kota Semarang. Dia pendiri perusahaan Marimas, itu loh minuman serbuk yang rasanya macem-macem, ada jeruk, apel, sirsak, dan yang terbaru ini mau keluar adalah rasa blueberry (loh kok jadi promosi yak :P). Yah jadi dia sekedar diminta untuk share bagaimana perjuangannya dari nol sampai bisa seperti sekarang ini.

Aku pribadi justru tertarik pas Pak Harjanto ini bicara. Karena dia lebih banyak cerita soal pengalamannya, dan dia bicara dalam logat Jowo.. jadi asik aja ndengernya. Dia bilang dia dulu dilahirkan di keluarga yang cukup berada, dan dia beruntung bisa disekolahkan sampai master di Amerika. Setelah lulus kuliah, dia pulang Indo dan saat itu dia bingung apa yang mau dikerjakan. Dia pun mulai mencoba-coba membuat beberapa produk seperti STMJ (Susu Telor Madu Jahe) yang saat itu sedang ‘in’ di Indonesia. STMJ buatannya tak kalah enak dengan produk lain yang sudah ada, lalu ia mengusung brand Srikandi apa gitu *lupa* dan mengemasnya dengan kemasan yang beda dari yang lain, yakni warna pink dengan simbol brandnya sepasang pengantin dan dilingkari bunga-bunga. Dia lalu mulai blusukan ke pasar-pasar dan menitipkan produknya itu ke beberapa penjual di pasar. Selang berapa lama, ia melihat bahwa produknya tidak laku terjual. Kenapa? Nah dia pun penasaran dan bertanya pada si penjual. Kenapa STMJ nya tidak laku, padahal enak dan kemasannya pun bagus. Penjualnya berkata dengan polosnya.. “oh abis ini dikirain orang-orang BEDAK WANGI sih”.. olalaa.. Rupanya karena kemasannya yang pink, dengan simbol pengantin, membuat orang tidak ‘ngeh’ kalo itu adalah STMJ. Itu salah satu contoh pengalaman pertamanya yang tidak berhasil, tapi Pak Harjanto menarik pelajaran dari sini. Bahwa menjual produk itu tidak bisa sekedar produk yang enak dan berkualitas, tapi kemasannya pun harus ‘menjual’ dan tepat sasaran.

Setelah itu dia mencoba membuat produk-produk lain yang mana juga belom berhasil.. tapi dia tidak menyerah.. sampai suatu hari akhirnya ia punya ide untuk membuat minuman serbuk. Kala itu yang ada ialah sirop di botol, belom ada minuman dari serbuk. Maka ia mencoba membuatnya, dengan ongkos seminim mungkin, ia berhasil membuatnya dan rasanya enak. Lalu ia mulai menjualnya dan di luar dugaan, orang-orang menyukainya. Pasar menyambutnya. Produknya laku keras bak kacang goreng.

Setelah beberapa tahun, ia kembali dihadapkan pada suatu tantangan, yakni ada tawaran untuk mengiklankan produknya. Dia tahu dengan iklan, produknya bisa Go National. Bahkan produk sekelas Coca Cola (yang tidak diiklankan saja orang sudah tahu apa itu Coca Cola) tetap saja beriklan besar-besaran. Berarti kesimpulannya Iklan itu PENTING.. dan berguna! Tapi yang jadi masalah, biaya untuk iklan sangat besar, kira-kira waktu itu 600 juta selama 3 bulan. Padahal waktu itu omzetnya saja cuma 300 juta sebulan (omzet lho, bukan laba). Jadi sepertinya gambling untuk mengiklankan Marimas ini. Akhirnya Pak Harjanto tetap memutuskan untuk beriklan. Dan ternyata itu adalah salah satu keputusan terbaik yang pernah dibuatnya. Orang-orang mengenal apa itu Marimas dan omzetnya pun naik luar biasa.

Ngomong-ngomong sampai saat ini dia merasa dia belum sukses. Katanya (aku setuju banged) sukses itu relatip, setiap orang punya target sendiri yang dia tentukan sebagai definisi ‘sukses’ tersebut. Seminar ini judulnya STRUGGLE, FIGHT, AND WIN YOUR SUCCESS. Beliau berkata bahwa dia masih Struggle & Fight. Selalu ada tantangan-tantangan baru dalam perjalanan Marimas, tapi ia mau terus berjuang dan belajar.

Oya menurutku yang berkesan dari Pak Harjanto ini, beliau berkata: 

“Anak orang kaya itu kadang susah kalo mo kerja, kalahnya sama GENGSI. Nah seperti waktu saya pulang dari Amerika, saya membawa titel master, lulusan Amerika pula! Rasanya mo ngelamar kerja apa kok keberatan dasi. Mo blusukan di pasar, orang bilang: walah lulusan master aja akhirnya jadi pedagang di pasar. Hahaha. Tapi orang kalau udah ‘cinta’ itu lain, seperti saya mencintai produk Marimas saya. Saya tidak malu blusukan di pasar dan mengundang orang-orang yang lewat untuk nyicipi minuman saya. Waktu itu saya kerja dari pagi sampai malam jam 11-12, capek iya, tapi rasa senangnya luar biasa..”

Masih banyak lagi cerita Pak Harjanto, tapi panjang sekali kalo diceritakan semua 🙂 Berikutnya Pak Andrie Wongso..

Kesan saya, beliau benar-benar profesional membawakan acara seminar motivasi. Seminarnya lengkap dengan slide-slide (jadi ingat waktu aku kuliah :P), foto-foto masa kecil dan masa mudanya, bahkan animasi tentang perumpamaan yang dibikinnya. Pokoknya aku pikir: WOW niat banged yah!

Aku sudah pernah baca buku biografinya yang ditulis oleh istrinya, judulnya Andrie Wongso Sang Pembelajar. Jadi aku sudah tau pengalaman hidupnya sebelum dia cerita. Aku cerita sekilas ya. Pak Andrie ini gelarnya SDTT (Sekolah Dasar Tidak Tamat), lahir dari keluarga miskin, ibunya mencukupi kebutuhan hidup dengan kerja keras berjualan kue-kue dan makanan lainnya. Waktu beliau kelas 6 SD, sekolah Tionghoa ditutup (jaman gestapo PKI). Lalu waktu dia remaja, dia sempet kerja jadi kuli tukang angkut kabel (hm aku jadi inget tokonya bapakku). Karena jadi tukang angkut-angkut itu, badannya jadi kekar, orang pun tertarik untuk minta diajari ilmu bela diri. Berhubung dia pintar karate, dia membuka kelas karate. Pak Andrie Wongso tahu menjadi kuli angkat-angkat bukan apa yang ia inginkan. Dia ingin jadi bintang film Hongkong. Setelah dia sempat gagal melamar pekerjaan artis di ibukota, ia sempat pulang ke Malang karena bapaknya meninggal. Tapi niatnya untuk menjadi bintang film Hongkong tidak pernah surut. Akhirnya ia mengirim surat lamaran kerja ke Hongkong disertai foto-foto action Karate nya (foto di Tarzan studio, btw foto-fotonya emang bagusss siehhh! kerenn! dan orangnya juga ganteng :P) Dan diterima! Singkatnya ia pergi ke Taiwan untuk syuting film disana. Setelah 2 tahun, karena kontrak habis, dia pulang ke Indonesia. Di Indonesia, karirnya sebagai model pun terbilang bagus, sekali foto dapat Rp.50.000, sehari bisa foto 3-4 kali, jadi ia mendapat penghasilan yang lumayan kala itu.

Beliau suka menulis kalimat-kalimat motivasi untuk ia baca sendiri. Temannya menyukai kalimat mutiara yang dibuat Pak Andrie dan menconteknya untuk dirinya sendiri. Pak Andrie melihat ini sebagai peluang, dia punya ide untuk mencetak pembatas buku bertuliskan kalimat-kalimat motivasi. Kala itu ia bertemu dengan mantan pacarnya (sekarang jadi istri), tetangga kos nya, dan mereka berkeliling untuk menitipkan pembatas-pembatas buku itu di toko-toko. Singkat cerita, itulah cikal bakal HARVEST, perusahaan yang mencetak berbagai kartu ucapan dengan kalimat-kalimat mutiara.

Namun seperti umumnya bisnis, ada waktu masuk dan ada waktu untuk keluar. Ketika tahun 90 an, kesuksesan Harvest pun mulai pudar. Penyebabnya tak lain adalah layanan SMS yang mewabah di Indonesia. Orang tidak lagi menggunakan kartu ucapan tapi lebih suka berkirim SMS. Harvest banting setir ke stationary. Suatu hari seorang teman dari Pak Andrie meminta Pak Andrie untuk jadi pembicara di sebuah acaranya. Lalu tawaran-tawaran lain mulai berdatangan, beliau berbicara di beberapa seminar motivasi. Sampai hari ini, Pak Andrie sudah menjadi motivational speaker di berbagai perusahaan besar di Indonesia, seperti: ASTRA, Garuda, Agung Podomoro, dan massssihhh banyak lagi (kalo lihat list nya kok rasanya smua perusahaan sudah pernah di ‘motivate’ oleh beliau ya). Lebih lengkapnya klik sini www.andriewongso.com.

Yang paling berkesan tentang Pak Andrie Wongso adalah self image nya yang sangat positip terhadap diri sendiri. Bagaimana seorang yang tidak lulus SD bisa menjadi pengusaha sukses? Tidak lain karena mentalnya yang luar biasa. Ia percaya Tuhan tidak memberikan nasib jelek kepada seseorang, Tuhan memberikan kemampuan untuk berjuang di tengah kesulitan. Karena itu setiap saat ia selalu memotivasi dirinya sendiri. “Andrie, kamu bisa!” katanya pada diri sendiri. Oleh karena itu, seperti beliau, mari kita belajar untuk mengucapkan kata-kata positip, percayalah bahwa masing-masing kita adalah orang yang LUARRRR BIASSAAA!! 🙂

lahirnya blog saya

Kenapa Nyonya Kecil?

Tadinya sih mao Nyonya Besar tapi dipikirpikir lagi jadi malu sendiri 😳

yasud ini posting pertama saya. smoga yang menyusul nanti lebih banyak yak. smoga kali ini blog ku bertahan lebih lama dari biasanya. aminnn 😀