All I Want For Christmas is…

.. both my kids are healthy..

Sudah agak lama gw gak posting tentang anak-anak ya.. Sebenernya sebulan belakangan ini gw cukup stress tentang 2 hal. Note, gw memang gampang stress orangnya, apalagi klo nyangkut anak-anak. Dalam kehidupan nyata, tiap ketemu temen rasanya pengen share dan compare anak masing-masing, mungkin itu sebabnya gw jarang bahas anak disini. Soalnya tiap ketemu temen kayanya gw uda bahas anak mulu dan problematikanya hehehe, jadi klo ketemu blog, pengennya nulis yang enak-enak aja biar pikiran ga makin butek😛

Tapi karena gw lagi galau maksimal, biar gw nulis disini ya, siapa tau ada yang punya pengalaman sama, kita bisa saling share..

1. WESLEY

Sebulan belakangan ini batuk terus.. Wesley memang didiagnosis asma sejak umur 2 tahun. Gw lumayan menerima hal ini karena gw dulu juga penderita asma yang cukup berat. Gw waktu kecil sering banget masuk keluar Rumah Sakit gara-gara asma. Sering jam 3-4 pagi saat asma kambuh gw digotong dibawa ke UGD RS. Sering juga gw opname. Tapi dulu kok gw seneng ya klo masuk RS, sbab artinya gw boleh tidur2an di ranjang sepanjang hari dan gw dibelikan komik baru setumpuk (skarang gw tau itu supaya gw diem ga pecicilan, klo asma lagi kambuh kan harus anteng, sayang Wesley belom bisa baca, klo bisa pasti gw beliin komik juga biar anaknya ga lari kesana-sini dan criwisss terus). Oh ya, dan mami gw emang kerja di RS waktu itu, jadi kalo gw rawat inap disana, kayanya diskon 50 persen deh hehe #gapenting.

Nah udah gitu, suami gw ni belakangan cerita kalo doi dulu juga sering sesak napas, meski dia gaperna dibilang asma.. Katanya sih bronkitis doank, tapi klo dia bilang sampe sesek2 napas sgala, apa ga asma juga ya itu? Nah jadi katanya kan klo sala satu ortu asma, kemungkinan anak asma itu 25%. Tapi kalo dua2nya asma, maka kemungkinan meningkat jadi 50%. So gw menerima lah klo Wesley sampe asma juga.

Dulu gw uda perna nulis tentang asma nya Wesley disini. Sejak dia diterapi semprotan oleh Dokter Lee Be Wah Singapore, asmanya menunjukkan perbaikan. Dari sebulan sekali kambuh, jadi 5 bulan sekali kambuh. Bagus kan ya? Tapi itu ga bertahan lama, mungkin karena gw juga ga perna kontrol lagi, gw turunin dosis semprotannya, ato mungkin karena doi semakin banyak kegiatan (jam sekolah lebi panjang, ada 1 les). Belakangan doi kalo main terlalu aktif atau heboh, kadang juga batuk terus yang seperti batuk sesak. Kalo uda gitu biasanya gw semprot Ventolin, pelan-pelan membaik dan ga batuk lagi sepanjang hari. Dan biasanya terjadi dalam 1-3 bulan sekali saja.

Tapi sejak awal Desember ini, sampai hari ini, doi batuk setiap hari😦 Awalnya kalo diingat-ingat gara-gara rumah gw disemprot Baygon oleh PRT tiap malam (si PRT disuruh mertua, karena nyamuknya banyak banged). Selama tiga hari berturut-turut saat malam orang serumah uda tidur, PRT ini nyemprot baygon ke ruangan di luar kamar kita. Sejak itu, kok tiap pagi Wesley batuk-batuk. Lalu kita suruh PRT itu jangan semprot Baygon lagi. Sebab kan setau gw baygon itu racun banged, bisa nempel di sofa dan karpet berhari-hari. Tapi setelah itupun, doi tetep batuk tiap hari, meski gabisa dibilang parah juga sih. Jadi doi akan batuk hebat saat pagi, lalu klo sudah gw semprot Ventolin ato gw kasi Tiriz drop (anti alergi) plus gw kasi parutan kencur, biasanya doi sepanjang hari bersih ga ada batuk lagi, bisa normal beraktivitas dan orang ga akan nyangka kalo paginya doi batuk sampe lidah kluar dan kaya sesek begitu.

Pokoknya tiap hari ada 1 kali batuk hebat, tapi kalo dah berenti, akan sama skali ga kliatan kaya orang sakit, normal-normal aja. Tapi gw pikir ini kan ga bener ya, mau sampe kapan tiap hari disemprot Ventolin ato dikasi Tiriz drop? Gw tau klo konsul dokter, jawabannya akan: “harus dicari alergennya apa. Ibu yang paling tau dia alergi apa, bereaksi terhadap makanan apa”. Duh dok, gw juga tau klo dia ini batuk alergi doank, tapi misalnya dia alergi debu (rata-rata semua orang juga klo masuk ruangan berdebu pasti hidungnya gatel, ya kan ya kan?). Nah trus caranya hindarin debu bagaimana? Di Indo dengan iklim tropis kaya gini, yang namanya debu kan dimana-mana. Apalagi sekolahnya Wesley lagi ada pembangunan gedung SMP di sebelahnya, nah apa gw mesti pindahin skolah dia? Trus apa gw mesti pindah negara? (Jujur gw sempet pengen boyong anak gw ke Ausie kalo liat dia kambuh begitu). Trus kalo dia alergi cuaca dingin (rata-rata orang asma ga tahan perubahan cuaca ke dingin), trus gw mesti bagaimana? Memangnya gw bisa hindarin cuaca?

Gw memutuskan pergi ke profesor ahli paru di semarang, dan memang jawabannya persis seperti yg gw duga (yg gw sebutkan td diatas itu tuh). Trus doi juga nyuruh gw berenti pemakaian Flexotide (obat pengontrol asma, sejenis steroid), dan meresepkan obat puyer racikan. Doi juga nyuruh gw jaga konsumsi makanan (menurut gw, gw uda jaga banged makanannya wesley, ga boleh coklat, gabole permen, dll). Doi nyuruh jangan banyak minum dr minuman kotak apapun, karena itu banyak kimia dan pengawetnya. Termasuk susu pasteurisasi dan UHT, doi bilang ga bagus dan menganjurkan gw kembali ke susu formula anak saja (meski gw mempertanyakan banged soal ini, tapi okelah ga ada salahnya dicoba pikir gw). Lalu seminggu berlalu, obat habis, dan gw liat Wesley bukannya sembuh mala tambah parah aja.. Gw rasa karena gw nahan ga semprot Flexotide nya..

Gw beralih ke dokter lain. Kali ini dia justru menyarankan penggunaan Flexotide dan Ventolin. Dia nyuruh anak gw dinebul aja karena menurut dia nebul saat ini lebih efektif dan jangka panjang untuk anak gw. Dia bilang: “asma itu bisa dikontrol asal pengobatannya tepat. Yang bahaya justru kalo setengah-setengah, jadi kamu gamau semprot dia Flexotide karena takut kok semprot terus, tapi saat dia kondisinya drop maka kamu akhirnya mau gamau terpaksa nyemprot juga, begitu dia baik, kamu brenti semprot lagi.” Intinya gabisa begitu, pengobatan steroid/flexotide itu harus diberikan jangka panjang, lalu dikurangi dosisnya perlahan-lahan.

Saat awal dikasi obat dan nebul Wesley keliatan baik, 3 hari tanpa batuk sama sekali, bener-bener bersih sampe gw telp dokternya apa perlu lanjut nebul toh anaknya uda sehat ga ada batuknya. Tapi doi suru lanjutin obat sampe habis dan nebul sampe seminggu. Ternyata di hari keempat dan seterusnya doi tetep batuk sehari sekali (batuk ngekel ya, bukan batuk uhuk doank). Sbelomnya dokter bilang, kalo dia dalam 3 hari membaik berarti asma aja, tapi kalo gak, berarti asma dan mikroplasma. Waduh apa itu mikroplasma? Dokter: mikroplasma itu sejenis pneumonia tapi beda tipe, ga akut dan urgent. Tapi untuk tau mikroplasma ato ngga, cuma bisa tes darah di Singapore, sbab di Indo alat untuk ngecek nya belom ada. Pengobatan mikroplasma ini pake antibiotik yang khusus untuk mengobati mikroplasma.

Kebetulan memang akhir tahun gw akan liburan ke Singapore, jadi akhirnya gw jadwalkan untuk ke Dokter Lee Be Wah lagi dan mungkin akan tes darah juga. Hari ini Wesley malah batuknya jadi sepanjang hari + pilek juga. Padahal nih ponakan gw semua lagi ngumpul di Semarang karena sodara ada yang mau nikah. Tanggal 24 ada Natalan di gereja, tgl 25 ada Christmas an sama temen-temen gw dan keluarganya, tgl 26 mau foto keluarga dan malemnya midodaren sodara, dan tanggal 27 mestinya Wesley bakal jadi ring bearer sodara kawinan itu!

Gimana gw ga stresss… Oke lah tarik napas, ingat untuk selalu mengucap syukur dalam segala keadaan.. #ngomongkedirisendiri

Dalam sebulan ini Wesley uda ganti dari susu pasteurisasi ke susu kaleng, trus dokter yang trakhir tadi nyaranin berenti susu sapi, jadi skarang lagi nyobain dia susu kedele.

Ntar kalo ada update an Wesley gw cerita lagi ya, maap jadi curhat kepanjangan hehehe

2. JAMES

Ini sebenernya ga terlalu urgent tapi cukup bikin gw bingung. Sejak 2-3 bulan lalu, doi gamau minum susu pake dot. Memang dia full asi sampe umur setahun kemarin. Karena gw kerja di rumah, tidur sama anak, dan klo merah hasilnya dikit doank, jadi gw lebih sering nyusuin langsung daripada pake botol. Kalo pas pergi-pergi, atau pas gw ke gereja, biasanya James minum ASIP dari botol. Entah kenapa (mungkin tamba pinter) skarang doi gamau lagi minum susu dari dot. Pas gw tinggal pergi, gw dilaporin si sus kalo tadi dia terpaksa nyendokin susu James karena dia gamau minum. Wah gw uda rada trauma nih, sbab Wesley dulu juga begitu, minum susu nya disendokin, sampe sekarang dia juga susah banged disuru minum susu (kecuali susu coklat – klo susu coklat mah demennn, tapi anaknya kan sering batuk jadi sering gw larang minum susu coklat). Dan anaknya emang beratnya kurang (15,5 kg di umur 5 tahun). Gw pengennya ya si James ini doyan susu dong ya.

Karena uda beberapa lama James ini gamau minum ASIP pake dot, dan doi udah lewat setahun juga, akhirnya gw pikir gw mau cobain dia susu formula. Yah mana tau kan, rasa vanila gitu, sapa tau dia bosen ama ASIP dan doyan sufor (mamanya ngarep berlebihan haha). Ternyata oh ternyata, sama aja bok. Sampe gw heran ya, gw ganti-ganti dot dan botol (dari Dr Brown, Chuchu baby, Pigeon standart-neck dot rubber kuning, Pigeon wide-neck dot peristaltic, dan trakhir Mimijumi) tetep gamau, gw ganti-ganti susu (dari Similac, Anmum – dikasi tester ama temen, Wakodo – tester juga, Procal S-26, ASIP) semua gamau. Tapi nih ya kalo semua botol dot yang gw sebutkan tadi, isinya diganti air putih, wahh minumnya lancar jaya, minta terus gamau berenti, dia bisa tu ngabisin 60cc air putih – itu juga gw stop stop in dan anaknya suka marah kalo ga dikasi. Gimana ya, ini koko adek kok sama – doyannya air putih.

Jadi gw merasa rada sia-sia buang uang buat beli botol dot ini itu (gw masi penasaran dan tadi barusan beli dot HUKI, plus gw masi ngincar botol NUK ato Comotomo). Kok doi kalo air putih nyedotnya kenceng ya, mau botol apa aja dan dot apa aja.

Kalo nyusu langsung ama gw sih masih, tapi itu juga maunya biasanya kalo pas mau tidur (masi tidur siang 2x dan tidur malam) aja. Kamar remang2 trus uda siap bobo gitu, dia mau nyusu. Kalo pas perjalanan di mobil, ato lagi rame diluar, biasanya doi lebih tertarik dunia luar n gamau nyusu ama gw (uda buka warung ditolak mentah2). Dan seringnya gw yg nawarin loh. Kalo gak mah dia asik maunya maennn terus. Nah klo pas nglilir malem juga nyusu ama gw, pernah gw cobain pake dot kok doi sadar ya langsung marah-marah (sambil merem). Padahal gw mikir ntar an kalo dah gw sapih, pas subuh2 gitu kan enak ya kalo mau minum susu pake dot.

Trus gw bingung enaknya nyapih kapan. Doi emang jarang nyari nenen (nyusu gw), tapi sayangnya doi juga gamau ngedot. Kalo jarang nyari gw dan mau dot kan ya gw rela aja nyapihnya, tapi kalo doi gamau dot juga, gw takut dia minum susunya jadi sedikit. Kan minum susu pake sendok itu kan gabisa banyak..

Dulu gw pas anak pertama idealis pengen nyapihnya umur 2 taon, sekarang gw lbi sante, dalam arti klo gw liat anaknya uda ga nyari-nyari nen ya udah that’s it gw pikir gaperlu gw usahakan lagi. Tapi ya itu tadi, gw masi dilema kalo malem-malem doi nglilir trus asi uda ga ada, dia mau minum apa, karena ngedot susu gamau.

Ya segitu deh update nya James. Diluar masalah itu, anaknya sekarang tamba pinter, udah lancar jalan kesana kemari, ceria banged seneng ketawa, kalo ketawa hidungnya mengkerut sampe orang bilang ketawanya manisss banged (kaya mamanya donk yaa😛), kalo liat orang makan suka minta (dulu Wesley ga begitu loh, makanya gw amazed), pecicilan juga suka manjat sana sini, nyabutin hiasan pohon natal tiap hari dan dilempar begitu aja (untung semuanya plastik), criwis juga suka ngoceh babbling.

IMG_20141216_200915

tukang geratakin pohon natal

Get well soon my two boys!

Get well soon my two boys!

IMG_20141214_230755

Merry Christmas from us🙂

 

UPDATE:

sebenernya post ini gw tulis tanggal 23, tapi baru gw publish sekarang. This is kinda unexpected Christmas Eve. Gw hari ini batal ke gereja. Selain Wesley masi mengi, juga James skarang ikut meler..😦. Acara Natalan bsok sama temen-temen juga terancam batal kalo anak2 ga membaik😦 Mudah2an aja tanggal 27 (kawinan sodara) kita sudah sehat semua yaa.. sbab acaranya padat dari pagi sampe malem.. Gw jadi penerima tamu pas pagi, anak gw jadi ring bearer. *gleg*

Merry Christmas yaaa semua. Semoga kita semua dikaruniai kesehatan. Aminnn

 

 

 

 

 

 

35 thoughts on “All I Want For Christmas is…

  1. Merry Christmas to you and family ya Teph. Semoga problem anak2 cepet kelar.

    1. Soal Wesley, kalau dokter paru yg pegang gue di Spore jg sangat tidak menganjurkan nebulizer. Menurut dia nebu itu bikin paru2 tambah lama tambah lemah reaksinya. Dia lebih nyaranin outdoor activities dan sering kena sunlight. Lu udah coba cek parunya Wesley lagi? Lemme know kalo need more info kali2 kepikiran 2nd opinion.

    2. Soal James, karena James sudah di atas 1 thn, DSA gue blg susu udah bukan kebutuhan utama lagi. Jadi dihajar via makanan jg gpp. Abby jg not a big fan of milk susu apapun itu kecuali ASIP tp ASIPnya jg ga mau yg ketuaan alias kelamaan di kulkas. Udah coba pake sedotan blm?

    Ps: gue jg malam Natal batal ke gereja. Nanti kapan deh gue cerita.

    • 1. wah iya ta? rata2 dokter sini menganjurkan untuk nebul klo asmanya Wesley kumat (ato semprot Ventolin – sama aja isinya dengan nebul). Mungkin klo pas ga kumat bisa ya outdoor activities ato sunlight, tapi klo pas kambuh kayanya ga mungkin deh secara anaknya uda nafasnya pendek-pendek gitu. Makanya gw pengen sebisa mungkin asmanya jarang kambuh.. Dokter paru mu siapa Le namanya? dulu km paru nya kenapa ya? aku dulu banged baca tapi lupa, operasi kan ya?

      2. Iya yah? Lah anak gw uda gw cobain ASIP fresh yg baru semalam di kulkas, ato yg bener2 fresh baru beberapa menit diperah, kok tetep gamau juga ya. Tapi klo isinya aer putih langsung bisa ngedot lancar tuh… Uda cobain sedotan mala digigit-gigit doank, perna dia kena sedot tapi trus tetep gamau disedot lagi, cman dimaen2in.. Sebenernya dia disendokin susu juga sambil harus dislimurin (dialihkan perhatiannya), laen ama anak temen gw yg full asi sampe setaon (asi langsung tanpa perah), tapi bgitu ditambah sufor, gamau dot, tapi dia mau disendokin dan ngejar sendoknya (brati emang doyan susu kan ya). Klo wesley dulu umur 8 bulan juga mau pake sedotan meski lama banged susu abisnya.

      Knapa batal ke gereja Le? Gw sebenernya pengennn banged tapi apa bole buat.. Merry Christmas too Le for u and family

      • Dokter paru gue namanya Philip Eng, Teph. Waktu itu gue kena bronchiestasis, yang menyebabkan saluran bronchus gue lengket dan ketutup sehingga udara gak bisa lewat akhirnya paru2 kanan gue infeksi. Siapa tau nanti pas lu ke Spore bisa mampir sekalian. Dia di Mt. E 14-14.

        Iya soal susu itu gue jg kaget sih, kok katanya seandainya anak ga mau gpp. Walaupun Abby tetep gue kasih ASIP juga. Nih ada statement gue copas dr majalah parenting: “Di atas usia 1 tahun, susu tidak lagi mencukupi kebutuhan anak, karena susu sekadar tambahan asupan kalsium dan protein.” So gue rasa gpp kali ya Teph selama anaknya doyan makan. Kali loh, but again back to your guts aja.

      • Le, kok lu tau klo kena bronchiestasis, gejalanya apa? Kemaren gw ga sempet mampir, cman ke Lee Be Wah, trus cari2 lab mau test darah, tapi akhirnya batal tes darah (nti gw ceritain di blog). Thank u ya infonya😀

        Iya teorinya si begitu Le, gw baca klo kebutuhan anak 1 tahun keatas bisa dicukupi dari makanannya. Tapi gatau genetik apa gimana ya, kenyataannya anak gw Wesley yang gadoyan susu, termasuk kurus n seret banged naek berat badannya. Kontras ama anak2 yg doyan susu banged, gw liat gemuk2 dan mereka juga sehat2 aja. Lagian dulu wesley juga makannya susah banged sebelom umur 2 taon. Btw Abby skarang ga minum susu sama skali?

  2. Hi Teph, salam kenal, saya Citra. Mau komen aja, untuk anak2 yang mengkonsumsi susu sapi baik itu formula ataupun uht memang rentan terkena batuk pilek. Kedua anak saya juga begitu, setelah saya stop susu nya jadi jarang batuk pilek. Bisa dibrowse aja di topik food combining, disitu ada penjelasannya. Semoga berguna info nya. Merry Christmas

    • halo thank u ya berkunjung kesini. Iya ni kokonya akhirnya coba ganti ke susu dele, tapi susah banged doi ga doyan. Kalo yang kecil saya sudah sering tanya ke beberapa dokter, bahwa anak saya kedua ini kan sebenernya ada riwayat alergi susu sapi saat masih bayi (kalo saya minum susu sapi, dia kulitnya merah2 – kena alergi lewat asi). Tapi kok dokter2 itu tetep nganjurkan saya coba susu sapi dulu ya, katanya karena anaknya uda 1 taon keatas maka alerginya mungkin uda ga ada.. klo uda dicoba masi alergi baru opsi ganti ke susu laen.. Saya juga heran kenapa ya semua dokter opsi pertamanya selalu susu sapi? apa susu dele itu gizinya kurang? apa susu kambing juga ga bagus? entahlah.. Trus skarang anaknya minum susu ngga? Merry Christmas yaa, thank uu

  3. Lhaa iyaa yaa..bisa samaan.gitu judulnya…sehati berarti teph. Merry christmas juga ya. Eh sama lagi, pas malam natal kita juga batal ke gereja. Hahaha….wah semoga anak2mu membaik yaa..

  4. Wah kasian ya si Wesley jadi banyak pantangannya. Temen gw ada yg asma tuh disuruh sering2 berenang, malah akhirnya sempet jadi atlet renang wkt kecil. Katanya sih bener2 bisa ilang asmanya. Mungkin boleh di coba tuh berenang?

    Soal susu, yang penting sih dia masih mau nyusu langsung ya. Daripada yg gak mau apa2 sama sekali. Untung si Grace lumayan gragas kalo minum susu, malah kalo kita lupa ngasih dia udah bisa minta hehehe.

    Merry Xmas for you and your family ya Teph. Semoga kawinan besok semua sehat jaya. Amin!

    • wah bagus ya, ngomong2 Grace masi nyusu langsung apa ga ya? Gw bingung dulu doi mau nyusu langsung n ngedot, skarang maunya ngedot aer putih aja -_-‘
      Iya sih gw juga mau les in renang, tapi skarang lagi musim ujan ya jadi kayanya bakal libur terus kalo les. Tunggu nti udah musim kemarau biar ga sering ujan.
      Merry Christmas juga ya Mel😀 kmren kawinan lancar smua kok puji Tuhan

  5. Merry Christmas to u and family yah teph🙂 semoga wesley cepet sehat n asma nya ga kambuh2 lg. Btw gue jg sebenernya rada bingun soal susu. Uht kan dibilang bnyk pengawet nya ya, itu sufor bukan nya ada pengawet jg ya. Tanggal expired nya bahkan lamaan sufor drpd uht kan? Marco jg sampe skrg ga mau dot, jd masih nyusu langsung dari sumber nya. Tp kl air putih minum nya di sippy cup. Kalo james susu nya pake sippy cup mau ga teph?
    Trus yg soal susu sapi yg di anjurin dokter plus kontra susu sapi dari food combining itu bikin pusing hahah gue masih mempertanyakan jg mana yg bener n mana yg ga bener :))

    • Halo pi thank u yaa, Merry Christmas and happy new year too😀

      Iya gw juga dulu bacanya klo UHT itu kan awet karena kemasannya dibikin kedap gitu ya, sedangkan susu formula awet ya karena berupa bubuk dan melalui proses kimia lebih panjang (dari susu cair, dikristalkan tambahin vitamin ini itu, trus pas bikin diseduh lagi dengan air panas). Jadi setau gw kalo dari milis2 kesehatan gitu rata2 semua pro UHT dan pasteurisasi ya, bahkan beberapa anti banged sama sufor.
      Tapi kenyataannya gw liat ponakan2 gw yang minum sufor, mereka sehat, gendut, pinter, pokoknya ya ga kenapa2 juga. Dibilang sering sakit juga ngga, seringan anak gw (yg notabene minum susunya jauh lebih sedikit). Jadi gw rasa gabisa pukul rata ya, tergantung tiap anak (sehat/gendut/pinter).

      James blom aku coba pake sippy cup sih, masalahnya klo disendokin juga harus sambil dislimurkan (dialihkan perhatiannya) nonton TV ato ngapain, jadi gw kawatir kesedak klo dia minum pake sippy cup soalnya bukan minum sukarela gitu hehehe. Thank you ya advicenya, nti muga2 mau deh pake sedotan/sippy cup

  6. Gw juga dulu bathk batuk setaon bo! Ke semua dokter bilangnya allergi, en in just over night..batuk gw ilang. Pas gw gedean, di rontgen..ternyata paru paru gw ada flek😦

    Semoga cepet sembuh ya lovely boys, and merry christmas jeung!

    • loh jadi bisa ilangnya gimana ceritanya El?? coba diinget2 sapa tau gw bisa praktekin ke anak gw hehehhe. Lho pas gedean kok tiba2 rontgen paru kenapa? Gw juga uda nanya2 dokter nih anak gw apa ada kemungkinan TB (flek paru) dan perlu di rontgen? Tapi rata2 mereka bilang engga, katanya liat anak gw gini ga ada gejala flek paru..
      Merry Christmas and Happy New Year El!

  7. Teph.. i feel your pain… gw korban astma ga jelas itu juga, setiap subuh on weekends gw sering ke ancol pas umur2 kelas TK. Dsuruh hirup udara pantai gitu. Ga sembuh juga ampe SD makan yg aneh2 dr uler kelelawar juga katanya bs sembuhin asma. Kira2 smp sembuh secara tiba2 ga pernah mengik kena serangan asma sampe skr lho…

    Mudah-mudahan wesley cepet sembuh ya tep, mungkin karena cuaca hujan gitu ndak jd lebih lembab dr biasanya? Gw nubie masih blm berisi anak jd ndak ngerti kasih komen opo buat si ngganteng james :p merry kurismasu ya tepphhh damai sejahrera buat kamu sekeluarga yhaaaa🙂

    • Iya sama Fab. Gw dulu juga klo minggu dibangunin subuh2 buat diajak ke pantai, trus tusuk jarum sgala. Tapi gw tetep asma, sampe kira2 SMP tiba2 sembuh sendiri ga pernah kambuh.. hehehe sama ya. Emang katanya asma bisa sembuh sendiri klo uda gedean. Tapi gw kasian klo sering batuk2 ga jelas gini, makanan juga jadi mesti gw jaga, ga bole coklat manis2 goreng2. ahh kasian yaa
      Dulu gw juga sama lho dilarang nyokap ini itu, sampe pas SMA gw seneng banged bisa beli chiki balls (akibat semasa kecil selalu dilarang sgala jenis Chiki) hahaha *nglantur*
      Merry Christmas and Happy New Year too! Thank you for advice

  8. ci, bukannya bagus ya kalo dia uda ga mau minum dot lagi? jadi ga perlu ngedot terus ampe gede hehehe… sama kayak leony, aku pernah baca di salah satu artikel majalah, katanya kalo uda di atas 1 tahun, ga usah kasih susu juga gpp, yg penting makanannya bergizi dan cukup aja… atau coba kasih cemilan yang ada susunya…

    aku juga kalo pergi kemana2 bawa jayden, dia minum asip… abis kalo nenen langsung pake tutupan gitu, anaknya ribut… kalo ga ditutup, bapaknya yg ribut hahahaha…

    • Hehehe sama aku juga gitu Mel, tau2nya pas skitar 9-10 bulan dia mulai ogah minum asip dari botol. Cuman mau minum air putih klo ngedot. Jadi sekarang susunya disendokin. Teorinya dari milis2 sih begitu ya, bagusan sendok daripada dot, tapi kenyataannya pake sendok itu sangat repot. Gabisa pas lagi mobile (di jalan), dan banyak yang tumpah juga.
      Thank you ya for advice😀

  9. Merry Christmas & Happy Holiday Teph and Family…
    Semoga anak2 cepet sembuh dan sehat terus yah….kalau gw oles2 pake oil (gara2 liat foto temen dan ikutan nyoba, syukurnya pas cocok cuman harganya gak enak bo hahahaa) jadinya anak2 sekarang udah nggak pernah batpil lagi semenjak pake oil nih tapi rutin dipake habis mandi sehari 2x kadang adalah kaya pas Natal Conrad meler trus batuk2 kecil, dalam 3 hari batuknya hilang total padahal biasanya kalau home treatment lebih dari 3 hari kalau batuknya gawat alih2 sembuh malah jadi grok2 terpaksa kudu minum obat
    google aja young living oil *bukan promosi, bukan jualan, bukan marketing* gw smp ikut member demi dapet harga distributor..

    • Wahhh pas banged Fel, gw juga dikasi tau temen gw yg profesinya dokter tentang young living oil ini, gw dah nemu olshopnya juga cman blom beli karena kmaren libur Christmas. Tapi gw taunya kok yang model di uap in ya? semacem vaporiser ato mirip lampe berger (iyee mahal huhuhu). Lu beli alatnya ato beli oilnya doank? Bisa buat dioles ya?

      Merry Christmas and Happy New Year too Fel😀

      • dia jual di singapore store paling deket, gw gada alatnya tunggu beli di sgp krn tmn gw yg jual ol bilang susah bawa besar wakaakka gw sampe member biar dpt hrg murah… sementara gw oles dulu deh tapi beli oil udah berkali2 kl habis, nyokap gw vertigo gw beliin yg lavender sama peppermint anak2 yg RC tuh buat batpil lu kl mau pake terus member aja lumayan bgt selisih harganya tiap ol shop harga beda2 hahaa

  10. Merry Christmas and Happy new year Teph. semoga anak2 sehat2 selalu dan lancar2 yah makannya..🙂

    Dulu mamaku pernah cerita, kalau adikku juga ada asma, jadi tiap pagi dibawa kepantai dan di seringin berenang. Dan katanya udah gak pernah kambuh lagi. Coba aja dirutinin outdoor activity juga. siapa tau membantu. Jangan terlalu kawatir yah teph. anak-anak butuh elo.🙂

    • thank u ya Pi for advice. Iya ni sayang lagi musim ujan. seringnya ujan mulu. Nanti klo dah musim kemarau, gw mau les in anak gw berenang😀
      Merry Christmas and Happy New Year too ya😀 thank you

  11. Ping-balik: Young Living Essential Oil | MAMIPAPA

  12. Senang bisa berbagi, secara saya sendiri penderita asma “akut”
    Nasihat saya…belajarlah mengelola kondisi down saat asma.

  13. Tidak perlu terlalu takut dan khawatir. Terlebih anak laki2 memang agak susah. Uang perlu dijaga adalah jangan sampai flu, dan tidak minum yg bersifat dingin secara berlebihan.
    Asthma memang unik, penderita asthma (rata2) sering kreatif, ceria dan berperilaku sangat berbesa dengan penyakit bawaannya.
    Sabar saja, pelan2 dijelaskan ke anak2 tentang penyakitnya sesuai dengan usianya.
    Kapan2 kopdar ya…
    Selamat Natal

    • makasi ya masukannya. iya anak saya aktif dan ceria banget, klo batuknya ga sampe parah banget ya tetep polah + criwis + gabisa diem.
      Selamat Natal juga ya, Thank you😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s